Berita Terbaru

The latest news from the Joomla! Team



Fakultas Pariwisata Unisbank di Lomba Inovasi Pangan Lokal

(21/14) Fakultas Pariwisata Unisbank ikut berpartisipasi dalam kegiatan Lomba Inovasi Pangan berbahan dasar umbi-umbian yang diselenggarakan tanggal 21 Nopember 2014 sebagai rangkaian kegiatan Pameran Teknologi  Industri 2014 bertempat di Lawang Sewu Semarang. Kegiatan ini melibatkan 16 peserta dari intitusi pendidikan, Ibu-ibu PKK, Pengusaha Katering dan peserta Umum. Keikutsertaan Fakultas Pariwisata Unisbank sebagai perwujudan peran serta dalam mendukung inovasi pangan nusantara sehingga akan lebih meningkatkan ketahanan pangan dan pendayagunaan sumber daya bahan pangan lokal.

Mahasiswa Fakultas Pariwisata dalam hal ini diwakili oleh Tri Wahyuni Setyaningsih, Siti Kurniatasari dan Widi Cahyo Dwi Sasongko (Semester 5)

menampilkan inovasi produk pangan berbahan dasar Singkong dengan diberi nama produk : Geth.Co atau Gethuk Coklat. Geth.co merupakan makanan tradisional Jawa : gethuk yang dimodifikasi dengan menambahkan coklat dan modifikasi penyajian sehingga menambah nilai jual produk dengan tampilan yang menarik.

 
Dojo UNISBANK Semarang raih 2 emas.

Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang kembali berpartisipasi dalam kejuaraan nasional Dojo Shinkyokushinkai yang digelar oleh Pengurus Daerah (Penda) Jawa Timur di Surabaya,(2/11/2014). Dalam kejuaraan nasional Dojo Shinkyokushinkai wilayah timur ini, Dojo UNISBANK Semarang mengirimkan 5  atletnya dari berbagai kelas, yaitu Ivan Andinata, Reny Dharmayanti,Bagus Gemilang,Fizal Mantofani dan Endah Istiqomah.

Dalam kejuaraan Dodo tersebut diikuti oleh sejumlah atlet dari Pengda Jawa Timur,Pengda Jawa Tengah,Pengda Bali,Pengda NTB dan Pengda Kaltim, total ada 80 peserta atlet yang ditandingkan dalam 9 kelas,yaitu usia 12 tahun 50 Kg,usia 16 Tahun 60 Kg, kelas bebas putra 65 Kg dan 75 Kg serta kelas bebas putri. Pelatih sekaligus pembina DOJO UNISBANK Semarang Mahmud mengatakan,kita sudah mempersiapkan pertandingan ini sebelumnya, selain latihan rutin , kita juga menggelar acara serupa, yaitu pertandingan Dojo Shinkyokushinkai,tapi ruang lingkupnya masih  sebatas di wilayah pengda Jawa Tengah. Dan kita patut memberikan apresiasi atas kerja keras atlet kita karena sudah menyumbangkan 2 (dua) emas bagi tim Dojo Shinkyokushinkai UNISBANK, yaitu Faizal Mantofani kelas putra 60 Kg dan Endah Istiqomah  kelas bebas putri.

Adapun hasil kejuaraan nasional Dojo Shinkyokushinkai di Jawa Timur adalah sebagai berikut :

Kelas bebas putri

Juara 1  Endah Istiqomah              Unisbank Semarang

Juara 2  Martha Larasati                 Madiun

Juara 3  Siyamsih                              Bandungan

 

Kelas Bebas Putra

Juara 1                  Huda Dawam     Surabaya

Juara 2                  Lafran                   Yogyakarta

Juara 3                  Totok                    Ungaran

 

Kalas 75 Kg

Juara     1              Satrio Nugroho                                Madiun

Juara 2                  Budi Raharjo                      Jember

Juara 3                  Dwi Wahyudi                     Kediri

 
LKMM – TM 2014 : “Aktivis Inspiratif, Aktif, dan Produktif”

Wujud dari perhatian para aktivis kampus di Semarang bagi pemberian pengetahuan dan keterampilan manajemen mahasiswa dilaksanakan oleh segenap pengurus BEM Unisbank dan Universitas Stikubank sendiri dalam rangkaian kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM – TM) tahun 2014. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dihadiri oleh seluruh Perguruan Tinggi Swasta di Rayon I Kopertis Wilayah VI pada tanggal 7 – 9 November 2014, di Balai Pelatihan Koperasi danUMKM Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan yang diselenggarakan selama 3 hari ini mengangkat tema “Aktivis Inspiratif, Aktif, dan Produktif”, yang diketuai oleh saudari Astri Aditiana, mahasiswa jurusan Sastra Inggris Unisbank.Dalam kegiatan ini, hadir berbagai pembicara yang dating untuk menyampaikan materi. Diantaranya adalah, Bapak DR. H. Hasan Abdul Rozak, SH, CN, MM (Rektor Unisbank), Bapak Saeffurrohman, S.Kom, M.Cs (Ka. Biro Administrasi dan Kemahasiswaan Unisbank), Bapak Dwi Agus Diartono, S.Kom, M.Kom (Pembantu Rektor III Unisbank), Bapak Iswoyo, S.Pt, MP (Ketua Rayon I Kopertis Wilayah VI dan Pembantu Rektor III Universitas Semarang), Bapak DR. Alimuddin Rizal, MM (Konsultan Bank BNI dan dosen Unisbank), dan Bapak Usman Sudibyo, S.Si, M.Si (Wakil Rektor III Universitas Dian Nuswantoro).

Mereka hadir di kegiatan LKMM TM tahun 2014 ini dalam rangka memberikan materi dan bekal kepada kurang lebih 50 orang perwakilan dari setiap Perguruan Tinggi Swasta Kopertis Wilayah VI, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang Manajemen kemahasiswaan dan juga keterampilan dalam bekerja sama.

Kegiatan LKMM -  TM 2014 tidak hanya diisi oleh kegiatan seminar teoritis, tetapi juga diisi dengan kegiatan out bound. Kegiatan outbound dimaksudkan agar para peserta dapat mempelajari bagaimana kiat bekerja sama dan menyelesaikan masalah dalam hal-hal yang kecil. Kegiatan juga diisi dengan diskusidalam menyelesaikan suatu masalah, serta kegiatan debat. Kegiatan – kegiatan tersebut dimaksudkan agar para peserta dapat mengetahui bagaimana mempelajari suatu masalah dan menyelesaikanya dengan baik.

LKMM – TM Rayon I Kopertis Wilayah VI ini juga merupakan perwujudan dan implementasi untuk mahasiswa, khususnya para peserta dalam rangka menjadi aktivis yang inspiratif, aktif, dan produktif, guna menjadi aktivis kampus yang dapat berguna bagi mahasiswa-mahasiswa lainya.

 
Seminar Nasional dan Call Papers

Asean Economic Community (AEC) merupakan bentuk kerjasama ekonomi ASEAN yang mengarah pada integrasi kawasan  ekonomi ASEAN yang stabil,makmur dan berdaya saing tinggi. AEC akan diberlakukan tahun 2015 yang bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi ,kemajuan  sosial dan pengembangan budaya. Bagaimana dunia perbankan dan dunia bisnis di Indonesia mampu menghadapi AEC tahun 2015 mendatang ?  hal inilah yang menjadi bahan diskusi dalam acara seminar nasional dan dan Call Papers yang diselenggarakan  Fakultas Ekonomi UNISBANK dengan topik Kinerja Perbankan,Bisnis dan Ekonomi Indonesia menghadapi AEC 2015.

Hadir sebagai narasumber dalam seminar nasional adalah Ferry Firmawan Waketum Bidang Pengembangan Kerjasama Bisnis & CSRKADIN JATENG, Dr.Imam Ganadi dari Bank Indonesia dan Sugiyarti  Vice President  Funding  Bank Rakyat Indonesia. Sedangkan pemandu diskusi atau moderator adalah Dr. Alimudin R (mantan dekan Fak.Ekonomika dan Bisnis Unisbank)

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Stikubank (UNISBANK), Dr. H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN.M Mmenuturkan, rencana integrasi sector keuangan ASEAN membawa arti penting bagi dunia perbankan Nasional, mengingat  integrasi keuangan akan dimulai dengan integrasi sektor perbankan. Mensikapi hal ini, negara ASEAN membentuk Asean Banking Integration Framework (ABIF) yang tentunya akan membuka peluang dan kesempatan bagi perbankan untuk menambah wilayah operasional dan menambah pasarnya. Diharapkan dengan kegiatan ini, diharapkan memberikan manfaat bagi dunia perbankan, dunia bisnis dan sektor lainnya untuk mengetahui dan mengukur kesiapan dan persiapan secara  optimal. Dengan demikian Indonesia akan dapat memetik manfaat yang optimal dari AEC ini, jelasnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Ferry Firmawan dari Kadin Jateng, dalam AEC tersebutada 4 pilar yang harus dipenuhi, yaitu terbentuknya pasar dan basis produksi tunggal, kawasan berdaya saing tinggi, kawasan pembangunan ekonomi yang merata dan integrasi perekonomian dunia. Dengan adanya 4 pliar ini kita harus mempersiapkan tantangan 2015 mendatang, khususnya Insfrastruktur, kualitas dan kapabilitas SDM, peningkatan ekspor dan impor dan yang tidak kalah penting adalah masih rendahnya jumlah wirausahawan. Infrastruktur darat, laut dan udara harus dipenuhi,termasuk energy listrik. Harga produksi listrik kita masih tergolong mahal karena masih menggunakan batu bara dan BBM yang harganya terus meningkat, jelasnya. Namun disisi lainnya AEC juga memberikan peluang, karena kemungkinan kedepan Indonesia sebagai salah satu tujuan investor sekaligus Negara pengekspor. Jika kita siap dalam berbagai bidang, AEC akan semakin membuka peluang dan manaikkan investasi, jelasnya.

Hal senada disampaikan Dekan Fakultas Ekonomi UNISBANK Semarang, Dr.Bambang Sudiyatno, MM mengatakan, acara ini juga mengundang berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk turut serta menyampaikan materi dan kajiannya. Dengan sepertiini, diharapkan mampu membu kawawasan dan membangun komunikasi dengan sector sektor lain sehingga menghasilkan langkah langkah konkrit guna memajukan perekonomian bangsa, jelasnya.

 
UNISBANK Wisuda 460 Wisudawan.

Senin,27 Oktober 2014, Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang kembali menggelar prosesesi wisuda ke-72 terhadap 460 wisudawan yang selenggarakan di Sasana Kridangga UNISBANK Semarang. Tak seperti tahun sebelumnya, wisuda kali ini terasa istimewa karena dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah,Ganjar Pranowo. Orang nomor satu di Jawa Tengah ini memberikan orasi ilmiah bertema Peluang Kerja,Investasi dan Tantangan Pertumbuhan Ekonomi Jawa Tengah. Menurutnya ada beberapa hal  yang harus dipertahankan guna mendorong investasi di Jawa Tengah, yaitu infrastruktur, pangan dan pengelolaan energi. Beberapa waktu yang lalu saya padat mendapatkan kunjungan dari Australia,Singapura dan bahkan Jepang. Banyak inestasi yang akan masuk di Jawa Tengah, tetapi infrastruktur juga harus lebih baik lagi. Soal pangan juga masih menjadi prioritas yang harus dilakukan, banyak lahan pertanian yang terus menyusut karena perubahan tata guna lahan, dengan lahan yang sangat terbatas harus kita imbangi dengan inovasi tehnologi di bidang pertanian, jelasnya.

Secara perlahan insfrastruktur terus kita tingkatkan agar investasi berbondong bondong ke Jawa Tengah, tahun 2017 mudah-mudahan kita bias mewujudkan banda international yang merupakan pengembangan bandara Ahmad Yani, ditambah juga dengan peningkatan dan perbaikan pelabuhan, tuturnya. Pada akhir acara, ganjar juga mendapatkan beberapa produk olahan atau bisnis yang telah dirintis oleh Mahasisa Unibank. Saya ucapkan selamat kepada wisudawan, semoga mampu berkontribusi dalam pambangunan di Jawa Tengah sesuai dengan kompetensinya, tutupnya.

Hal senada disampaikan oleh rektor UNISBANK Semarang, Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN,MM. Menurutnya lulusan UNISBANK sudah dipersiapkan sebelumnya untuk mempunyai sikap serta kemampuan dalam menciptakan lapangan kerja sebagai wirausaha.. Setelah lulus diwisuda ini diharapkan para wisudawan mengimplementasikan bekal pengetahuan dan nilai nilai positif,ulet,sabar,tekun,inisiatif dan kreatif yang merupakan sikap seorang entrepreneur. Jauh hari sebelumnya UNISBANK sudah mempersiapkan lulusan untuk menciptakan peluang kerja, karena hal ini sudah sesuai komitmen kelembagaan yaitu UNISBANK, yaitu entrepreneur,IT Baset University. Peningkatan mutu pendidikan terus kita tingkatkan dengan membangun kerjasama dengan luar negeri ataupun dalam negeri,baik instansi pemeritah maupun swasta.

Adapun wisuda terbaik dan cumlaude diraih oleh Winda Sagita rini,Amd IP 3,74 program Diploma Menejemen Informatika,Liris Suryati,S.Kom IP 3.74 Program Sistem Informasi,Siti Rachmawati SSkom IP 3.77 Program Teknik Informatika,Tiara Robena Panjaitan SH IP 3.78 Prog Ilmu Hukum,Ika Dwi Susanti SS IP 3.60 Sastra Inggris,Baik Puji Indra, AMd IP 3.80 Program Diploma Keuangan Perbankan,Theresia Asri Widowati, SE IP 3.77 Akuntansi,Angga Mirza Putranto, AMd IP 3.71 Diploma Perhotelan,Ladiman, MM IP 3.95 Magister Manajemen,Nanik Zulaisah, MSi IP 3.92 Magister Sain

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 1 of 98