Berita Terbaru

The latest news from the Joomla! Team



UNISBANK Raih hibah Penelitian 1,70 milyar

UNISBANK Raih hibah Penelitian 1,70 milyar.Universitas  Stikubank  (UNISBANK)  Semarang  kembali  menorehkan  prestasinya.  Sejumlah  29proposal mendapatkan hibah berupa penelitian dan pengabdian masyarakat. Terdapat 3 jenis penelitandan pengabdian yang didanai dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti),  yaitu penelitiandesentralisasi,penelitian kompetitif dan hibah pengabdian. Rinciannya adalah  penelitian desentralisasisejumlah  Rp  887.000.000,  Penelitian  kompetitif  nasional  Rp  150.000.000  dan  hibah  pengabdianmasyaraakat  sejumlah  Rp  133.000.000.  Jadi  total  penerimaan  hibah  penelitian  dan  pengabdianmasyarakat sejumlah Rp.1.170.000.000.

Ketua Lembaga  Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat  (LPPM) UNISBANK Semarang,Dr. Endang Tjahjaningsih, M.Kom  menuturkan,  secara  kuantitatif  jumlah  penelitian  dan  pengabdianmasyarakat yang UNISBANK lakukan meningkat dari tahun sebelumnya. Tahun 2014, ada 20 proposaldengan total  hibah sejumlah Rp 993 juta,  sedangkan tahun 2015,  sejumlah 29 proposal  dari  dosenberbagai fakultas di UNISBANK  ini mendapatkan Rp.1.170.000.000. peningkatan jumlah dosen,jumlahproposal  dan  anggaran  ini  menunjukkan  semangat  UNISBANK  untuk  selalu  berkontribusi  dalampengembangan ilmu dan pengetahuan bagi masyarakat, ujarnya.

Hal  senada  disampaikan  Rektor  UNISBANK  Semarang,  Dr.H.Hasan  Abdul  Rozak,SH.,CN.,MM.menurutnya  UNISBANK  Secara  kelembagaan  bersama  sama  dengan  LPPM  akan  terus  menerusmendorong  dan  lebih  meningkatkan  partisipasi  dosen  dalam  melakukan  peneltian  dan  pengabdianmasyarakat.  Kita  meyakini  hasil  penelitian  dan  pengabdian  mampu  membawa  manfaat  bagimasyarakat,jelasnya.  Dalam  rangka  meningkatkan  kualitas  penelitian,  hari  ini  (3/2/2015)  di  kampusUNISBANK Kendeng kita menyelenggarakan diseminasi penelitian. Ada 6 (enam) dosen yang membagipengalaman dalam menyusun proposal sehingga lolos seleksi dan didanai oleh Dirjen Dikti, diantaranyaadalah  Andi  Kartika,SE,MM,  Dr.Caecila  Sri  Mindarti,SE,M,Si,Dr.  Rochmani,SH,M.Hum,Dr.  EndangTjahyaningsih,SE,M.Kom,Setyawan  Wibisono,S.Kom,M,CS,dan  Sri  Rahayuningsih,SE,MM.  Acaradiseminasi  ini  diharapkan mampu menularkan komitmen dengan dosen lainnya agar  terus berkarya,jelasnya.

 
Fakultas Tehnik UNISBANK Gelar Lomba Futsal

Tak seperti biasanya, Fanny Stadion di Jalan Soekarno Hatta 212 penuk sesak dengan pelajar SMA daribeberapa SMA dari Kabupaten Kendal,Kabupaten Demak dan Kota Semarang. Suara teriakan suporterterdengar  keras  ketika  tim fulsal  jagoannya  sedang  bertanding.  Suasana  inilah  yang  terekam dalamlomba fulsal antar pelajar SMA sekaresindenan Semarang yang digelar oleh Fakultas Tehnik UniversitasStkiubank (UNISBANK) Semarang.

Dekan FT UNISBANK Semarang,Antoni Yohanes,ST,MT menuturkan, Lomba futsal digelar mulai 4-6 maret2015. Kompetisi ini rutin kita selenggarakan setiap tahun sekali dan lomba kali ini adalah lomba yang ke5kaalinya kita gelar. Adapun maksud perlombaan ini tak lain adalah menumbuhkan sifat kompetisi yangsehat di tingkat pelajar SMA. Perkembangan pribadi pelajar SMA itu sedang mencari jati dirinya, dengankondisi ini penting kiranya mengarahkan pada generasi bangsa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yangpositif, jelasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Program Studi Fakultas Tehnik UNISBANK Semarang, Firman ArdiansyahEkoanindiyo,ST,MT. Menurutnya perlombaan fustsal antar pelajar SMA sekaresindenan Semarang akanmemperebutkan  tropi  dan  sertifikat  dan  juga  uang  tunai  pembinaan.  Juara  1  memeproleh  Rp1.750.000,Juara  2  sebesar  Rp  1.250.000  dan  juara  3  sebesar  Rp  750.000.  Sedangkan  pemain  yangmemperoleh top skor memperoleh uang tunai sebesar Rp 200.000. hingga berita ini ditulis lomba futsalmasih berlangsung pada babak perempat final.

 
Kejati Beri Penyuluhan Hukum Bahaya Narkoba dan Pencucian Uang

Sebagai negara hukum,permasalahan sosial penyelesaiannya juga harus menggunakan hukum. Hukum harus ditegakkan demi kewibawaan hukum itu sendiri. Berbagai permasalahan soal eksekusi hukuman mati, penyalahgunaan narkoba hingga rekening gendut harus direspon atau diselesaikan dengan hukum. Demikian disampaikan Rektor Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang,Dr.H.Hasan Abdul Rozak,Sh.,CN.,MM ketika memberikan sambutan dalam acara Penerangan Hukum Tindak Pidana Narkoba dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang diselenggarakan kerjasama antara Fakultas Hukum UNISBANK Semarang dengan KejaksaanTinggi Jawa Tengah di Ruang Seminar Lantai ( Kampus UNISBANK Mugas, Jl Tri Lomba Juang No 01 Semarang.  Rektor UNISBANK Semarang berharap kerjasama antara Fakultas Hukum dengan Kejati Jateng tidak berhenti pada acara ini, namun terus berlanjut,khususnya untuk memberikan sumbangan pemikiran dalam memajukan dunia hukum.

Menurut Dekan Fakultas Hukum UNISBANK Semarang,Dr. Safik Faozi,SH,.M.Hum, Indonesia dapat dikatakan “Darurat Narkoba”, dampak penyalahgunaan narkoba sudah menyentuh remaja atau mahasiswa sebagai aset generasi bangsa. Penerangan hukum ini menjadi penting untuk diketahui mahasiswa,tidak hanya mahasiswa fakultas hukum saja, namun mahasiswa dari fakultas lainnya juga. Penting juga bagi mahasiswa untuk mengetahui soal kasus kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU), jangan sampai kalau kita diberikan sesuatu ternyata itu diketahui dari hasil tindak pidana, ungkapnya.

Hadir sebagai pemateri adalah Donny Eko,SH,MH Jaksa Fungsional Kejati Jateng dan Efendi,SH,MH. Menurut Donny Eko,SH, Jaksa Fungsional yang baru saja pindah dari Kejaksaan Negeri Bantul ini menjelaskan, Acara ini adalah program rutin yang diselenggarakan oleh Kejati Jawa Tengah dengan beberapa kampus di Jawa Tengah. Mahasiswa mempunyai peran penting karena sebagai salah satu aktor atau agen perubahan. Dengan memahami soal narkoba dan TPPU ini, diharapkan mereka akan menyebarkan virus anti narkoba, jelasnya.

Hal senada disampaikan oleh Efendi,SH.,MH, menurutkan banyak kasus kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang muncul, seperti kasus Ahmad Fatonah dalam kasus pengurusan kasus daging sapi impor ataupun Inong Malinda dee yang melakukan penggelapan dana nasabah bank. Dalam kasus TPPU pada dasarnya sama, yaitu menyamarkan harta yang seolah olah didapatkan secara sah atau legal, padahal asalnya dari kejahatan, jelasnya.

 
Dosen FEB berikan Ilmu bagi Penggiat UMKM

Semarang-BEMU.  Program Kreatifitas Mahasiswa yang diadakan oleh DIKTI,  menjadi salah satu wadahyang baik bagi mahasiswa untuk mengembangkan kreatifitas sebagai mahasiswa. Ada 2 jenis ProgramKreatifitas Mahasiswa (PKM) yang dapat diikuti oleh mahasiswa, yaitu Program Kreatifitas Mahasiswabidang Pengabdian Masyarakat dan Program Kreatifitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan.

Tepat pada tanggal 27 Februari 2015, beberapa mahasiswi Unisbank jurusan Akuntansi semester 5 yaituIsselia  Naftali  dan  Fenny  Astari  telah  melaksanakan  kegiatan  Program  Kreatifitas  Mahasiswa  bidang Pengabdian Masyarakat  dengan kegiatan Penyuluhan Akuntansi  bagi  UMKM (Usaha Mikro,  Kecil  danMenengah), yang diadakan di kampus Mugas Unisbank.

Kegiatan ini adalah bentuk implementasi dari di danainya Proposal PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa)oleh DIKTI yang diajukan oleh Isselia Naftali  dan Fenny Astari. Peserta yang hadir dalam kegiatan iniadalah  para  wirausahawan  dan  wirausahawati  yang  berasal  dari  berbagai  kalangan.  Hadir  sebagai pembicara dalam kegiatan ini adalah Bapak Maryono. A.Kp, SE,  MM. A.K.,  salah satu dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis  Unisbank yang cukup berpengalaman dalam bidang Akuntansi.  Harapan besar setelah diadakanya kegiatan ini adalah dapat memberikan ilmu bagi penggiat UMKM di bidang Akuntansi dan juga memotivasi mahasiswa-mahasiswa yang ada di Unisbank untuk ikut mengembangkan kreatifitasmereka dalam berbagai hal.

 
“UNISBANK Raih Akreditasi A Prodi Keuangan Perbankan”

Sebagai Universitas terkemuka di Jawa Tengah, Universitas STIKUBANK (UNISBANK) Semarang kembali berhasil mempertahankan kualitasnya meraih prestasi yang luar biasa dengan meraih nilai A dalam akreditasi BAN PT pada Program Studi Diploma 3 Keuangan Perbankan Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Hasil tersebut berdasarkan penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor: 481/SK/BAN-PT/Akred/Dpl III/XII/2014, dan akan berlaku hingga Desember 2019.

“Secara kelembagaan, kami memberikan apresiasi terhadap tim borang program studi Diploma 3 Keuangan Perbankan karena terakreditasi A dan ini prestasi yang sangat  luar biasa, karena sebelumnya program studi Diploma 3 Keuangan Perbankan masih terakreditasi B,” ujar pembantu Rektor I UNISBANK Semarang, Dr.Taswan,M.Si, Rabu (25/2).

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Program studi Keuangan Perbankan UNISBANK Semarang, Dr. Ellen Puspitasari, M.Si. Menurutnya, jauh hari sebelum visitasi oleh asesor BAN-PT, tim borang sudah menyiapkan berkas-berkas, khususnya yang berkaitan dengan standar penilaian.
“Total nilai poin yang diperoleh program studi Keuangan Perbankan berjumlah 365, sehingga mendapatkan akreditasi A,” terangnya.

Menurut dia, ada beberapa standar penilaian yang dijadikan parameter, diantaranya yakni Visi-misi, pengelolaan organisasi, mahasiswa serta lulusan,
Selain itu, penjaminan mutu, kurikulum, manajemen keuangan, penelitian dan pengabdian ke masyarakat yang telah dilakukan menjadi salah satu penilaian akreditasi.

Sementara itu, Kabag Humas UNISBANK Semarang, Karman Sastro menambahkan, bahwa sistem ekonomi global saat ini sangat membutuhkan sumber daya manusia, khususnya yang mempunyai kapasitas SDM dalam bidang ekonomi perbankan.
“Selain relevan dengan kebutuhan pasar kerja, Akreditasi A pada keuangan perbankan akan menguntungkan alumni  jika mencari lowongan pekerjaan,” tandasnya. (Art)

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 1 of 102