Berita Terbaru

The latest news from the Joomla! Team

Fakultas Hukum Unisbank jalin kersama dengan Komisi Kejaksaan RI

Semarang, 8 September 2017

Hari ini, Jumat, 8 September 2017 di ruang Seminar Kampus Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Mugasari Semarang digelar diskusi bertajuk peran serta masyarakat dalam memperkuat Komisi Kejaksaan dan meningkatkan kinerja kejaksaan. Acara digelar dan merupakan kerjasama antara Fakultas Hukum Unisbank dan Komisi Kejaksaan Republik Indonesia ( Komjak RI). Hadir sebagai narasumber adalah Fultoni,SH.MH salah satu komisioner Komjak RI dan Karman Sastro advokat sekaligus ketua Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum (BKBH) FH Unisbank.

Sebelum diskusi dimulai, kedua lembaga menandatangani perjanjian kerjasama antara FH Unisbank dan Komjak RI, dimana tertuang untuk melakukan kersama dalam bidang pendidikan,penelitian dan pengabdian masyarakat. Komisioner Komjak RI Fultoni,SH.MH dalam sambutannya menuturkan, saat ini secara kelembagaan ada 9 (sembilan) komisioner yang bertugas melakukan pengawasan terhadap kinerja kejaksaan di seluruh Indonesia. Kapasitas yang terbatas inilah maka menjadi penting untuk bersinergi dan bekerjasama dengan perguruan tinggi,lembaga profesi dan organisasi kemasyarakatan. FH Unisbank satu satunya perguruan  tinggi di Jawa Tengah yang menuangkan kerjasamanya secara formal, jelasnya.

Hal senada disampaikan oleh Karman Sastro. Menurutnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperkuat Komisi Kejaksaan RI agar mampu melakukan pengawasan secara maksimal terhadap kinerja kejaksaan. Mahasiswa dapat melakukan monitoring peradilan sehingga dapat mengetahui secara langsung proses peradilannya. Dengan mengetahui secara langsung, mahasiswa dapat mengetahui apakah produk jaksa berupa surat dakwaan dan surat tuntutan sudah dibuat sesuai dengan kaidah hukumnya. Bahkan mahasiswa dapat mencari tahu bagaimana track record seorang jaksa, apakah patuh untuk melaporkan harta kekayaannya kepada KPK ataupun kualitas perkara yang ditanganinya. Lebih  jauh lagi membuka posko pengaduan sehingga mempermudah masyarakat untuk melaporkan prilaku jaksa, harapnya.

Diskusi terasa menarik karena jumlah peserta yang memenuhi ruangan seminar. Bahkan mahasiswa secara langsung menanyakan bagaimana teknis pengaduan hingga sangsi yang akan diberikan kepada jaksa nakal. Fultoni,SH.MH menambahkan, keputusan pemberian sangsi ada pada Jaksa Agung, karena  RI hanya sebatas memberikan rekomendasi kepada Jaksa Agung dan Presiden atas kinerja kejaksaan. Namun demikian, dengan kewenangan yang terbatas ini, kita akan maksimalkan kerja Komjak bersama dengan masyarakat agar kejaksaan mampu susuai dengan harapan masyarakat, harapnya.

STIE Ekusitas Bandung Studi Banding ke Unisbank

Sejumlah pejabat Rektorat Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang hari ini Senin,28 Agustus 2017 menerima rombongan dari Sekolah Tinggi ilmu Ekonomi (STIE) Ekuitas Bandung di ruang lantai 6, kampus Unisbank Kendeng Semarang. Didampingi Pembantu Rektor (PR)  1 dan 2 serta pejabat struktural lainnya, Rektor Unisbank Semarang Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN.MM menyambut tamu yang bermaksud datang ke Unisbank Semarang untuk melakukan studi banding.
Rektor Unisbank Semarang Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN.MM menuturkan, Unisbank Semarang secara kelembagaan mengucapkan terima kasih karena dengan kunjungan ini membuktikan Unisbank terbukti dan dipercaya oleh masyarakat, termasuk  perguruan tinggi lainnya. Bukti Unisbank terus meningkatkan kualitasnya dapat dilihat dengan prestasi pemeringkatan yang dilakukan oleh Kemenristekdikti Republik Indonesia. berdasarkan penilaian Kemenristekdikti 2017, Kini Unisbank Semarang menjadi perguruan tinggi swasta (PTS)  peringkat 2 (dua) seKota Semarang, PTS peringkat 3 seJawa Tengah dan PTN/PTS peringkat 55 seIndonesia. Hasan menambahkan, penilaian ini didasarkan atas (1) Kualitas SDM, (2)Kualitas Kelembagaan; (3)  Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan dan (4) Kualitas Penelitian dan Publikasi Ilmia, jelasnya.
Hasan menambahkan,dari studi banding ini kita akan sama sama belajar bagaimana mengelola kampus sehingga mampu menghasilkan produk lulusan yang berkualitas. Dengan disampingi Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Dr.Bambang Sudiyatno,MM, Hasan memaparkan tentang sistem akademik,mulai dari kurikulum yang diterapkan di Unisbank,Perkuliahan hingga laboratorium yang ada. Jujur diakui selama ini Kapertis Wilayah VI yang meminta kita presentasi SISFO atau sistem informasi akademik yang diterapkan Unisbank. Tak lupa Unisbank Semarang juga menyampaikan bagaimana mewujudkan produk lulusan yang berdasa saing global dengan kerjasama perguruan tingg di Luar Negeri dengan program student Excangenya.
Suusai presentasi, ketua rombongan STIE Ekuitas Bandung dalam hal ini dipimpin oleh Wakil Ketua Bagian Akademik : Dr. rer. nat Martha Fani Cahyandito , SE. , MSc . , CSRS diajak ke Laboratorium bank mini dan laboratorium yang ada di Unisbank Semarang.

 

Unisbank Semarang Motivasi Penerima Beasiswa Bidik Misi dan Peduli Sosial

Pengenalan Kampus dan Akademik (PEKAKU) 2017 mulai digelar oleh Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang. Program ini hampir sama dengan orientasi studi pengenalan kampus (OSPEK) yang diselenggarakan oleh mayoritas perguruan tinggi. PEKAKU diawal dengan memberikan pendidikan berkarakter dengan memberikan motivasi kepada 45 mahasiswa penerima beasiswa, yaitu 20 mahasiswa dari program beasiswa peduli sosial dan 25 mahasiswa penerima beasiswa bidik misi. Motivasi diselenggarakan di Ruang Seminar pada hari ini, Minggu, 27 Agustus 2017 lantai 9, kampus Unisbank Mugas Semarang.

 

Rektor Unisbank Semarang, Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN,MM menuturkan, secara kelembagaan kita berkomitmen untuk mendukung dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang tidak mampu namun mempunyai nilai akademik yang baik. Beasiswa peduli sosial adalah program internal Unisbank yang diberikan kepada anak yatim piatu yang direkomendasikan oleh yayasan sosial yang menjadi mitra Unisbank Semarang. Sejumlah  20 penerima peduli sosial berhak memperoleh pendidikan sacara Cuma Cuma sampai studi selesai tanpa biaya apapun. Sedangkan 25 penerima bidik misi berhak mendapatkan beasiswa karena anggaran dari pemerintah. Program beasiswa peduli sosial akan terus kita selenggarakan karena bentuk syukur atas kenaikan penerimaan mahasiswa baru Unisbank yang rata rata mengalamai kenaikan 10 persen. Walaupun pendaftaran mahasiswa baru belum berakhir, kita sudah menerima 1.300an mahasiswa baru,tuturnya.

 

Ketua panitia PEKAKU Unisbank 2017, Agung Prihandono,S.Kom.,M.Cs menyampaikan Pogram PEKAKU tidak hanya sekedar mengenalkan kampus, namun juga diisi dengan berbagai kuliah umum dengan mendatangkan Bupati Kudus Mustofa, namun juga  Akademi Kepolisian,Badan Narkotika Nasional (BNN) RI hingga Kapolrestabes Semarang. Motivasi hari ini kita mendatangkan Ust.Khoironi Ainul Faqih,S.Pdi sebagai ketua Lembaga Pendidikan Karakter LM 99. Kita berharap para penerima beasiswa ini mampu mampu menjadi generasi bangsa yang diharapkan mampu berkontribusi dalam dunia pendidikan. Walaupun mereka dari kalangan ekonomi yang terbatas, namun nilai akademiknya patut kita apresiasi dengan memberikan kesempatan belajar di Unisbank, harapnya.

Unisbank Perluas Kerjasama Pemerintah dan Perguruan Tinggi Tiongkok.

 

Kerjasama dengan perguruan tinggi ataupun pemerintah luar negeri terus dilakukan oleh Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang. Dalam rangka meningkatkan daya global inilah Unisbank Semarang bekerjasama dengan perguruan tinggi di tiongkok, yaitu Huizhou University dengan didukung pemerintah tiongkok yaitu Oversea Students Comummunication Association Of Yangjiang. Hari ini (Senin,14 Agustus 2017) di Kampus Unisbank Kendeng, Kedua lembaga dari Tiongkok ini melakukan penjajakan kerjasama secara kelembagaan. Mr.Peng Yonghong selaku president Huizhou University dan Su Nianjun dari Oversea Students Comummunication Association Of Yangjiang berkunjung dan bertemu dengan jajaran pejabat rektorat Unisbang Semarang.
Menurut  Dr. Katharina Rustipa, M.Pd yang merupakan sekretaris Lembaga Peningkatan dan Pengembangan Universitas (LP2U)  Unisbank menuturkan, kedatangan perguruan tinggi dan pemerintah dari tiongkok ini dalam rangka mempersiapkan penandatangan kerjasama secara kelembagaan yang akan diselenggarakan besok 8 Nopember 2017 mendatang. Kedepan kita akan menyelenggarakan program student Excange dengan mengirimkan mahasiswa Unisbank ke Tiongkok. Hal ini perlu ditindaklanjuti secara serius karena pemerintah tiongkok dalam hal ini Oversea Students Comummunication Association Of Yangjiang sudah berkomitmen mensuport program ini, bahkan dalam bentuk pendanaan. Mudah-mudahan kita bisa bersinergi untuk mengirimkan dan memperbanyak mahasiswa Unisbank ke Tiongkok, harapnya.
Hal senada juga disampaikan oleh Rektor Unisbank Semarang, Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN.MM. menurutnya, kerjasama ini memperbanyak bentuk kerjasama dengan perguruan tinggi di tiongkok. Sebelumnya kita sudah bekerjasama dengan Guandong Unversity. Bahkan akhir tahun 2016 lalu Unisbank semarang sudah mengirimkan 5 (lima) mahasiswa Unisbank Semarang ke Tiongkok, tepatnya ke Zhejiang Yuejiang University of Foreign Language China.  Tidak hanya ke Tiongkok, sebagai bagian untuk mencapai produk lulusan yang berdaya saing global, kita kerjasama perguruan tinggi lainnya di Thailand,Malaysia,Singapura,Philipina dan Amerika Serikat, jelasnya.

 

Unisbank Perluas Kerjasama Pemerintah dan Perguruan Tinggi Tiongkok.

 

Kerjasama dengan perguruan tinggi ataupun pemerintah luar negeri terus dilakukan oleh Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang. Dalam rangka meningkatkan daya global inilah Unisbank Semarang bekerjasama dengan perguruan tinggi di tiongkok, yaitu Huizhou University dengan didukung pemerintah tiongkok yaitu Oversea Students Comummunication Association Of Yangjiang. Hari ini (Senin,14 Agustus 2017) di Kampus Unisbank Kendeng, Kedua lembaga dari Tiongkok ini melakukan penjajakan kerjasama secara kelembagaan. Mr.Peng Yonghong selaku president Huizhou University dan Su Nianjun dari Oversea Students Comummunication Association Of Yangjiang berkunjung dan bertemu dengan jajaran pejabat rektorat Unisbang Semarang.
Menurut  Dr. Katharina Rustipa, M.Pd yang merupakan sekretaris Lembaga Peningkatan dan Pengembangan Universitas (LP2U)  Unisbank menuturkan, kedatangan perguruan tinggi dan pemerintah dari tiongkok ini dalam rangka mempersiapkan penandatangan kerjasama secara kelembagaan yang akan diselenggarakan besok 8 Nopember 2017 mendatang. Kedepan kita akan menyelenggarakan program student Excange dengan mengirimkan mahasiswa Unisbank ke Tiongkok. Hal ini perlu ditindaklanjuti secara serius karena pemerintah tiongkok dalam hal ini Oversea Students Comummunication Association Of Yangjiang sudah berkomitmen mensuport program ini, bahkan dalam bentuk pendanaan. Mudah-mudahan kita bisa bersinergi untuk mengirimkan dan memperbanyak mahasiswa Unisbank ke Tiongkok, harapnya.
Hal senada juga disampaikan oleh Rektor Unisbank Semarang, Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN.MM. menurutnya, kerjasama ini memperbanyak bentuk kerjasama dengan perguruan tinggi di tiongkok. Sebelumnya kita sudah bekerjasama dengan Guandong Unversity. Bahkan akhir tahun 2016 lalu Unisbank semarang sudah mengirimkan 5 (lima) mahasiswa Unisbank Semarang ke Tiongkok, tepatnya ke Zhejiang Yuejiang University of Foreign Language China.  Tidak hanya ke Tiongkok, sebagai bagian untuk mencapai produk lulusan yang berdaya saing global, kita kerjasama perguruan tinggi lainnya di Thailand,Malaysia,Singapura,Philipina dan Amerika Serikat, jelasnya.