Berita Terbaru

The latest news from the Joomla! Team



Unisbank Tambah Satu Doktor Ilmu Hukum

Dosen Fakultas Hukum, Unisbank Semarang, Rochmani SH MHum, meraih predikat Doktor Ilmu Hukum Undip, Jumat (5/12), yang pada desertasinya meneliti penegakan hukum bidang lingkungan.

Risetnya terangkum dalam disertasi berjudul ‘’Rekonstruksi Penyelesaian Perkara Lingkungan Hidup yang Berorientasi pada Keberlanjutan Lingkungan Hidup di Pengadilan (Analisis Kritis Urgensinya Pembentukan Pengadilan Lingkungan Hidup)’’. Rochmani lulus dengan predikat sangat memuaskan, dengan IPK 3,61. ”Penegakan hukum lingkungan masih jauh dari harapan.

Saya tertarik meneliti secara mendalam,” kata suami dari Dr Euis Soliha itu selepas ujian promosi terbuka doktor di kampus Undip Pleburan, kemarin. Mengupas persoalan hukum lingkungan, ayah dari Zulfa Amalia Rachim dan Zaki Arkan Rachman itu, mendapat bimbingan dari Prof Dr FX Adji Samekto SH MHum (Ketua PDIH) dan Prof Sudharto PH MES PhD (Rektor Undip). Adji selaku promotor dan Sudharto co promotor. Tim penguji sangat teliti mengupas berbagai hal yang tertuang dalam disertasi. Misalnya, urgensi pembentukan pengadilan lingkungan hidup.

Menurut Rochmani, pembentukan pengadilan lingkungan sangat penting, karena penyelesaian perkara lingkungan yang belum terakomodasi dalam peradilan umum dan proses penyelesaian perkara lingkungan di peradilan umum terlalu lama. ‘’Bahkan, seringkali putusan perkara lingkungan di peradilan umum juga mengecewakan dan tidak memuaskan. Putusan di peradilan acap tak berorientasi pada keberlanjutan lingkungan. Lingkungan hidup di Indonesia semakin rusak,’’ tuturnya.

dengan demikian Fakultas Hukum UNISBANK, telah memiliki tenaga pengajar dengan gelar Doktor adalah 2 orang, dan seorang lagi masih menyelesaikan studi Doktoral di UGM, tutur Sukarman, SH selaku humas dan dosen FH UNISBANK

 
Kerjasama UNISBANK dan Otoritas Keuangan

Sejak dilahirkannya UU No 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, pertumbuhan perbankan syariah cukup signifikan,yaitu mencapai 36,1 % pertahun, melebihi rata rata pertahun asset perbankan nasional sebesar 16,3 % pertahun. Ini artinya pertumbuhan perbankan syariah sangatlah menjanjikan. Namun disisi lainnya, tantangan perbankan syariah yang perlu direspon juga adalah kebutuhan SDM, jaringan dan permodalan. Salah satu kendala yang muncul dalam perbankan syariah adalah pandangan awam masyarakat mengenai jalannya operasional sebuah bank berbasis syariah. Atas kondisi inilah maka penting kiranya untuk meningkatkan kapasitas SDM itu sendiri. Demikian disampaikan Rektor Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.,CN,MM, dalam pembukaan acara Training of Trainers (TOT) yang diselenggarakan atas kerjasama antara UNISBANK Semarang dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia di Lantai 6,Gedung UNISBANK Kampus Kendeng,Bendandhuwur Semarang
Ketua panitia Dr.Elen Puspitasari,SE.,M,Si selaku Ketua Program Studi Diploma Tiga Keuangan dan Perbankan menuturkan, TOT ini diselenggarakan sebagai bentuk komitmen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Unisbank Semarang sebagai lembaga pendidikan tinggi dengan core keuangan dan perbankan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan pengetahuan ekonomi syariah, khususnya Perbankan Syariah bagi masyarakat. Peserta training terdiri dari dosen PTN dan PTS, Mahasiswa Pasca Sarjana dan tenaga pendidik dari SMK, dan praktisi perbankan. Peserta diharapkan mampu menjadi kader-kader yang memiliki pengetahuan ekonomi syariah, sehingga menunjang dan meningkatkan perbankan syariah, jelasnya.
Hal senada disampaikan Dekan FEB UNISBANK Semarang Dr.Bambang Sudiyatno,M.M. Menurutnya, berdasarkan Undang-Undang No 21 Tahun 2011 tentang OJK, kelembagaan ini mempunyai peran yang strategis untuk menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan,termasuk didalamnya adalah sistem ekonomi bank syariah. Kewenangan dan tugas yang berat ini tentunya harus didukung serta didorong untuk melibatkan peran serta masyarakat, termasuk dengan unsur perguruan tinggi. Dengan melibatkan peran serta masyarakat, diharapkan OJK mampu mewujudkan sistem keuangan perbankan yang adil dan transparan serta mampu memberikan perlindungan kepentingan konsumen,jelasnya.

 
Menjadi Anggota Paduan Suara yang Berkualitas

Akhir pekan tidak dimanfaatkan anggota Paduan Suara Mahasiswa Unisbank untuk beristirahat dari rutinitas kuliah atau berlibur. Pada tanggal 15-16 November2014, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unisbank mengadakan kegiatan Latihan Dasar Teknik (LDT) Paduan Suara, bertempat di Ruang Seminar D.6.1 dan D.6.3 lantai 6 kampus Kendeng Unisbank.

Kegiatan yang bertemakan “Menjadi Anggota Paduan Suara yang Berkualitas dan Profesional dengan Latihan Dasar Teknik Paduan Suara Mahasiswa” dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman, latihan ,keterampilan, dan teknik dalam Paduan Suara. Bagaimana mengontrol suara, power, bagaimana sikap badan dan sikap mimik wajah saat bernyanyi dan lainya.

Dalam kegiatan ini, hadir sebagai instruktur dan Pelatih PSM Unisbank yaitu Ibnu Amar Muchsin, S.Pd, dosen jurusan Seni di Unnes Semarang. Selain itu, panitia juga mengundang Petrus Wahyu, pelatih paduan suara Karang Turi dan beberapa perguruan tinggi di Semarang. Beliau juga berpengalaman sudah melanglang buana ke luar negeri dalam rangka mengikuti lomba paduan suara. Beliau hadir sebagai Pembicara Praktisi Paduan Suara.

Setelah mengikuti pelatihan tentang teknik Paduan Suara, Paduan Suara Mahasiswa yang sekarang bernama Gita Entrepre Choir ini melaksanakan reorganisasi untuk melakukan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua periode 2015. Pasangan yang terpilih adalah Diego Lana Setiawan dan Yuni Andarwati dengan perolehan suara 35 suara, dari pasangan Wiwit Kurniati dan Dewi Yulianti sebanyak 15 suara, dan suara tidak sah 4 surat suara, jadi total pemilih adalah 54 pemilih.

 
Produk Mahasiswa UNISBANK terpilih Ekpo Kewiausahan di Jember.

Komitmen untuk mewujudkan visi misi kampus Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang terus dilakukan,khususnya kampus berbasis entrepreneurial,IT Based University. Setelah berhasil mendampingi mahasiswa dalam memenangkan kompetisi program hibah permodalan dari Bank Indonesia dan UMKM Dinas Koperasi Jawa Tengah, belum lama ini UNISBANK juga melantik pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) PT UNISBANK. Secara konsisten UNISBANK telah menumbuhkan embrio wirausaha terhadap mahasiswa, bahkan minggu ini ki,ta akan mengirimkan mahasiswa UNISBANK berangkat ke Jember untuk ekspo produk. Demikian disampaikan Rektor UNISBANK Semarang Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.,CN.,MM disela sela aktifitasnya.

Ekspo kewirausahaan mahasiswa akan di gelar di Politeknik  Negeri Jember mulai tanggal 26 hingga 29 Nopember 2014.  Melalui tim seleksi dari Kopertis VI, 3 (tiga) Produk mahasiswa UNISBANK Semarang terpilih untuk berpartiipasi dalam ekspo kewirausahan tersebut. Adapun produk hasil karya mahasiswa UNISBANK adalah BATIK_QU MANGROVE, One Forest dan Bun Bun Burger.  BATIK_QU MANGROVE jenis kewirauusahaan di bidang clothing  yang telah dirintis oleh Sasi Sifaurohmi dalam pemanfaatan limbah mangrove  sebagai bahan dasar pewarna batik kain. One Forest adalah kewirausahaan di bidang multimedia creative yang dimotori oleh Matius Luther. Sedangkan Bun Bun Burger adalah kewirausahaan di bidang ragam kuliner. Hal yang menarik dari kuliner ini adalah burger ala lokal, tidak terbuat dari daging layaknya burger luar negeri tetapi dari pisang yang direkayasa menjadi pengganti daging.

Ketua Pusat Pengembangan Bisnis dan kewirausahaan (P2BK) Unisbank  Fitika Andraini,SH.,M,Kn menuturkan, ketiga jenis kewirausahaan tersebut mmenjadi salah satu jenis kewirausahaan yang telah memenangkan kompetisi dari Bank Indonesia sehingga mendapatkan bantuan permodalan untuk lebih  mengembangkan usaha mahasiswa. Tika panggilan akrabnya menambahkan, diharapkan  dengan secara terus menerus P2BK UNISBANK akan melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap kewirausahaan yang telah dirintis mahasiswa.  Dengan demikian, mahasiswa setelah lulus akan mempuyai pilihan, akan bekerja sebagai profesional di perusahaan atau menciptakan lapangan pekerjaan dengan menjadi wirausahawan, jelasnya.

 
Fakultas Pariwisata Unisbank di Lomba Inovasi Pangan Lokal

(21/14) Fakultas Pariwisata Unisbank ikut berpartisipasi dalam kegiatan Lomba Inovasi Pangan berbahan dasar umbi-umbian yang diselenggarakan tanggal 21 Nopember 2014 sebagai rangkaian kegiatan Pameran Teknologi  Industri 2014 bertempat di Lawang Sewu Semarang. Kegiatan ini melibatkan 16 peserta dari intitusi pendidikan, Ibu-ibu PKK, Pengusaha Katering dan peserta Umum. Keikutsertaan Fakultas Pariwisata Unisbank sebagai perwujudan peran serta dalam mendukung inovasi pangan nusantara sehingga akan lebih meningkatkan ketahanan pangan dan pendayagunaan sumber daya bahan pangan lokal.

Mahasiswa Fakultas Pariwisata dalam hal ini diwakili oleh Tri Wahyuni Setyaningsih, Siti Kurniatasari dan Widi Cahyo Dwi Sasongko (Semester 5)

menampilkan inovasi produk pangan berbahan dasar Singkong dengan diberi nama produk : Geth.Co atau Gethuk Coklat. Geth.co merupakan makanan tradisional Jawa : gethuk yang dimodifikasi dengan menambahkan coklat dan modifikasi penyajian sehingga menambah nilai jual produk dengan tampilan yang menarik.

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 1 of 99