Berita Terbaru

The latest news from the Joomla! Team

Seminar HMPS FT ”Membangun Home Hndustri Guna Menciptakan Lapangan Kerja Bagi Masyarakat”

Dilaksanakan pada hari rabu, 30 November 2016. Bertempat di kampus unisbank kendeng, di ruang D.62. Mengundang Daniel Lukito,S.T, M.M,MSc.IB founder & director of Jordan Plastic dan Miestaq Husain,S.Kom owner FliP Studio sebagai pembicara. Jumlah peserta yang mendaftar sampai hari H berjumlah lebih dari 115 peserta. Peserta tidak hanya dari program studi Teknik Industri, tetapi juga dari program studi lain seperti Akutansi, Manajemen, Hukum dan yang lainnya.Peserta yang berasal dari universitas lain seperti udinus, unpand dan yang lainnya.Selain mahasiswa, seminar ini juga diikuti dosen progdi Teknik Industri dan ada beberapa dosen dari luar prodgi Teknik Industi.

Diketuai oleh Andriyanto E.S, seminar ini berhasil dilaksanakan dengan baik dan dapat berjalan dengan lancar. Pada sesi pertama dengan pembicara Daniel Lukito, memberikan materi tentang memilih usaha yang tepat untuk digeluti dan bagaimana cara mengembangkannya. Dalam penjelasannya, beliau menjelaskan tentang 4 tipe pekerja yaitu business owner, employed, self employed dan investor.Dari keempatnya, bisa membawa ke jalan kesuksesan, yang dapat didorong dengan 4 hal, yaitu knowledge, skills, networking (connection) dan attitude. Keempatnya sangat penting bagi seseorang agar dapat menuju jalan kesuksesan. Diakhir sesi pertama beliau memberikan panduan dalam memilih bidang usaha yang ingin digeluti, antara lain : pilih beberapa usaha yang paling menguntungkan – lalu pilih yang paling disukai – yang terakhir, pilih yang paling mudah untuk dilakukan.

Setelah sesi pertama usai, panitia memberikan hiburan musik yang dibawakan oleh mahasiswa Tteknik Industri UNISBANK Semarang.

Sementara pada sesi kedua,Miestaq Husain memberikan materi tentang bagaimana merintis sebuah usaha dan cara bangkit dari keterpurukan. Beliau memberikan cerita yang dapat menginspirasi seseorang untuk terus berkarya walupun ada pada titik terendah dalam hidupnya. Beliau menceritakan bagaimana awal mula merintis usaha kecil kecilan dengan 2 orang sebagai helper nya yang mau dibayar dengan uang sebesar 100 ribu rupiah untuk 1 bulan kerja. Hingga sekarang beliau memiliki usaha yang sangat menjanjikan.

Kemudian dilanjut ke sesi tanya jawab, para peserta sangat antusias dalam memberikan pertanyaan kepada para pembicara. Dan setelah sesi tanya jawab,

FT Kunjungan Industri PT.Sarihusada Generasi Mahardika

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi program kerja HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) Teknik Industri UNISBANK Semarang.Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 6 Desember 2016. Dengan peserta yang berjumlah 52 orang yang terdiri dari mahasiswa dari semester 1, 3 & 5 Teknik Industri dan dosen pendamping Ir. Endro Prihastono,M.Kom,IPM. Kegiatan ini diketuai oleh Robin, dilaksanakan dengan lancar walaupun terkendala hujan.

PT. Sarihusada Generasi Mahardika yang biasanya dikenal dengan produk susu SGM ini didirikan pada tahun 1954, namun awal mulanya menggunakan nama NV Saridele. Baru pada tahun 1972 berganiti nama menjadi Sarihusada sebagai hasil joint venture PT. Kimia Farma dan PT.Tiga Raksa. Pada tahun 1983, Sarihusada melakukan IPO di lantai Bursa Efek Jakarta. Sebagai sebuah perusahaan listing posisi kepemilikan saham mengalami sejumlah perubahan signifikan. Tahun 1992, PT Tiga Raksa menjadi pemegang saham mayoritas.

Setelah berkeliling melihat proses Filling dan Packing, mahasiswa Teknik Industri UNISBANK Semarang kembali ke Gazebo untuk melakukan penutupan dan testimonial terhadap PT.Sarihusada Generasi Mahardika. Kemudian melakukan sesi foto bersama di halaman perusahaan serta penyerahan cendera mata yang diwakili oleh staff kemahasiswaan Ir. Endro Prihastono,S.T,M.Kom.

Unisbank Raih Runner Up Ajang adu Ide dan Kompetisi Kewirausahaan

Setelah melalui proses panjang, akhirnya salah satu tim ide muda Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang berhasil menyabet Juara 2 (dua) dalam gelar adu ide dan Inovasi yang selenggarakan oleh Suara Merdeka dan Kadin Jateng. Sebanyak 10 finalis dari lima universitas di Semarang,yaitu Undip, Unnes, Unika Soegijapranata, Unisbank dan Udinus harus mempresentasikan ide atau gagasannya dihadapan dewan juri di Auditorium RRI, Jl. Ahkmad Yani Semarang ( Senin, 19 Desember 2016 ).

Berdasarkan keputusan dewan juri, yang terdiri dari Ketua Umum Kadin Jawa Tengah, Kukrit Suryo Wicaksono;  President Director Siba Surya, Steve Suryaatmaja; Direktur Sales dan Marketing Suara Merdeka, Eri Kuncoro; Ketua Hipmi Jawa Tengah , M Reza Tarmizi dan Ketua Komite Kewirausahaan Kadin Jawa Tengah, Bayu Krisna, Unisbank Semarang ditetapkan menjadi juara kedua, juara pertama diraih oleh Undip Semarang dan juara ketiga direbut oleh SM Digital Army.

Kepala Pusat Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan (P2BK) Fitika Andraini,SH.M.Kn menuturkan, tidak sia-sia perjuangan mahasiswa kita mendiskusikan hingga larut malam  menelurkan  ide dan inovasi hingga meraih prestasi ini. Mayoritas finalis menuangkan gagasan dalam mengembangkan perusahaan dengan studi kasus Suara Merdeka Group dan SIBA SURYA dalam bentuk aplikasi. Aplikasi WarKom atau Warung Komunikasi mengantarkan 7 (tujuh) Mahasiswa Unisbank menjadi juara kedua. Dalam aplikasi ini didesain mengantarkan media cetak agar tetap bertahan dan semakin maju walaupun banyak bermunculan media online. Dengan meraih juara kedua ini, mahasiswa Unisbank berhak mendapatkan uang tunai 7,5 juta. Tidak hanya itu saja, supporter kita juga mendapatkan uang sebesar 1 juta atas yel yelnya ketika memberikan support tim, jelasnya.

Rektor Unisbank Semarang, Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN.MM tampak hadir hingga larut malam memberikan support terhadap mahasiswanya. Hasan menuturkan,secara kelembagaan Unisbank sudah menyiapkan semuanya,khususnya kewirausahaan sesuai dengan visi misi Univeritas yang melahirkan tenaga professional dan berdaya saing yan berbasis kepada kewirausahaan dan IT.  Kompetisi ini hanyalah sarana untuk menyiapkan mental mahasiswa sehingga lebih matang dan siap digunakan oleh perusahaan ataupun menciptakan peluang kerja, jelasnya.

Tingkatkan Prestasi dan kualitas Kampus, Unisbank Semarang Gelar Renstra.

Berdasarkan Sesuai dengan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 492.a/M/KP/VIII/2015, Universitas Stikubank Semarang berhasil menduduki peringkat ke 3 sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik di kota Semarang. Untuk tingkat Jawa Tengah UNISBANK berhasil berada pada posisi ke 7, sedangkan untuk tingkat nasional UNISBANK berada pada posisi 105. Tidak hanya itu saja, tahun lalu program studi Keuangan Perbankan juga mendapatkan akreditasi A. bahkan dipenghujung tahun 2016 ini, mahasiswa Unisbank mengharumkan kampus dengan menyumbangkan medali emas kejuaraan renang tingkat internasional di Tiongkok (China). Dalam bidang penelitian, jajaran dosen juga mampu meraih hibah penelitian dan pengabdian masyarakat lebih dari 1 milyar.

Dalam rangka secara terus menerus meningkatkan prestasinya, seluruh pejabat struktural Unisbank Semarang menyelenggarakan Rapat kerja tahunan guna membuat dan merumuskan kerja kerja strategis tahun berikutnya. Rektor Unisbank Semarang, Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH,CN,MM dalam arahannya menuturkan, diharapkan Unisbank Semarang pertama terus meningkatkan pencitraan kelembagaan dengan 3 (tiga) pilar, yaitu reputasi promosi dan ,publikasi hasil penelitian dosen yang bermanfaat bagi masyarakat. Kedua kita juga berharap renstra yang diselenggarkan pada tanggal 16-17 Desember di Kampus Kendeng ini dapat memperkuat posisi kelembagaan dengan tata kelola yang professional, tentunya dengan 3 pilar utama juga, yaitu komitmen,kapabilitas dan kejelasan peran masing masing struktur kelembagaan. Ketiga, peningkatan kualitas pendidikan berbasis penelitian untuk mencapai keunggulan. Saat ini kita masih dalam tahap pencapain visi Unisbank yang berdaya saing nasional berbasis kewirausahaan, ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Pembantu Rektor 1 Unisbank Semarang. Dr.Taswan,MS,I mengatakan, kita akan terus menerus memperbaiki kualitas atau proses belajar mengajarnya. Parameter yang bisa diukur adalah dengan meningkatkan akreditasi di setiap program studi, harapnya.

LBH Berkeadilan Gandeng FH Unisbank berantas PUNGLI

Sistem layanan kita bangun secara online dan tranparan, dengan begitu mudah mudahan tidak terjadi pungli. Godaan terhadap pegawai negeri di Kudus memang ada, namun kita pangkas dengan menaikkan Tunjangan Pokok Pegawai (TPP), bahkan TPP kita paling tinggi di Jawa Tengah. Sing penting, kamu bisa buktikan kamu bisa bekerja”, begitu disampaikan Bupati Kudus, H Mustofa merespon persoalan pungli  dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yang digelar oleh Fakultas Hukum Unisbank Semarang dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Berkeadilan di Kampus Unisbank Mugas Semarang (29/11/2016).
Mustofa menambahkan, kita keliling ke kampung-kampung dan membuka media komunikasi  yang saya pantau terus. Pada awal kita buka komunikasi program Lapor Bupati melalui telephone, rata rata 300 SMS setiap harinya masyarakat mengeluhkan berbagai persoalannya. Kita datang kesini itu bukti kita komitmen terhadapa pemberantasan pungli, imbuhnya. Hadir dalam diskusi dari Polda Jateng,Polrestabes,Kejaksaan tinggi Jateng, akademisi dan juga aktifis LSM.
Direktur LBH berkeadilan sekaligus dosen FH Unisbank Sukarman menuturkan, akses keadilan masyarakat tidak terpenuhi salah satunya karena maraknya pungli yang banyak terjadi dalam sektor layanan publik. Satgas Saber Pungli yang dibentuk oleh pemerintahan Jokowi diharapkan tidak hanya sekedar wacana nasional, namun dapat menyentuh prilaku pungli di daerah. Pemberantasan Pungli dapat terjadi jika ada komitmen dari semua pihak. Paling tidak dari sisi kebijakan dirubah dengan sistem yang mudah dan tidak birokratis, tentunya juga dari masyarakat untuk berkomitmen tidak melakukan praktek-praktek pungli terhadap oknum pemerintah, jelasnya.