Berita Terbaru

The latest news from the Joomla! Team

Pacu Peringkat PT, Unisbank hadirkan Prof. Jamal Wiwoho,SH.M,Hum

 

Peningkatan kualitas perguruan tinggi merupakan prioritas pertama dari rencana strategis Kemenristekdikti 2015-2019. Sedangkan parameter peringkat Perguruan Tinggi (PT) salah satunya diukur dari akreditasi, baik program studi ataupun institusi.  Data kemenristekdikti, tahun 2015 jumlah PTS terakreditasi A hanya 6 PTS, sedangkan pada tahun 2016 menjadi 15 PTS yang terakreditasi A. begitu juga dengan PTN, tahun 2015 jumlah PTN terakreditasi A hanya 17 PTN sedangkan 2016 menjadi 28 PTN yang terakreditasi A. inilah yang harus terus didorong dan ditingkatkan. Demikian disampaikan Prof. Jamal Wiwoho,SH.M,Hum selaku Inspektorat Jendral Kemenristekdikti RI di Unisbank Semarang (15 Maret 2017) di Kampus Unisbank Kendeng ketika menjadi pemateri dalam acara Strategi dan sosialisasi Peningkatan Peringkat Perguran tinggi.
Mantan Rektor Universitas Negeri Manado ini menambahkan, PT harus menjaga eksistensinya sehingga dapat memenuhi kriteria sebagai PT yang sehat. Hal ini dapat diukur dengan 5 (lima parameter, yaitu (1) sehat idealisme, artinya Para pemangku kepentingan pada PTS berorentasi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa bukan mengejar keuangan materiel (profit orientit), (2) sehat organisasi PT, (3) sehat financial, artinya aktifitas PT tidak hanya mengandalkan pada penerimaan dari Mahasiswa tapi didukung kerjasama dengan Dunia usaha dan Industri,(4) Sehat Sivitas Akademiknya, yaitu ketersediaan SDA sebagai Tenaga kependidikan profesional pada bidang-bidangnya dan yang ke5 adalah dipercaya oleh masyarakat. Kita akan terus kawal supaya Unisbank dapat memenuhi target tahun 2018 mendapatkan akreditasi institusi A, jelasnya.
Hal senada disampaikan oleh Rektor Unisbank Semarang, Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN.MM, dalam sambutannya mengatakan, Unisbank konsisten terus meningkatkan prestasinya. Hal ini terbukti Unisbank pada tahun 2016 pada posisi atau peringkat 98 dari seluruh 3244 PTN dan PTS seluruh Indonesia yang sebelumnya pada peringkat 105. Hari ini kita hadirkan Inspektorat Jendral Kemenristekdikti RI sebagai lahkah awal untuk meningkatkan atau menargetkan tahun 2018 Akreditasi institusi Unisbank menjadi A yang saat ini masih B. Optimis harus kita miliki karena sebelumnya 2 (dua) Progdi, yaitu Akuntansi dan Keuangan Perbankan mendapatkan Akreditasi A, jelasnya.
Acara workshop Strategi dan sosialisasi Peningkatan Peringkat Perguran tinggi dihadiri oleh pejabat struktural Unisbank serta jajaran staf pangajar lainnya. Prof. Dr. DYP. Sugiharto M.Pd.Kons sebagai Koordinator Kopertis Wilayah VI hadir sekaligus membuka acara. Sebagai tangan kepanjangan kemenristekdikti, Soegiharto berkomitmen mendorong dan mengawal agar Unisbank Semarang dapat memenuhi targetnya sebagai Kampus yang terakreditas A yang akan ditargetkan tahun 2018, jelasnya.

 

 

7 Fakta Unisbank yang harus diketahui

Unisbank adalah salah satu PTS terbaik di kota Semarang. Memiliki program studi yang terakreditasi A dan B, membuat Unisbank di pilih untuk melanjutkan studi. Kenapa harus Unisbank? Ya, jawaban nya akan kalian ketahui setelah mengulas 7 fakta Unisbank berikut ini :

1. 1968

Pada tahun 1968, berdiri Sekolah Tinggi ekonomi pertama di Semarang bernama Akubank. Sekolah tinggi ekonomi tersebut merupakan cikal bakal dari Unisbank Semarang.

2. Akreditasi B

Berdasarkan BAN-PT Kemdikbud Unisbank berhasil meraih akreditasi B untuk institusi.

3. 3 terbaik

Unisbank menjadi PTS terbaik peringkat 3 di Semarang. Sesuai dengan Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang dimuat di web Ristek Dikti tentang Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia tahun 2015, Universitas Stikubank Semarang berhasil menduduki peringkat ke 3 sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik di kota Semarang. Untuk tingkat Jawa Tengah UNISBANK berhasil berada pada posisi ke 7 sedangkan untuk tingkat nasional UNISBANK berada pada posisi 105.

4. Entrepreneurship

Di semester 5, 73% mahasiswa Unisbank sudah mulai membuat bisnis. Ini diajarkan Unisbank pada semua mahasiswa bahwa bisnis bisa di mulai sebelum lulus kuliah. Membentuk pola pikir wirausaha yang baik adalah prinsip dari Unisbank.

5. Good View

Unisbank memiliki dua kampus yang berada di Mugas dan Kendeng. Gedung Unisbank menjadi salah satu kampus yang memiliki gedung tinggi. Kamu bisa melihat keindahan pusat kota Semarang dari lantai 9 Kampus Unisbank Mugas.

6. Hanya 10 menit

Letak kampus Unisbank sangat strategis dan mudah di jangkau dari segala arah. Dari Unisbank hanya 10 menit kamu bisa menuju pusat kota, tempat perbelanjaan, dan tempat hiburan.

7. Taman Pandanaran

Kampus mugas Unisbank berada di jantung kota Semarang yaitu Pandanaran. Letak kampus Mugas berada di dekat taman Pandanaran yang menjadi icon kota Semarang, dengan patung warak ngendog nya. Banyak yang menjadikan taman pandanaran sebagai tempat selfie yang rame oleh masyarakat.

Itu tadi 7 fakta Unisbank yang harus kamu ketahui. Mau lebih lanjut tau tentang Unisbank? kunjungi website pmb.unisbank.ac.id atau fanspage Universitas Stikubank Semarang. Unisbank Entrepreneurial, IT- Based University.

4 Fakta Wirausaha

Membahas tentang wirausaha pasti ada fakta-fakta mengejutkan  yang tersimpan dalam hal "wirausaha". Mau tau apa saja? Kita simak 4 fakta mengejutkan wirausaha dilansit dari laman The IncWirausaha berperan dalam perekonomian bangsa. Peran wirausaha salah satunya adalah penyedia lapangan pekerjaan untuk pencari kerja. Dengan hal itu dapat mengurangi pengangguran. Ada lagi peran lain yaitu mengurangi ketergantungan pada orang lain, menumbuhkan percaya diri, dan bisa memajukan ekonomi.

1. Tak mengenal umur
Rata-rata usia pendiri perusahaan saat ini adalah 40 tahun. Bahkan, ada di antara mereka berumur 55 dan 64. Ada juga yang sudah mendirikan perusahaan saat berumur 25 dan 30an. Itu berarti tiada kata terlambat atau terlalu awal untuk memulai berwirausaha.

2. Bisa mencoba lagi dan lagi
Mayoritas pengusaha sudah mengalami jatuh bangun. Kebanyakan dari mereka pernah jatuh 2 kali bahkan lebih saat memulai bisnis. Jadi, teruslah mencoba. seseorang benar-benar gagal saat menolak untuk menyerah dan mencoba lagi.

3. Memiliki gairah
Para pembangun bisnis menyatakan gairah untuk membangun bisnis sangat penting. Memiliki gairah berarti memiliki motivasi dan keinginan membangun bisnis. Tentu saja harus yakin menjalankan bisnis tersebut.

4. Kebanyakan pengusaha lahirkan pengusaha
Ketidakmampuan untuk mencari pekerjaan merupakan faktor penting dalam memulai bisnis. Namun kewirausahaan bukan pilihan terakhir bagi kebanyakan orang tapi justru yang pertama.

 


FTI Unisbank kembangkan Aplikasi Berbasis Android

Perkembangan teknologi informasi saat ini begitu cepat. Setiap tahunnya pengguna internet di dunia terus meningkat. Berdasarkan catatan Kementerian Komunikasi dan Informatika, hingga saat ini pengguna internet di Indonesia mendapai 82 juta orang. Dengan capaian ini Indonesia berada pada posisi ke-8 dunia.

Dalam rangka menyesuaikan kebutuhan masyarakat akan pentingnya teknologi informasi berbasis internet, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Unisbank Semarang salah satunya telah memasukkan Aplikasi Android ke dalam kurikulum pembelajaran. Menurut Kepala Program Studi (Kaprogdi) Sistem Informasi Unisbank Semarang, Herny Februariyanti,ST.,M.Cs menuturkan, hari ini (17/02/2017)  seluruh dosen progdi Sistem Informasi menyelenggarakan training pengembangan aplikasi berbasis Android. Selain untuk meningkatkan kapasitas dosen internal, acara ini sekaligus melakukan evaluasi proses pembelajaran mata kuliah Aplikasi berbasis Android, jelasnya.

Herny menambahkan, Training Aplikasi Berbasis Android ini rutin kita selenggarakan sebelum perkuliahan aktif. Hal sederhana yang sudah dibuat adalah aplikasi profil jajaran staf pengajar Sistem Informasi Unisbank. Dari aplikasi inipun, diharapkan mahasiswa sudah dapat menggunaka Androidnya untuk mengunduh materi kuliah hingga kebutuhan dosen untuk membuat laporan Beban Kerja Dosen (BKD), jelasnya.

Tampak hadir mantan Dekan FTI Unisbank yang sekarang menjadi Pembantu Rektor III  Dwi Agus Diartono S.Kom.,M.Kom dengan fasilitator training Agung Prihandono Alumni Teknik Komputer  Universitas Gajahmada yang sekarang menjadi Dosen di Unisbank Semarang.

 

Seusai dilantik, BEM Unisbank Konsolidasi Program

 

Eka Ayu Rahmadini, Mahasiswa Semester 5 (lima) Fakultas Hukum Unisbank Semarang ini resmi dilanti oleh Rektor Unisbank Semarang pada hari Selasa, 6 Februari 2017 di Kampus Unisbank Kendeng. Eka panggilan akrabnya, akan menjabat sebagai Presiden Mahasiswa BEM Unisbank hingga Tahun 2018 mendatang. Bersama Wakilnya Denny P, diharapkan kepengurusan Badan Eksekutif Mahassiswa (BEM) Unisbank ini dapat mengharumkan nama besar unisbank secara kelembagaan. Tak menutup kemungkinan, BEM Unisbank juga dapat dijadikan sarana bagi mahasiswa untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat kontruktif bagi kampus.
Eka menambahkan, hari ini kita koordinasi dengan BEM Fakultas dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) serta lembaga kemahasiswaan lainnya untuk persiapan Raker 2017-2018. Mudah-mudahan program kerja nantinya mampu membawa perubahan, baik secara internal maupun eksternal. Kebijakan program jangka pendek ini juga akan diarahkan pada pengabdian kepada masyarakat. Hal senada juga disampaikan oleh Pembantu Rektor III, Dwi Agus Diartono,S.Kom,M.Kom. menurutnya prestasi mahasiswa adalah salah satu parameter bagaimana kualitas perguruan tinggi, untuk itu diharapkan penyusunan program nantinya lebih ditekankan pada program yang mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa sesuai dengan kompetensi masing masing fakultas, harapnya.
Pada saat pelantikan presiden BEM Unisbank Semarang, Rektor Unisbank Semarang Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN.MM juga melantik staf kemahasiswaan fakultas dan pendamping lembaga kemahasiswaan lainnya. Rektor Unisbank berharap dosen yang dilantik menjadi pendamping organisasi kemahasiswaan ini mampu mendorong prestasi mahasiswa, baik prestasi akademik ataupun prestasi olahraga ataupun seni. Dalam prestasi olah raga, melalui kejuaraan renang dan beladiri,mahasiswa kita sudah mampu berpretasi internasional maupun nasional. Mudah-mudahan kedepan prestasi akademik dan keilmuan dapat ditingkatkan, harapnya.