Berita Terbaru

The latest news from the Joomla! Team

Cukup dari Rumah Rejeki Melimpah

Perkembangan teknologi informasi telah banyak mengubah prilaku masyarakat. Berbagai kebutuhan masyarakat tidak dilakukan dengan cara cara konvensional kembali, namun cukup menggunakan perangkat telephone genggam dan aplikasi maka semuanya akan selesai. Mulai dari transaksi perbankan, pesan makanan, tiket liburan hingga kebutuhan akan armada transportasi. Aplikasi transportasi berbasis online misalnya, terlepas dari kontroversialnya,  kemunculan aplikasi ini menjadi salah satu jawaban akan kebutuhan publik untuk mencari armada transportasi yang lebih mudah dan praktis.

Hal inilah yang mengemuka dalam acara seminar kewirausahaan dengan tema cukup dari rumah rejeki melimpah yang diselenggarakan oleh Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang pada hari Sabtu, 20 Mei 2017 di ruang seminar kampus Unisbank Mugas Semarang. Hadir sebagai pembicara adalah Dwi Budi Santosa dan Fatkhul Amin, Keduanya adalah staf pengajar di Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Unisbank. Yang lebih menarik seminar ini, keduanya tidak hanya sekedar bicara teori membangun usaha, namun demikian langsung pada pengalaman prakteknya mejalankan usaha berbasis online miliknya. Fatkhul Amin yang juga menjadi mentor guru pengajar mata pelajaran marketing Online ini menuturkan, pengguna internet yang mencapai jutaan orang adalah subyek pasar yang potensial. Tergantung pilihan produk apa yang kemudian kita tawarkan kepada publik. Semuanya juga tergantung komitmen dan ketekunan dalam menjalankan usaha, tuturnya. Dwi Budi Santosa semakin melengkapi tips bagaimana menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran.

Kabag Humas Unisbank Semarang Karman Sastro menambahkan, seminar kewirausahaan ini adalah bagian dari komitmen Unisbank Semarang yang secara terus menerus mengokohkan sebagai kelembagan atau kampus yang berbasis kewirausahaan. Tidak hanya sekedar memasukkan kewirausahaan, namun demikian Unisbank juga penting untuk menfasilitasi dan mendorong para mahasiswa untuk praktek membangun usaha, jelasnya.

Unisbank bersama Dinsos Jateng Lounching WARUNG SOSIAL

 

(Semarang, 22 Mei 2017) Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang dan Dinas Sosial Jawa Tengah kembali memperkuat kerjasama dalam pengembangan ekonomi bagi penghuni panti sosial. Jalinan kerjasama ini dituangkan dalam bentuk penandatanganan kerjasama antara Unisbank Semarang dengan Dinas Sosial Jawa Tengah. kerjasama ini ditandatangani oleh Rektor Unisbank Semarang, Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN.MM dan Kepala Dinas Sosial Jawa Tengah Drs. Nur Hadi Amiyanto, M.Ed. di panti pelayanan sosial anak wira adhi karya Ungaran,Kabupaten Semarang.

Selain penandatanganan kerjasama, hari itu juga di lounching WARUNG SOSIAL sebuah kelembagaan usaha yang nantinya dikelola oleh para penghuni panti sosial. Terdapat (3) jenis usaha, yaitu Bengkel Motor dan penjualan sparepart, Cuci Motor dan toko kelontong. Rektor Unisbank Semarang, Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN.MM menuturkan, lounching WARUNG SOSIAL bukan kali pertama dilakukan bersama dengan dinas sosial Jateng, sebelumnya tahun 2014 lalu juga telah didirikan WARUNG SOSIAL di Balai Rehabilitasi Sosial Semarang II, Jl. Amposari Semarang.

Mantan Kepala Program Pariwisata Unisbank ini menyambut baik atas kerjasama dengan dinas sosial untuk pengembangan kewirausahaan, apalagi Unisbank Semarang sudah memposisikan sebagai kampus yang berbasis Entrepreneur. Bersama dengan para mentor jajaran staf pengajar Unisbank Semarang dan Dinsos Jateng akan terus melakukan pendampingan WARUNG SOSIAL ini secara berkesinambungan. Penanganan masalah ekonomi para penghuni panti sosial bukan kegiatan belas kasihan semata, namun harus dilaksanakan secara berkesinambungan, sistematis dan komprehensif didukung kapasitas SDM bermutu dengan sentuhan ilmu, profesi dan praktik pekerjaan sosial, kerjasama ini tidakhanya mencakup di lingkup siswa panti rehabilitasi saja, namun juga mencakup pengembangan SDM lingkungan DInas Sosial untuk meningkatkan kapasitasnya, jelasnya.

Keterangan Foto : Rektor dan Dinsos Tanda tangan MOU

UNISBANK gelar Ekspo & Kompetisi Kewirausahaan 2017

 

(Semarang, 19 Mei 2017).  Berbagai olahan kuliner,kerajinan,pernak pernik cinderamata mewarnai dalam kegiatan kompetisi dan  ekspo kewirausahaan mahasiswa Unisbank 2017. Acara ini merupakan bentuk konsistensi Unisbank Semarang sebagai kampus berbasis kewirausahaan. Kompetisi dan ekspo usaha para mahasiswa Unisbank juga digelar pada mei 2016 tahun lalu. Sebanyak kurang lebih 130 jenis usaha mahasiswa dipamerkan dalam kegiatan ini, mulai dari kuliner,kerajinan,pernak pernik cinderamata hingga usaha jasa. Ketua Pusat Pegembagan Bisnis dan Kewirausahaan (P2BK) Unisbank Fitika Andraini,SH.M.Kn ketika diwawancana menuturkan, dalam kompetisi kewirausahaan yang menjadi parameter penilaian adalah soal menejemen keuangan, proses pemasaran hingga model kelola usaha itu sendiri.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Panitia Fatkhul Amin,S.Kom,M.Cs. Amin membeberkan, Total Judul atau tim yang masuk seleksi berjumlah 130 judul jenis usaha dan  terpilih 70 judul lolos sebagai peserta EKSPO BISNIS. Amin menambahkan Dari 70 judul ide bisnis tersebut, lolos 35 besar finalis yang berhak megikuti seleksi penjurian menuju 5 besar finalis. Proses penjurian terdiri dari: Penjurian Proposal, Presentasi di hadapan dewan juri independen (di luar pembimbing atau dosen pengajar Kewirausahaan). Setelah melalui proses penilaian, terpilih jenis usaha terbaik, diataranya adalah (1) Er-C Advertisement dari Progdi D3 Manajemen Informatika (Juara 1) dengan hadiah tunai 2 juta, (2) My Gedank (Aneka Olahan Pisang Yang Lezat, Nimat, dan Murah) dari mahasiswa S1 Akuntansi (Juara 2) 1,5juta, (3) Chizkek Mantan jenis usaha biscuit dari mahasiswa  D3 Keuangan Perbankan (Juara 3) 1juta (4) Backlight Interactive jenis usaha jasa pembuatan website mahasiswa S1 Sistem Informasi (Harapan 1) 600 ribu dan juara (5) Es Cream Biji Alpukat dari mahasiswa  D3 Perhotelan (Harapan 2) 400 ribu.

Sri Mulyani, S.Kom., M.Kom salah satu dosen pembimbing kewirausahaan mahasiswa yang juga panitia acara menambahkan. Selain pemberian kepada mahasiswa yang memenangkan kompetisi usaha, panitia juga memberikan uang pembinaan kepada 5 (lima) pemilik stand ekspo, diantaranya Stand Terbaik : KWENI (Kertas Werna-Werni) S1 Akuntansi, Stand Favorit : Pemanfaatan Biji Salak Menjadi Kopi untuk Kesehatan S1 Manajemen, Stand Kreatif : Jasa Design Fotografi S1 Teknik Informatika, dan kategori Stand Inovatif, yaitu Rotum Terong S1 Manajemen. Masing kategori pemenang stand berhak mendapatkan uang pembinaan masing masing 1 juta rupiah.

Tampak hadir pembantu Rektor 1 Unisbank Semarang, Dr.Taswan,M.Si memberikan hadiah uang tunai dan sertifikat penghargaan kepada mahasiswa Unisbank Semarang.