Berita Terbaru

The latest news from the Joomla! Team



Unisbank Dapatkan Hibah Co-op Ketiga
Universitas Stikubank pada tahun 2014 ini mendapatkan hibah untuk penyelenggaran Program Belajar Bekerja Terpadu (PBBT) dari Ditjen Dikti Kemendiknas. Hibah ini merupakan periode ketiga setelah dua tahun berturut-turut sejak 2012 dan 2013, Unisbank mendapat kepercayaan untuk menjalankan program ini. PBBT ini merupakan salah satu bentuk implementasi pola kewirausahaan di perguruan tinggi melalui kegiatan penempatan mahasiswa di UMKM yang menjadi mitra perguruan tinggi. Penempatan tersebut bukan hanya sekadar pemagangan bekerja saja tetapi juga merupakan transfer semangat kewirausahaan sehingga diharapkan mahasiswa memiliki kesadaran untuk menjadi wirausaha setelah menyelesaikan pendidikan tinggi.
Program ini di Unisbank menjadi salah satu program yang diminati oleh mahasiswa sebagai bentuk inkubasi mereka menjadi mahasiswa wirausaha muda Unisbank. Hal ini dikarenakan selama 2 tahun berturut-turut penyelenggaraan, mahasiswa benar-benar diinspirasi untuk tidak hanya sekadar mengimplementasikan pengetahuan yang didapatkan di kampus, tetapi juga dimotivasi menjadi wirausaha dalam skala apapun. "Nilai tambah penyelenggaraan PBBT di tempat kami adalah setiap tahun selalu saja ada inisiasi wirausaha baru yang menjadi lokasi pemagangan bagi peserta program PBBT selanjutnya," papar Dr. Hasan Abdul Rozak, Rektor Universitas Stikubank.
Untuk penyelenggaraan periode ketiga ini, Unisbank akan melibatkan 10 mahasiswa dan 5 UMKM. Di antara kelimanya, ada 3 UMKM yang merupakan milik dari mahasiswa peserta program sebelumnya yang kini mulai membuka usaha. "Melalui program PBBT ini, mahasiswa memang didorong untuk membuka usaha dengan modal inisiatif dari kompensasi yang diterima dari program," tutur Matius Luter, salah satu peserta PBBT 2013 yang kini memiliki usaha syuting video. Proses pendampingan dalam PBBT ini diintegrasikan dalam program pendampingan kewirausahaan antara Universitas Stikubank bersama dengan Kadin Jawa Tengah dan Jaringan RumahUSAHA (JRU).
Lebih lanjut disampaikan Rektor Unisbank, pada tahun ketiga ini pula, Unisbank juga telah menyampaikan inisiatif untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan ekspo kewirausahaan mahasiswa tingkat nasional yang diinisiasi oleh Kemendiknas rencananya pada November 2014 ini. "Ekspo ini bagi kami strategis sebagai salah satu spirit kami senantiasa mengedepankan visi sebagai entrepreneurial universitas berbasis teknologi informasi," tambah beliau. Unisbank selama ini juga telah mendapat apresiasi dari Kadin Jawa Tengah sebagai salah satu universitas yang memiliki komitmen berkelanjutan untuk mengembangkan kewirausahaan bagi mahasiswa dan lulusannya. Ini semua dilakukan sebagai komitmen menjadi solusi bagi persoalan masyarakat di mana lulusan perguruan tinggi bukan hanya menambah populasi angkatan kerja, tetapi juga menciptakan lapangan kerja bagi sesamanya.

 
Pelatihan dan Sosialisasi Penggunaan Internet Sehat
Warga RT 5 RW 7 Kelurahan Wonodri dapat pelatihan sekaligus sosialisasi penggunaan internet sehat yang diselenggarakan oleh Anak anak Internet Club yang bekerjasama dengan PT. Telkom di salah satu rumah warga , acara ini berlangsung kurang lebih 1 jam yang dimula dari jam 16.00 , warga yang dapat pelatihan tersebut dari berbagai golongan baik bapak bapak dan ibu ibu, ada yang dari pegawai, buruh, tukang becak dan bahkan ada juga yang dari  pensionan .
Acara sosialisasi yang digalang oleh mahasiswa IC melalui nara sumbernya dan 3 orang rekannya mengajarkan  cara-cara menggunakan internet  dan juga menjelaskan beberapa informasi yang bisa didapat melalui internet, sesuai dengan misi mereka 3 manfaat internet yaitu kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.

Peserta yang hadir pada acara sosialisasi tersebut diajarkan juga cara membuat Email dan Facebook, bahkan ada diantara mereka yang berkesempatan mempraktekkan langsung cara membuat email, disamping dari itu peserta juga diberikan kesempatan untuk mencoba menggunakan internet untuk  mencari salah satu informasiyang diinginkan kebetulan yang mencoba adalah warga dari klangan ibu rumah tangga  , beliau mencoba mencari di Google yaitu dengan judul “cara-cara mamasak oseng oseng kangkung” setelah selesai mencoba merekapun merasa senang terutama ibu Ilyas karena informasi yang dicara muncul dan bahkan pilihannyapun banyak.
Kegiatan yang berlangsung lebih kurang 1 jam ini dimanfaatkan juga sebagi  ajang Tanya jawab oleh para peserta diantaranya mereka menanyakan bagai mana trik-trik menggunakan internet yang sehat, sedangkan pada akhir pertemuam tim Sosialisasi ini mengajak kepada semua warga khususnya yang hadir pada saat itu agar menggunakan internet untuk mencari berbagai informasi  menggunakan internet untuk mendapatkan informasi yan bermanfaat yang berhubungan dengan dengan keperluan mereka dan pendidikan bagi putra putri mereka.

 
3D Animasi Itu Mudah!
Pada tanggal 31 Mei – 1 Juni 2014 kemarin Internet Club mengadakan Pelatihan Animasi Blender 3D khusus untuk siswa SMA/SMK sederajat. Acara yang diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut ini bertempat di ruang BLC RRI Semarang. Dengan instruktur dan asisten yang merupakan anggota dari Internet Club.
ah untuk materi hari pertama meliputi modeling, texturing, rigging dan animasi. Sedangkan untuk hari kedua mempelajari tentang  rendering, lighting dan editing video. Karakter yang dibuat adalah Papercraft memakai baju SMA. Meskipun kebanyakan peserta belum pernah menggunakan Blender 3D sebelumnya, tapi mereka terlihat fokus mendengarkan dan bisa mempraktikkan materi yang disampaikan oleh instruktur.
Meskipun pelatihan ini hanya 2 hari saja, namun para peserta tetap dapat belajar semua materi tadi melalui DVD tutorial yang eksklusif diberikan kepada masing-masing peserta. Semoga pelatihan ini dapat memberikan gambaran tentang pembuatan film animasi pendek. Yuk belajar buat 3D Animasi memakai Blender. 3D Animasi itu mudah!

 
Pelatihan Pembuatan Proposal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)
HMPS mengadakan Pelatihan pembuatan proposal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang termasuk salah satu program kerja HMPS FT. Program kerja ini diketuai oleh mahasiswa semester dua. dalam kegiatan ini dihadiri oleh 13 mahasiswa teknik industri yang terdiri dari semester dua dan semester 4.
 
besar harapannya dengan diadakan pelatihan proposal PKM ini, nantinya akan bermanfaat untuk mahasiswa teknik industri dalam pengajuan proposal PKM, yang biasanya untuk mahasiswa yang mendapatkan beasiswa harus membuat PKM. begitu juga untuk mahasiswa yang ingin mencari uang tambahan, jika lolos untuk proposal PKM tersebut akan dibiayai, dan jika berhasil akan mendapatkan sejumlah uang.
 
tidak hanya pembuatan PKM saja, tetapi dalam pembuatan proposal lain, seperti proposal kegiatan, proposal penelitian, dan bahkan saat pembuatan skripsi, agar nantinya tersusun dengan baik, dan juga tidak terkesan asal – asalan, dan dijauhkan dari sifat plagiat yang mencontoh karya orang lain.
 
Dalam Pelatihan PKM ini, Bapak Agus Setiawan, S.T., M.T adalah sebagai pembimbing dalam pelatihan ini, beliau memberikan materi yang berhubungan dengan PKM dan memberikan motivasi agar mahasiswa teknik industri juga dapat berpartisipasi dan mengajukan PKM.
ini adalah foto saat pelatihan berlangsung.

 
Temu IMTI (Ikatan Mahasiswa Teknik Industri) di UNISBANK Kampus Kendeng
Mahasiswa Fakultas Teknik, progdi Teknik Industri Unisbank mengadakan Temu IMTI yang diadakan rutin satu bulan sekali. pertemuan ini diadakan di luar ruangan, tepatnya di bawah Wall Climbing yang ada di area kampus Kendeng Unisbank.
Dalam pertemuan di kampus Unisbank kemarin, dihadiri oleh mahasiswa teknik industri dari beberapa universitas di semarang antara lain, UNDIP (Universitas Diponegoro), UNISULA (Universitas Sultan Agung), UDINUS (Universitas Dian Nuswantoro), dan UNISBANK (Universitas Stikubank).dalam pertemuan ini IMTI telah merancang sebuah acara yang akan diadakan bulan September, yang melibatkan seluruh Mahasiswa Teknik Industri dari Universitas – Universitas se-Jawa Tengah. acara ini nantinya akan dihadiri oleh alumni mahasiswa Teknik Industri juga. berikutnya pertemuan IMTI akan diadakan di Universitas Diponegoro, setelah lebaran.

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 1 of 90