Dorong Akuntan Prefesional, Unisbank Kerjasama dengan IAPI


Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang terus menjalin kerjasama dengan lembaga mitra untuk bersinergi menghasilkan lulusan yang berkualitas. Hal ini terbukti ketika Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Unisbank bekerjasama dengan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) menggelar seminar nasional bertajuk Profesi Akuntan Publik,Audit Investigasi dan Profesi Konsultan Pajak di kampus Unisbank Kendeng Semarang(21/02/2018). Seminar nasional diikuti serta dihadiri 100 orang dari berbagai perguruan tinggi, dosen internal,serta instansi pemerintah.
Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Unisbank, Dr. Euis Soliha,SE.M.Si menuturkan, selain seminar nasional, pada hari yang sama juga ditanda tangani kerjasama antara Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) dan Unisbank Semarang. Kerjama sama ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas calon profesi akuntan publik dan konsultan pajak agar mampu menjaga profesionalismenya serta siap dalam menghadapi situasi nantinya. Tentu kerjasama ini sinergi dengan FEB Unisbank Semarang karena kebetulan di Unisbank juga mempunyai pendidikan Program Profesi Akuntansi (PPaK). Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Eksekutif IAPI, Franky Setyawan dan Ketua Pengurus IKPI yaitu J.M.Maryanto,SH.
Euis menambahkan, diharapkan pula kedua profesi ini juga dituntut untuk mempunyai ketrampilan dalam melakukan audit investigasi. Hal inilah nilai lebih ketika sudah lulus Sarjana, ujarnya. Hal senada disampaikan oleh Rektor Unisbank Semarang Dr.H.Hasan Abdul Rozak,Sh.CN.MM. menurutnya dalam rangka kerjasama ini kita sudah menyiapkan Tes Centre dalam rangka mendorong kelulusan yang mempunyai kompetensi sebagai akuntan professional dan kompetensi dalam perpajakan. Kedepan diharapkan semakin banyak mahasiswa S1 Akuntansi Unisbank yang mendapatkan sertifikasi sebagai akuntan public melalui Ujian Profesional Akuntan Publik, ujarnya.
Hadir sebagai narasumber dalam seminar nasional ini adalah Rachmad Wahyudi, seorang akuntan publik yang sudah berpengalaman dalam menjalankan profesinya. Selain itu juga dihadirkan narasumber lainnya, yaitu Franky Setyawan dari Instititut Akuntan Publik Indonesia IAPI. Keduanya memberikan motivasi kepada peserta seminar nasional agar mampu berkontribusi sesuai dengan disiplin keilmuan dan pengalamannya. Rahmad Wahyudi menambahkan, kedua profesi ini seringkali dibutuhkan, baik sebagai saksi ahli dalam perkara bidang ekonomi ataupun mengetahui kesehatan ekonomi perusahaan. Ini adalah prospek yang dapat dijadikan peluang dalam kerjasama ini, ucapnya.