Pacu Peringkat PT, Unisbank hadirkan Prof. Jamal Wiwoho,SH.M,Hum

 

Peningkatan kualitas perguruan tinggi merupakan prioritas pertama dari rencana strategis Kemenristekdikti 2015-2019. Sedangkan parameter peringkat Perguruan Tinggi (PT) salah satunya diukur dari akreditasi, baik program studi ataupun institusi.  Data kemenristekdikti, tahun 2015 jumlah PTS terakreditasi A hanya 6 PTS, sedangkan pada tahun 2016 menjadi 15 PTS yang terakreditasi A. begitu juga dengan PTN, tahun 2015 jumlah PTN terakreditasi A hanya 17 PTN sedangkan 2016 menjadi 28 PTN yang terakreditasi A. inilah yang harus terus didorong dan ditingkatkan. Demikian disampaikan Prof. Jamal Wiwoho,SH.M,Hum selaku Inspektorat Jendral Kemenristekdikti RI di Unisbank Semarang (15 Maret 2017) di Kampus Unisbank Kendeng ketika menjadi pemateri dalam acara Strategi dan sosialisasi Peningkatan Peringkat Perguran tinggi.
Mantan Rektor Universitas Negeri Manado ini menambahkan, PT harus menjaga eksistensinya sehingga dapat memenuhi kriteria sebagai PT yang sehat. Hal ini dapat diukur dengan 5 (lima parameter, yaitu (1) sehat idealisme, artinya Para pemangku kepentingan pada PTS berorentasi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa bukan mengejar keuangan materiel (profit orientit), (2) sehat organisasi PT, (3) sehat financial, artinya aktifitas PT tidak hanya mengandalkan pada penerimaan dari Mahasiswa tapi didukung kerjasama dengan Dunia usaha dan Industri,(4) Sehat Sivitas Akademiknya, yaitu ketersediaan SDA sebagai Tenaga kependidikan profesional pada bidang-bidangnya dan yang ke5 adalah dipercaya oleh masyarakat. Kita akan terus kawal supaya Unisbank dapat memenuhi target tahun 2018 mendapatkan akreditasi institusi A, jelasnya.
Hal senada disampaikan oleh Rektor Unisbank Semarang, Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN.MM, dalam sambutannya mengatakan, Unisbank konsisten terus meningkatkan prestasinya. Hal ini terbukti Unisbank pada tahun 2016 pada posisi atau peringkat 98 dari seluruh 3244 PTN dan PTS seluruh Indonesia yang sebelumnya pada peringkat 105. Hari ini kita hadirkan Inspektorat Jendral Kemenristekdikti RI sebagai lahkah awal untuk meningkatkan atau menargetkan tahun 2018 Akreditasi institusi Unisbank menjadi A yang saat ini masih B. Optimis harus kita miliki karena sebelumnya 2 (dua) Progdi, yaitu Akuntansi dan Keuangan Perbankan mendapatkan Akreditasi A, jelasnya.
Acara workshop Strategi dan sosialisasi Peningkatan Peringkat Perguran tinggi dihadiri oleh pejabat struktural Unisbank serta jajaran staf pangajar lainnya. Prof. Dr. DYP. Sugiharto M.Pd.Kons sebagai Koordinator Kopertis Wilayah VI hadir sekaligus membuka acara. Sebagai tangan kepanjangan kemenristekdikti, Soegiharto berkomitmen mendorong dan mengawal agar Unisbank Semarang dapat memenuhi targetnya sebagai Kampus yang terakreditas A yang akan ditargetkan tahun 2018, jelasnya.