Berita Terbaru

The latest news from the Joomla! Team

Unisbank Makin Mantap Hasilkan Lulusan Pelaku Usaha

Jumlah lulusan perguruan tinggi tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. Kondisi semacam ini mendorong perguruan tinggi untuk melakukan reorientasi terhadap lulusannya. Lulusan perguruan tinggi yang awalnya disiapkan sebagai pencari kerja harus dibekali ilmu sebagai pencipta lapangan kerja. Banyaknya lulusan perguruan tinggi yang menganggur setelah menempuh studi, ditambah persaingan dan tantangan dunia kerja yang semakin dinamis menjadikan perguruan tinggi perlu membekali ilmu wirausaha bagi mahasiswanya.

Kegiatan dalam menjalankan usaha atau yang biasa dikenal dengan 'entrepreneurial' sangat membantu para lulusan perguruan tinggi untuk siap berkompetisi dan unjuk gigi pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) seperti sekarang ini. Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang dengan basis 'Entrepreneurial dan IT' berkomitmen terhadap kewirausahaan dengan memberikan bekal wawasan mengenai kegiatan kewirausahaan, administrasi hingga manajemen pada lulusannya untuk lebih meningkatkan kapasitas sebagai pelaku usaha.

Berbagai penawaran program studi (prodi) Entrepreneurial, IT-Based University seperti program S1 dan S2 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Sistem Informasi, S1 Teknik Informatika, S1 Ilmu Hukum, S1 Sastra Inggris, S1 Teknik Industri, D3 Keuangan dan Perbankan, D3 Manajemen Informatika, D3 Perhotelan, hingga Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) ada di Unisbank. Dari semua prodi tersebut Unisbank juga membekali soft kompetensi bagi dosen dan mahasiswa, salah satunya melalui mata kuliah entrepreneur.

Ini yang menjadi daya tarik karena untuk menjadi pengusaha sudah masuk dalam kurikulum mata kuliah Kewirausahaan dalam 5 SKS. Artinya, lulusan program studi tersebut nantinya harus terbangun dalam dirinya sebagai seorang yang kompeten di bidangnya plus siap menjadi entrepreneur. Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) juga menuntut Kemandirian Sumber Daya Manusia (SDM), oleh karena itu mahasiswa perlu mengembangkan bekal di bidang kewirausahaan.

Terobosan yang dilakukan Unisbank baik di dalam maupun luar negeri dengan menyiapkan pendidikan dan pengajaran dengan penguatan bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Dengan harapan kualitas SDM dan lulusan Unisbank mampu bersaing dalam bursa tenaga kerja baik dalam maupun luar negeri. Mahasiswa juga dibekali kemampuan berbahasa Inggris, Mandarin, dan Prancis sehingga mampu berkompetisi. Begitu pun materi kewirausahaan untuk membangun jiwa kewirausahaan, menyusun bisnis, dan implementasi bisnis.

Tidak hanya itu, Unisbank juga telah bekerjasama dengan industri, Perbankan, HIPMI, Kadin, TELKOM, Jaringan Rumah Usaha, AKPOL dan Mental Character Building Center (MCBC). Sehingga lulusan Unisbank bisa profesional di bidangnya masing-masing yang berproses, berhasil dan bernilai. Berproses sesuai kurikulum, berhasil lulus dengan kompetensi yang mumpuni dan bernilai hingga mampu berkompetisi.

Tak heran jika pada tahun 2015 lalu Unisbank juga menjadi tempat bagi dosen dalam membangun pendidikan karakter sebagai upaya menyiapkan mahasiswa dan SDM yang kompeten sesuai kurikulum dan masuk dalam kompetensi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Hal ini dibuktikan dengan kualitas sumber daya manusia, kualitas manajemen, kualitas kegiatan kemahasiswaan, kualitas penelitian dan publikasi ilmiah dari Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia bahwa Unisbank masuk dalam ranking 105 dari 3320 PTN dan PTS se Indonesia.

Kampus yang terletak di Jalan Tri Lomba Juang dan Jalan Kendeng V Bendan Ngisor Semarang ini juga menjalin kerjasama luar negeri, seperti Chulalongkorn University Thailand, HELP University dan Asean Culinary Academy Malaysia, HeBei Normal University Tiongkok, Guangdong Normal University Tiongkok, Guangxi Normal University Tiongkok, Highline Community College dan Kapiolani Community College Amerika Serikat dalam rangka studi lanjut, student exchange, student mobility, serta pengembangan budaya dan bahasa.

Di Unisbank sendiri juga terus melakukan peningkatan kualitas SDM di bidang akademik bagi sumber daya manusianya, tercatat ada 2 Guru Besar, 29 Doktor, 19 sedang menempuh studi S3 dan 122 bergelar S2. Semuanya dilakukan dalam rangka menyongsong tahun 2020, yang mana Unisbank mampu mewujudkan lulusan yang berdaya saing di tingkat nasional berbasis kewirausahaan.

Fakultas Pariwisata Perluas Kerjasama dengan Thailand dan Malaysia

Berdasarkan Berita Resmi Statistik dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah No. 75/11/33/Th.IX, 02 November 2015 Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara september 2015 mencapai 869,2 ribu kunjungan, naik 9,84 persen dibanding kunjungan september 2014. Sedangkan di Jawa Tengah, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung di Jawa Tengah pada September 2015 melalui pintu masuk Bandara Adi Sumarmo dan Ahmad Yani mencapai 2063 orang. Meningkatnya jumlah wisatawan menjadi salah satu bukti nyata dunia pariwisata yang juga harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang professional.

Dalam rangka menunjang sumber daya manusia yang profesioanal, Fakultas Pariwisata Unisbank terus mengembangkan kerjasama dengan lembaga mitra dalam maupun luar negeri. Dekan Fakultas Pariwisata Unisbank Semarang, Artin Bayu Mukti,A.Par.,M.Par menuturkan. Selama seminggu ini kita berkunjuang ke Malaysia dan Thailand. Ada 8 lembaga yang terdiri dari perguruan tinggi ataupun instansi pemerintah yang kita kunjungi untuk penjajakan kerjasama. diantaranya adalah Phuket College of International Tourism (PCIT), Phuket Rajabhat University, Faculty of Hospital and Tourism Prince of Songkla University Thailand, Burapa University International College Thailand, Suria College of Hospitality Malaysia,Japan Indonesia Program Academic (JIPA), Imperia College Malaysia, Asean Tourism Research Association ( ATRA). Ada 3 (tiga) ruang lingkup kerjasama yang akan kita selenggarakan diantaranya  student exchange, Lecture Exchange, join degree program dan Join Research.

Artin Bayu menambahkan, kerjasama ini tak lebih untuk meningkatkan kapasitas Dosen Fakultas Pariwisata Unisbank dan juga kualitas mahasiswa. Dengan meningkatkan kapasitas dosen dan mahasiswa, diharapkan mampu menyumbangkan majunya dunia pariwisata. Kerjasama ini bukanlah kerjasama yang tanpa tindak lanjut yang jelas dan terukur. Kita sudah membuktikan, tahun 2015 ini sudah ada 10 mahasiswa pariwisata yang kita berangkatkan ke Malaysia untuk program pertukaran mahasiwa. Terakhir kali, ada 6 mahasiswa yang mengikuti International Internship Program (IIP) di E-City Hotel Subang Jaya, Selangor Malaysia, jelasnya.

Turunkan Pengangguran, Unisbank Gelar Jobfair

Data Pusat Statistik menyebutkan, Jumlah angkatan kerja di Jawa Tengah Februari 2015 yang sebesar 18,29 juta orang, bertambah sekitar 576 ribu orang dibanding angkatan kerja Februari 2014 yang sebesar 17,72juta orang dan bertambah 746 ribu orang jika dibanding Agustus2014 mencapai 17,55 juta orang. Sedangkan tingkat pengangguran juga masih mencapai 5,31 persen. Dengan kondisi seperti ini, maka penting kiranya bagi jawa tengah untuk terus menumbuhkan perekonomian sehingga dapat menurunkan pengangguran di Jawa Tengah. Demikan disampaikan Dwi Agus Diartono,M.Kom selaku Pembantu Rektor 3 Unisbank Semarang ketika membuka Job Fair Unisbank 2016 di Lantai 9, kampus Unisbank Mugas Semarang (16/04/2016).

Dwi Agus menambahkan, Job Fair diselenggarakan selama selama 2 hari, mulai 16-17 April 2016 dari 08.00 – 15.00 Wib. Acara terbuka untuk umum dan secara khusus merupakan sarana bagi alumni Unisbank Semarang yang akan memilih dan melamar pekerjaan sesuai dengan kompetensi keilmuannya. Lowongan pekerjaan disediakan untuk lulusan SMA/SMK diploma hingga sarjana dari berbagai disiplin ilmu. Dalam job fair Unisbank 2016 ini, para pencari lowongan pekerjaan tidak dipungut biaya alias gratis. Ada 10 perusahaan mitra Unisbank Semarang yang menyediakan lowongan pekerjaan. Beberapa perusahaan ini terdiri dari industri garmen, otomotif, asuransi hingga lembaga perbankan. Setiap perusahaan mencari 3 hingga 7 posisi strategis di perusahaannya, yang paling banyak lowongan adalah Ungaran Sari Garmen, karena informasi akan membuka pabrik baru, jelasnya.

Menurut Ketua Panitia Job Fair Unisbank Maryono SE, MM, Akp, job fair akan terus dilakukan secara rutin, setiap tahunnya kita mengadakan dua kali. Mudah-mudahan dengan joba fair ini dapat membantu para pancari kerja dan mengurangi pengangguran, harapnya.

FBIB Unisbank Gelar Cultural Nite di Taman Pandanaran

Lima model dari Universitas Stikubank (Unisbank) ini membuat penonton histeris. Satu persatu model berjalan di atas karpet merah yang digelar di Taman Pandanaran Semarang depan kampus Unisbank, Jumat (15/4) sore.

Penampilan enam model dari mahasiswa Unisbank menjadi salah satu bagian pertunjukan dalam pagelaran Cultural Nite (Cerita Rakyat) yang diselenggarakan oleh Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya Unisbank. Dalam rangkaian yang berjalan hingga nanti malam itu, ada beberapa pertunjukan, seperti pembacaan puisi, menyanyi solo, dance, flashmob, story telling, dan stand up comedy oleh Rizal Ganyos & Yuyun Gondrong.

Uniknya, karena penyelenggara dari Fakultas bahasa, maka semua pertunjukan dibawakan menggunakan bahasa asing. Puisi, pembacaan cerita tentang Tangkuban Perahu, menyanyi maupun pertunjukan lain menggunakan bahasa asing.

Rektor Unisbank Dr. H. Hasan Abdul Rozak, S.H., C.N., M.M, dalam sambutannya menyampaikan, memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara atas kegiatan yang digelar di tengah Taman Pandanaran. Acara Cultural Nite, lanjut Hasan, merupakan bagian dari rangkaian acara dies natalis Unisbank yang ke-48.

“Saya ingin momen seperti ini sering digelar di taman ini, dari dulu saya sudah bermimpi taman ini di isi oleh kegiatan publik,” kata Hasan.

Ia berharap, mahasiswa Unisbank semakin produktif dalam membuat acara-acara kegiatan yang kreatif dan dapat dinikmati masyarakat umum seperti acara yang terselenggara di taman pandanaran saat ini. “Ini adalah suatu bentuk apresiasi kita untuk fasilitas publik yang telah disediakan pemerintah,” katanya.

 

Sumber berita : http://metrosemarang.com/model-model-bikin-penonton-cultural-nite-unisbank-histeris?utm_medium=twitter&utm_source=twitterfeed