Berita Terbaru

The latest news from the Joomla! Team

FTI UNISBANK Pacu Penulisan dalam Jurnal Internasional

Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang menyelenggarakan Seminar & Workshop Penulisan artikel ilmiah dalam jurnal internasional. Acara ini menghadirkan narasumber Dr.Eng.Sunuwibirawa dari Universitas Gajahmada (UGM) Yogyakarta. Bertempat di Ruang Seminar lantai 9 Kampus Unisbank Mugas, seminar diikuti oleh sejumlah dosen internal di Unisbank Semarang. ( Rabu, 24 Agustus 2016)

Dekan FTI Unisbank Dr.Yohanes Suhari,M.Si menuturkan, kegiatan ini tidak lebih bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) para dosen kita agar mampu menuliskan hasil penelitiannya dalam jurnal internasional. Dalam Undang-Undang perguruan tinggi sudah jelas memadatkan kewajiban dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Hasil penelitian dan pengabdian masyarakat inilah yang penting kita publikasikan, baik dalam jurnal nasional ataupun internasional. Penelitian, pengabdian, metode pengajaran dan penulisan dalam jurnal adalah parameter bagaimana kualitas dosen disebuah perguruan tinggi. Mudah-mudahan dengan seminar dan workshop ini akan semakin banyak dosen kita yang mampu menembus dalam jurnal internasional, harapnya.

Dalam sesi tukar pengalaman penulisan  Dr.Eng.Sunuwibirawa mengatakan, sudah ada penghargaan yang akan diberikan kepada peneliti yang mampu menuliskan hasil  penelitiannya dalam jurnal internasional, khususnya jurnal yang terindeks, yaitu Scopus dan Thomson Reuters. Besarannya antara 50 juta sampai dengan 100 juta. Lulusan S3 dari Tokai University, Tokyo, Japan ini menambahkan, tidak mudah mempublikasikan penelitian ke dalam jurnal, apalagi jurnal internasional yang terindeks. Selain penguasaaan bahasa, banyak para peneliti muda yang terkendala dalam menentukan jurnal internasional. Hal ini tentunya berbeda dengan peneliti yang sedang menempuh S3, karena secara kelembagaan sudah ditentukan pembimbing dan jurnal mana yang tepat untuk mempublikasikan hasil penelitian. Harus mampu membedakan mana data, informasi dan pengetahuan juga menjadi salah satu hal yang harus diketahui oleh para peneliti muda, ujarnya.

Dua Mahasiswa Asing Ikuti Campus Trip Unisbank

Sebanyak kurang lebih 487 mahasiswa Unisbank mengikuti program Campus Trip ke-4 di kampus Universitas Stikubank (UNISBANK) Mugas Semarang (22/08/2016). Program Campus  Trip merupakan program pengenalan kampus sebelum kegiatan Pengenalan Kampus Akademik (PEKAKU) yang akan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Unisbank tahun angkatan 2016. Tahun 2016 ini, jumlah pendaftar di kampus Unisbank Semarang mencapai 2005 pendaftar. Panitia Campus Trip 2016 lebih ditekankan pada pengenalan program Smart Campus. Sebuah aplikasi software yang wajib digunakan oleh semua mahasiswa Unisbank, mulai dari pengisian Kartu Rencana Studi ( KRS), cetak Kartu Hasil Studi (KHS) ataupun jadwal kuliah.

Ada hal yang menarik dalam program Campus Trip Unisbank 2016 ini. Hal ini karena ada 2 mahasiswa Asing yang menjadi mahasiswa baru di Unisbank Semarang. yaitu mahasiswa asal Tiongkok bernama Jia Tianhao yang masuk di Fakultas Bahasa dan Sastra (FBIB) serta  Zuliana hilmy Rpsyida dari Malaysia yang masuk menjadi mahasiswa di Fakultas Hukum (FH).

Pembantu Rektor 3 Unisbank Semarang, Dwi Agus Diartono, S.Kom, M.Kom menuturkan, dengan adanya mahasiswa asing yang kuliah di Unisbank Semarang merupakan salah satu bukti atau parameter bahwa Unisbank Semarang sudah mulai dikenal oleh calon mahasiswa dari mancanegara. Tahun 2016 ini juga UNISBANK akan menyelenggarakan wisuda yang ke 76 ini salah satu wisudawatinya adalah mahasiswa dari Libya. Dia adalah Ayah Ahmed Zidane yang masuk jalur transfer international ari Tripoli University Libya. Agus menambahkan mudah-mudahan kedepan jumlah mahasiswa asing yang masuk di Unisbank Semarang semakain meningkat, harapnya.

BEM FT Mengadakan Pelatihan Factory Automation System Mitsubishi Electric

Badan Ekekutif Mahasiswa Fakultas Teknik UNISBANK Semarang bekerja sama PT Millenium Energy Semarang mengadakan pelatihan Factory Automation System Mitsubishi Electric. Acara ini diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 2 Agustus 2016. PT Millenium Energy merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa Engineering khususnya Mitsubishi Electric. Kegiatan ini diikuti mahasiswa Program Studi Teknik Industri  Fakultas Teknik UNISBANK Semarang dan dosen-dosen Program Studi Teknik Industri  Fakultas Teknik UNISBANK Semarang.

Ketua BEM Fakultas Teknik, Asmoro mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan program kerja BEM Fakultas Teknik tahun 2016. Diharapkan dengan pelatihan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan baru bagi rekan-rekan mahasiswa Program Studi Teknik Industri  Fakultas Teknik. Dekan fakulltas Teknik Antoni Yohanes dalam sambutannya mengatakan bahwa Fakultas sangat mendukung kegiatan pelatihan ini dan berharap agar pelatihan dapat berlangsung setiap tahun serta mahasiswa Fakultas Teknik ada yang mengikuti pelatihan lanjutan agar lebih menguasai materi tentang Programmable Logic Controller (PLC). Kaprodi Teknik Industri Firman Ardiansyah Ekoanindiyo menambahkan, dengan pelatihan ini mahasiswa dan dosen  Program Studi Teknik Industri  Fakultas Teknik mendapatkan dasar-dasar dan pengenalan Programmable Logic Controller (PLC) sehingga setelah lulus kuliah dan bekerja tidak canggung dengan mesin-mesin otomatis.

Pelatihan ini disampaikan oleh Danu dari PT Millenium Energy Semarang, materi yang disampaikan antara lain servo, inverter, programmable logic controller, modular PLC, demokit PLC. Pada pelatihan ini diperagakan bagaimana memprogram PLC serta contoh penerapan PLC pada lampu dengan menggunakan demokit PLC. Penggunaan PLC  pada industri manufaktur untuk machine monitoring, factory safety program, fire alarm monitoring system,dll. Pada industri retail diaplikasikan pada sistem survey pelanggan, stock monitoring, retail statistics. Sedangkan pada sektor pendidikan digunakan untuk alat peraga dan alat praktek.

Diakhir acara diserahkan cendera mata dari Dekan Fakultas Teknik kepada PT Millenium Energy Semarang dan dilanjutkan dengan ramah tamah PT Millenium Energy Semarang dengan mahasiswa dan dosen-dosen Program Studi Teknik Industri  Fakultas Teknik UNISBANK Semarang.

Mahasiswa Unisbank sumbangkan emas dalam Lai Wa Swimming Open Tiongkok

Medali emas kembali mengharumkan Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang. Budiman Hadi Prakosa, mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) ini kembali merebut emas dalam ajang kejuaraan renang tingkat internasional di Tiongkok (China). Budiman panggilan akrabnya, memupus harapan perenang dari negara lainya setelah mencapai garis finish pertama dalam laga renang Hongkong Open International Swimming Competition 2016 di kategori 200 meter gaya kupu kupu.
Juara kedua atau medali perak diraih oleh Ka Ho, sedangkan medali perunggu atau  juara ketiga diraih  Chun Lung, keduanya adalah atlet renang dari Tiongkok. Ajang renang internasional di Tiongkok ini digelar pada tanggal 29 s/d 31 Juli 2016 di Tiongkok. “senang bisa berprestasi dan menyumbangkan medali emas untuk bangsa, ujarnya. Prestasi Budiman dalam kejuaraan renang memang tidak diragukan lagi. Mahasiswa Unisbank jurusan manajemen semester dua ini prestasi tertinggi tingkat internasional lainnya diraih dalam kejuaraan renang tingkat pelajar se-Asia di Filipina tahun 2014 silam. Dalam tingkat nasional lebih dari 76 medali sudah diraihnya, sedangkan ditingkat propinsi lebih dari 76 medali.
Rektor Unisbank Semarang, Dr. H. Hasan Abdul Rozak, SH, CN, MM bangga menyambutnya. Ini adalah prestasi yang tidak mudah untuk mendapatkannya. Karena inilah Unisbank secara kelembagaan memberikan apresiasi setinggi tingginya selain memberikan apresiasi berupa beasiswa studi di kampus, Unisbank juga memberikan beasiswa uang penghargaan bagi Budiman Hadi Prakoso yang telah meraih prestasi, baik tingkat internasional maupun nasional,. Lebih dari 30 juta yang kita sampaikan kepada atlet renang ini, karena kebijakan kampus bagi mahasiswa yang berprestasi akan mendapatkan uang pembinaan untuk tingkat internasional 5 juta, tingkat nasional 3 juta dan tingkat regional sebesar 1 juta, jelasnya.

Unisbank Semarang Harapkan Akreditasi Unggul

Tim asesor Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) baru saja selesai berkunjung ke Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang. Diantaranya adalah Prof.Dr.Bambang Rudiarso dari UGM, Prof.Dr Suparno (ITS), Dr.Darwis Said (UNHAS), Prof.Dr.Imas Siti Setiasih (UNPAD). Pada tanggal 13-15 juni 2016 tim Asesor BAN-PT ini memastikan  data borang akreditasi yang dikirim Unisbank sebelumnya.
Pembantu Rektor 1 Unisbank Semarang, Dr. Taswan, M.Si menuturkan, seluruh data borang sudah kita siapkan. Alumni dari masing masing program studi kita hadirkan, ini membuktikan para alumni yang telah berkontribusi besar bagi kemajuan Unisbank Semarang. kita juga tunjukkan mahasiswa yang sedang atau magang di luar negeri, seperti Malaysia,Thailand dan tiongkok. Hal ini menurut kita dapat dijadikan parameter untuk mencapai visi misi Unisbank untuk menciptakann lulusan yang berdaya saing global, jelasnya.
Hal senada disampaikan oleh Rektor Unisbank Semarang Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN.MM. Menurutnya terdapat 7 (tujuh) standar penilaian dalam akreditasi program studi dan perguruan tinggi (PT), yaitu (1)  yaitu visi misi PT, (2) tata kelola (3) Kemahasiswaan dan alumni (4) Kurikulum (5)sarana dan prasarana (6) Sumber daya manusia dan (7) penelitian dan pengabdian masyarakat. BerdasarkanPermenristekdikti No 32 Tahun 2016 tentang akreditasi program studi dan perguruan tinggi, status akreditasi perguruan tinggi hanya dua, yaitu terakreditasi dan tidak terakreditasi. Sedangkan peringkat akreditasi yaitu baik, baik sekali dan unggul. Kita berharap Unisbank semarang mendapatkan hasil terakreditasi unggul, harapnya. Jika hasil akreditasi PT unisbank mendapatkan akreditasi unggul, kita tentu bangga karena sebelumnya program studi diploma keuangan dan  perbankan juga mendapatkan akreditasi A, jelasnya.