Berita Terbaru

The latest news from the Joomla! Team



Fakultas Teknik UNISBANK Gelar Gebyar Anak Sholeh

Beberapa anak murid TK serius memilih pensil warna dan mulai mengoleskannnya pada kertas putih. Terdapat juga peserta yang bingung untuk memilih warna apa yang pas untuk dipoleskannya. Bahkan ada juga peserta yang juga menoleh kanan kiri peserta lainnya. Suasana inilah yang terekam dalam lomba Gebyar Anak Sholeh yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Tehnik UNISBANK Semarang pada hari,Minggu,15 Maret 2015 di Kampus 2 UNISBANK Semarang.

Fakultas Teknik (FT) Universitas Stikubank (UNISBANK ) Semarang menggelar lomba mewarnai, lomba baca surat pendek  (Tahfidz) dan lomba Tartil (baca Al-qur’an). Lomba diselenggarakan di lantai 9 Kampus 2 UNISBANK Kendeng, Bendan Ngisor Semarang. Dekan Fakultas Tehnik UNISBANK Semarang, Antoni Yohanes, S.T., M.T. Menuturkan, peserta lomba adalah murid Taman Kanak-Kanak (TK)  dan Tempat Pendidikan Al-Qur’am (TPQ) di seluruh kota Semarang. Lomba yang dikemas dalam tema Gebyar Anak Sholeh tersebut dimaksudkan sebagai sarana bagi orang tua untuk tetap mendorong putra putrinya untuk tetap aktif walaupun hari libur sekolah.

Dosen Fakultas Teknik lainnya, Firman Ardiansyah Ekoanindiyo,S.T,M.T, mengatakan, lomba diikuti 191 murid TK/TPQ di Kota Semarang, lomba mewarnai 118 peserta, lomba Tartil 18 peserta dan lomba hafalan surat pendek 55 peserta. Secara keseluruhan terdapat 68 TK/TPQ di kota Semarang yang berpartisipasi dalam lomba tersebut. Firman menambahkan, selain piala dan hadiah hiburan, panitia menyediakan total hadiah uang tunai sebesar Rp 1.800.000 (satu juta delapan ratus ribu rupiah). Kegiatan tersebut semata mata untuk merangsang anak anak kita untuk tetap memanfaatkan atau meluangkan waktu libur sekolah agar menambah kreatifitas dan tetap berkarya.

Hal senada disampaikan oleh kabag Humas UNISBANK Semarang, Karman. Menurutnya kegiatan ini sangat positif dan penting dilakukan secara berkesinambungan. ini merupakan sarana untuk mendekatkan orang tua dan anaknya. Banyak peserta yang didampingi oleh orang tuanya, mayoritas orang tua sibuk pada hari kerja, dengan lomba ini mereka akan lebih dekat secara emosional, jelasnya.

 
P2BK dan Balitbang menyelenggarakan Workshop tentang HKI
Pusat Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan (P2BK) Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Propinsi Jateng menyelenggarakan Workshop tentang Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Kamis, 12 Maret 2015 di Kampus UNISBANK Mugas Semarang. Peserta workshop adalah perwakilan dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dan Balitbang di kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Hadir sebagai narasumber dalam workshop tersebut adalah Prof.Dr.Ir.Didik Notosudjono,Msc dari kemenristek RI, Agus Setyawan,ST,MT akademisi UNISBANK Semarang,Santun M Siregar,SH,MH dari Kemenkumham RI dan Irhamto, salah satu tokoh masyarakat yang berhasil menciptakan Pompa Air Tenaga Kincir air “Batu Nana” Banjarnegara.
Santun M Siregar,SH,MH dari Kemenkumham RI menuturkan, Indonesia perlu melakukan perlindungan HKI dan terus menerus melakukan penyempurnaannya. HKI adalah simbol kemajuan bangsa, makalam bangsa tersebut terus menerus melakukan pengembangan ilmu,pengetahuan dan tehnologi. Siregar menambahkan, HKI ini merupakan salah satu pilar dari Global Competitiveness atau peringkat daya saing Negara Negara sedunia. Inovasi tehnologi merupakan pilar kesembilan, salah satu yang diukur adalah apakah suatu bangsa itu mampu memberikan perlindungan terhadap intellectuall property, jelasnya.
Hal senada disampaikan oleh Agus Setyawan,ST,MT akademisi UNISBANK Semarang, Menurutnya pemerintah bertanggungjawab untuk mendorong dan memajukan secara terus menerus inovasi tehnologi. Ini sudah menjadi kebijakan karena diatur dalam peraturan bersama antara Menteri Riset dan Tehnologi ( menristek ) dan menteri dalam negeri (mendagri) No 03/36 Tahun 2012. Terdapat 3 agenda penting dalam kebijakan ini, yaitu peningkatan kapasitas pemda terkait dengan HKI, Daya Saing Daerah dan Mp3EI. Jadi secara jelas pemerintah mempunyai kewajiban untuk melakukan penguatan inovasi daerah secara terarah dan berkesinambungan, jelasnya.
Rektor UNISBANK Semarang, Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.,CN,MM dalam sambutannya mengatakan, kerjasasama ini kita yakini tidak hanya sekedar bermanfaat bagi kedua lembaga (UNISBANK) dan Balitbang Jateng, tetapi kita yakin akan bermanfaat juga bagi masyarakat dan dunia usaha, hal inilah yang sejalan dengan komitmen UNISBANK dalam memajukan kewirausahaan masyarakatnya.

Dalam workshop ini diakhir testimoni dari Irhamto, salah satu tokoh masyarakat yang mampu menciptakan mesin pompa air tenaga kincir air. Dengan inovasi ini, kita mampu memberkan manfaat bagi Desa Mertasari,Kecamatan Purwonegoro,Kabupaten Banjarnegara menikmati keberadaan sumber air di wilayah ini, sebelum adanya inovasi ini, masyarakat harus berjalan kurang lebih 0,5 Km untuk mengambil air, jelasnya.

 
UNISBANK Raih hibah Penelitian 1,70 milyar

UNISBANK Raih hibah Penelitian 1,70 milyar.Universitas  Stikubank  (UNISBANK)  Semarang  kembali  menorehkan  prestasinya.  Sejumlah  29proposal mendapatkan hibah berupa penelitian dan pengabdian masyarakat. Terdapat 3 jenis penelitandan pengabdian yang didanai dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti),  yaitu penelitiandesentralisasi,penelitian kompetitif dan hibah pengabdian. Rinciannya adalah  penelitian desentralisasisejumlah  Rp  887.000.000,  Penelitian  kompetitif  nasional  Rp  150.000.000  dan  hibah  pengabdianmasyaraakat  sejumlah  Rp  133.000.000.  Jadi  total  penerimaan  hibah  penelitian  dan  pengabdianmasyarakat sejumlah Rp.1.170.000.000.

Ketua Lembaga  Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat  (LPPM) UNISBANK Semarang,Dr. Endang Tjahjaningsih, M.Kom  menuturkan,  secara  kuantitatif  jumlah  penelitian  dan  pengabdianmasyarakat yang UNISBANK lakukan meningkat dari tahun sebelumnya. Tahun 2014, ada 20 proposaldengan total  hibah sejumlah Rp 993 juta,  sedangkan tahun 2015,  sejumlah 29 proposal  dari  dosenberbagai fakultas di UNISBANK  ini mendapatkan Rp.1.170.000.000. peningkatan jumlah dosen,jumlahproposal  dan  anggaran  ini  menunjukkan  semangat  UNISBANK  untuk  selalu  berkontribusi  dalampengembangan ilmu dan pengetahuan bagi masyarakat, ujarnya.

Hal  senada  disampaikan  Rektor  UNISBANK  Semarang,  Dr.H.Hasan  Abdul  Rozak,SH.,CN.,MM.menurutnya  UNISBANK  Secara  kelembagaan  bersama  sama  dengan  LPPM  akan  terus  menerusmendorong  dan  lebih  meningkatkan  partisipasi  dosen  dalam  melakukan  peneltian  dan  pengabdianmasyarakat.  Kita  meyakini  hasil  penelitian  dan  pengabdian  mampu  membawa  manfaat  bagimasyarakat,jelasnya.  Dalam  rangka  meningkatkan  kualitas  penelitian,  hari  ini  (3/2/2015)  di  kampusUNISBANK Kendeng kita menyelenggarakan diseminasi penelitian. Ada 6 (enam) dosen yang membagipengalaman dalam menyusun proposal sehingga lolos seleksi dan didanai oleh Dirjen Dikti, diantaranyaadalah  Andi  Kartika,SE,MM,  Dr.Caecila  Sri  Mindarti,SE,M,Si,Dr.  Rochmani,SH,M.Hum,Dr.  EndangTjahyaningsih,SE,M.Kom,Setyawan  Wibisono,S.Kom,M,CS,dan  Sri  Rahayuningsih,SE,MM.  Acaradiseminasi  ini  diharapkan mampu menularkan komitmen dengan dosen lainnya agar  terus berkarya,jelasnya.

 
Fakultas Tehnik UNISBANK Gelar Lomba Futsal

Tak seperti biasanya, Fanny Stadion di Jalan Soekarno Hatta 212 penuk sesak dengan pelajar SMA daribeberapa SMA dari Kabupaten Kendal,Kabupaten Demak dan Kota Semarang. Suara teriakan suporterterdengar  keras  ketika  tim fulsal  jagoannya  sedang  bertanding.  Suasana  inilah  yang  terekam dalamlomba fulsal antar pelajar SMA sekaresindenan Semarang yang digelar oleh Fakultas Tehnik UniversitasStkiubank (UNISBANK) Semarang.

Dekan FT UNISBANK Semarang,Antoni Yohanes,ST,MT menuturkan, Lomba futsal digelar mulai 4-6 maret2015. Kompetisi ini rutin kita selenggarakan setiap tahun sekali dan lomba kali ini adalah lomba yang ke5kaalinya kita gelar. Adapun maksud perlombaan ini tak lain adalah menumbuhkan sifat kompetisi yangsehat di tingkat pelajar SMA. Perkembangan pribadi pelajar SMA itu sedang mencari jati dirinya, dengankondisi ini penting kiranya mengarahkan pada generasi bangsa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yangpositif, jelasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Program Studi Fakultas Tehnik UNISBANK Semarang, Firman ArdiansyahEkoanindiyo,ST,MT. Menurutnya perlombaan fustsal antar pelajar SMA sekaresindenan Semarang akanmemperebutkan  tropi  dan  sertifikat  dan  juga  uang  tunai  pembinaan.  Juara  1  memeproleh  Rp1.750.000,Juara  2  sebesar  Rp  1.250.000  dan  juara  3  sebesar  Rp  750.000.  Sedangkan  pemain  yangmemperoleh top skor memperoleh uang tunai sebesar Rp 200.000. hingga berita ini ditulis lomba futsalmasih berlangsung pada babak perempat final.

 
Kejati Beri Penyuluhan Hukum Bahaya Narkoba dan Pencucian Uang

Sebagai negara hukum,permasalahan sosial penyelesaiannya juga harus menggunakan hukum. Hukum harus ditegakkan demi kewibawaan hukum itu sendiri. Berbagai permasalahan soal eksekusi hukuman mati, penyalahgunaan narkoba hingga rekening gendut harus direspon atau diselesaikan dengan hukum. Demikian disampaikan Rektor Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang,Dr.H.Hasan Abdul Rozak,Sh.,CN.,MM ketika memberikan sambutan dalam acara Penerangan Hukum Tindak Pidana Narkoba dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang diselenggarakan kerjasama antara Fakultas Hukum UNISBANK Semarang dengan KejaksaanTinggi Jawa Tengah di Ruang Seminar Lantai ( Kampus UNISBANK Mugas, Jl Tri Lomba Juang No 01 Semarang.  Rektor UNISBANK Semarang berharap kerjasama antara Fakultas Hukum dengan Kejati Jateng tidak berhenti pada acara ini, namun terus berlanjut,khususnya untuk memberikan sumbangan pemikiran dalam memajukan dunia hukum.

Menurut Dekan Fakultas Hukum UNISBANK Semarang,Dr. Safik Faozi,SH,.M.Hum, Indonesia dapat dikatakan “Darurat Narkoba”, dampak penyalahgunaan narkoba sudah menyentuh remaja atau mahasiswa sebagai aset generasi bangsa. Penerangan hukum ini menjadi penting untuk diketahui mahasiswa,tidak hanya mahasiswa fakultas hukum saja, namun mahasiswa dari fakultas lainnya juga. Penting juga bagi mahasiswa untuk mengetahui soal kasus kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU), jangan sampai kalau kita diberikan sesuatu ternyata itu diketahui dari hasil tindak pidana, ungkapnya.

Hadir sebagai pemateri adalah Donny Eko,SH,MH Jaksa Fungsional Kejati Jateng dan Efendi,SH,MH. Menurut Donny Eko,SH, Jaksa Fungsional yang baru saja pindah dari Kejaksaan Negeri Bantul ini menjelaskan, Acara ini adalah program rutin yang diselenggarakan oleh Kejati Jawa Tengah dengan beberapa kampus di Jawa Tengah. Mahasiswa mempunyai peran penting karena sebagai salah satu aktor atau agen perubahan. Dengan memahami soal narkoba dan TPPU ini, diharapkan mereka akan menyebarkan virus anti narkoba, jelasnya.

Hal senada disampaikan oleh Efendi,SH.,MH, menurutkan banyak kasus kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang muncul, seperti kasus Ahmad Fatonah dalam kasus pengurusan kasus daging sapi impor ataupun Inong Malinda dee yang melakukan penggelapan dana nasabah bank. Dalam kasus TPPU pada dasarnya sama, yaitu menyamarkan harta yang seolah olah didapatkan secara sah atau legal, padahal asalnya dari kejahatan, jelasnya.

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 7 of 109