Berita Terbaru

The latest news from the Joomla! Team

Unisbank bersama Dinsos Jateng Lounching WARUNG SOSIAL

 

(Semarang, 22 Mei 2017) Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang dan Dinas Sosial Jawa Tengah kembali memperkuat kerjasama dalam pengembangan ekonomi bagi penghuni panti sosial. Jalinan kerjasama ini dituangkan dalam bentuk penandatanganan kerjasama antara Unisbank Semarang dengan Dinas Sosial Jawa Tengah. kerjasama ini ditandatangani oleh Rektor Unisbank Semarang, Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN.MM dan Kepala Dinas Sosial Jawa Tengah Drs. Nur Hadi Amiyanto, M.Ed. di panti pelayanan sosial anak wira adhi karya Ungaran,Kabupaten Semarang.

Selain penandatanganan kerjasama, hari itu juga di lounching WARUNG SOSIAL sebuah kelembagaan usaha yang nantinya dikelola oleh para penghuni panti sosial. Terdapat (3) jenis usaha, yaitu Bengkel Motor dan penjualan sparepart, Cuci Motor dan toko kelontong. Rektor Unisbank Semarang, Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN.MM menuturkan, lounching WARUNG SOSIAL bukan kali pertama dilakukan bersama dengan dinas sosial Jateng, sebelumnya tahun 2014 lalu juga telah didirikan WARUNG SOSIAL di Balai Rehabilitasi Sosial Semarang II, Jl. Amposari Semarang.

Mantan Kepala Program Pariwisata Unisbank ini menyambut baik atas kerjasama dengan dinas sosial untuk pengembangan kewirausahaan, apalagi Unisbank Semarang sudah memposisikan sebagai kampus yang berbasis Entrepreneur. Bersama dengan para mentor jajaran staf pengajar Unisbank Semarang dan Dinsos Jateng akan terus melakukan pendampingan WARUNG SOSIAL ini secara berkesinambungan. Penanganan masalah ekonomi para penghuni panti sosial bukan kegiatan belas kasihan semata, namun harus dilaksanakan secara berkesinambungan, sistematis dan komprehensif didukung kapasitas SDM bermutu dengan sentuhan ilmu, profesi dan praktik pekerjaan sosial, kerjasama ini tidakhanya mencakup di lingkup siswa panti rehabilitasi saja, namun juga mencakup pengembangan SDM lingkungan DInas Sosial untuk meningkatkan kapasitasnya, jelasnya.

Keterangan Foto : Rektor dan Dinsos Tanda tangan MOU

UNISBANK gelar Ekspo & Kompetisi Kewirausahaan 2017

 

(Semarang, 19 Mei 2017).  Berbagai olahan kuliner,kerajinan,pernak pernik cinderamata mewarnai dalam kegiatan kompetisi dan  ekspo kewirausahaan mahasiswa Unisbank 2017. Acara ini merupakan bentuk konsistensi Unisbank Semarang sebagai kampus berbasis kewirausahaan. Kompetisi dan ekspo usaha para mahasiswa Unisbank juga digelar pada mei 2016 tahun lalu. Sebanyak kurang lebih 130 jenis usaha mahasiswa dipamerkan dalam kegiatan ini, mulai dari kuliner,kerajinan,pernak pernik cinderamata hingga usaha jasa. Ketua Pusat Pegembagan Bisnis dan Kewirausahaan (P2BK) Unisbank Fitika Andraini,SH.M.Kn ketika diwawancana menuturkan, dalam kompetisi kewirausahaan yang menjadi parameter penilaian adalah soal menejemen keuangan, proses pemasaran hingga model kelola usaha itu sendiri.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Panitia Fatkhul Amin,S.Kom,M.Cs. Amin membeberkan, Total Judul atau tim yang masuk seleksi berjumlah 130 judul jenis usaha dan  terpilih 70 judul lolos sebagai peserta EKSPO BISNIS. Amin menambahkan Dari 70 judul ide bisnis tersebut, lolos 35 besar finalis yang berhak megikuti seleksi penjurian menuju 5 besar finalis. Proses penjurian terdiri dari: Penjurian Proposal, Presentasi di hadapan dewan juri independen (di luar pembimbing atau dosen pengajar Kewirausahaan). Setelah melalui proses penilaian, terpilih jenis usaha terbaik, diataranya adalah (1) Er-C Advertisement dari Progdi D3 Manajemen Informatika (Juara 1) dengan hadiah tunai 2 juta, (2) My Gedank (Aneka Olahan Pisang Yang Lezat, Nimat, dan Murah) dari mahasiswa S1 Akuntansi (Juara 2) 1,5juta, (3) Chizkek Mantan jenis usaha biscuit dari mahasiswa  D3 Keuangan Perbankan (Juara 3) 1juta (4) Backlight Interactive jenis usaha jasa pembuatan website mahasiswa S1 Sistem Informasi (Harapan 1) 600 ribu dan juara (5) Es Cream Biji Alpukat dari mahasiswa  D3 Perhotelan (Harapan 2) 400 ribu.

Sri Mulyani, S.Kom., M.Kom salah satu dosen pembimbing kewirausahaan mahasiswa yang juga panitia acara menambahkan. Selain pemberian kepada mahasiswa yang memenangkan kompetisi usaha, panitia juga memberikan uang pembinaan kepada 5 (lima) pemilik stand ekspo, diantaranya Stand Terbaik : KWENI (Kertas Werna-Werni) S1 Akuntansi, Stand Favorit : Pemanfaatan Biji Salak Menjadi Kopi untuk Kesehatan S1 Manajemen, Stand Kreatif : Jasa Design Fotografi S1 Teknik Informatika, dan kategori Stand Inovatif, yaitu Rotum Terong S1 Manajemen. Masing kategori pemenang stand berhak mendapatkan uang pembinaan masing masing 1 juta rupiah.

Tampak hadir pembantu Rektor 1 Unisbank Semarang, Dr.Taswan,M.Si memberikan hadiah uang tunai dan sertifikat penghargaan kepada mahasiswa Unisbank Semarang.

Workshop Nasional Sistem Akreditasi Perguruan


Tinggi On Line (SAPTO) dan Standart Kompetensi Kerja

Nasional Indonesia (SKKNI)

Kerjasama Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) dan Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang

Semarang,  9-10 Mei 2017

Program Vokasi atau Diploma Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang yang terdiri dari Prodi D3 Keuangan dan Perbankan; D3 Perhotelan; dan D3 Manajemen Informatika pada saat ini menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta di kota Semarang yang tergabung di dalam Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI).

Kegiatan Workshop Workshop Nasional Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi On Line (SAPTO) dan Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) diselenggarakan pada tanggal 9-10 Mei 2017 di Kampus Kendeng Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang merupakan Kerjasama anatara Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) dan Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang.

Kegiatan Workshop Nasional SAPTO dan SKKNI ini dibuka secara langsung oleh Koordinator Kopertis Wilayah VI Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto, M.Pd.,Kons. Beliau menyambut dengan baik dan bangga terhadap UNISBANK karena telah menginisiasi kegiatan workshop nasional SAPTO bagi program studi vokasi yang sangat terkait dengan Pelaksanaan Akreditasi Online 2017 yang telah ditetapkan oleh BAN-PT.

Keberadaan FPTVI dan UNISBANK menjadi salah satu anggotanya merupakan bentuk support yang nyata terhadap Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek DIKTI) dalam rangka mengoptimalkan revitalisasi pendidikan vokasi untuk meningkatkan jumlah lulusan yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan dunia industri. Akreditasi A untuk Program Studi Vokasi Non Politeknik sampai saat ini masih sulit untuk diperoleh. Sesuai dengan SK BAN PT tahun 2014 Prodi D3 Keuangan dan Perbankan UNISBANK  dipercaya untuk mendapatkan Akreditasi A.

Lebih lanjut Rektor UNISBANK Dr. H. Hasan Abdul Rozak, SH., CH., MM menyampaikan bahwa UNISBANK terus berbenah dan berproses untuk lebih meningkatkan kualitas lulusan terutama di prodi vokasi dengan melengkapi mereka di bidang sertifikasi kompetensi khusus yang sesuai dengan industry. Lembaga sertifikasi yang berlisensi internasional dan nasional yang kredibel menjadi pilihan bagi mahasiswa untuk memperoleh sertifikasi kompetensi sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Kegiatan workshop nasional ini dihadiri oleh 70 peserta yang terdiri dari 25 Perguruan Tinggi Negeri, Swasta, Sekolah Tinggi, dan Akademi se Indonesia. Pengurus FPTVI yang hadir dalam kesempatan ini adalah Wakil Ketua-1 Dr. Ir. Wawan Oktariza, MS. Struktural Program Diploma Institut Pertanian Bogor (IPB).

Unisbank targetkan 2018 Raih Akreditasi Unggul

Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang berkomitmen untuk mewujudkan akreditasi unggul yang akan dicapai 2018 tahun depan. Sebelumnya Unisbank secara imstitusi telah meraih akreditasi B, dalam rangka memenuhi Akeditasi unggul inilah hari ini kita sudah hadirkan Sekretaris Dirjend Kelembagaan Kemenristekdikri, Dr.Ir. Agus Indarjo,M.Ph dan Koordinator Kopertis Wilayah VI, Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto, M.Pd.,Kons. Demikian disampaikan oleh Rektor Unisbank Semarang, Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN.MM pada sambutanya dalam acara Sosialisasi Kebijakan dan Fasilitasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di kampus Unisbank Mugas Semarang, ( Jum’at, 12 Mei 2017 ).

Acara Sosialisasi Kebijakan dan Fasilitasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dihadiri oleh seluruh Dosen dan pejabat struktural Unisbank. , Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto, M.Pd.,Kons ketika membuka acara ini menuturkan, target Unisbank Semarang untuk mencapai akreditasi unggul bukanlah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan kerjasama bagi seluruh jajaran struktural beserja staf pengajarnya. Kebijakan sekarang, sebuah Perguruan Tinggi harus mampu memenuhi 9 (Sembilan) standart penilaian yang sebelumnya hanya 7 (tujuh) saja. Saya yakin dan optimis serta dukung penuh semangat Unisbank ini, saya sudah melihat keseriusan ini ketika 2 (dua) sebelumnya Progdi yaitu akuntansi dan Keuangan perbankan Unisbank meraih akreditas A. Disusul juga diraihnya akreditasi institusi Unisbank yang meraih B, ini bukan pekerjaan mudah, karena dari 251 PT di Jawa Tengah hanya 27 PT yang mendapat akreditasi B, salah satunya Unisbank Semarang. mudah – mudahan target Unisbank tercapai, jelasnya.

Pada materi yang disampaikan dihadapan pejabat struktural Unisbank Semarang, Sekretaris Dirjend Kelembagaan Kemenristekdikri, Dr.Ir. Agus Indarjo,M.Ph menuturkan, indicator kinerja kemenristekdikti itu adalah peningkatan daya saing bangsa dan pertumbuhan ekonominya. Salah satunya dilakukan dengan selalu mendorong mutu perguruan tinggi. Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi Merupakan Prioritas Pertama Dari Rencana Strategis Dikti 2015 – 2019, jelasnya.

Agus Indarjo menambahkan, untuk mencapai PT unggul, maka Unisbank Semarang harus terus dipacu untuk memenuhi 4 indikatornya, yaitu kualitas dosen, akreditasi progdi dan institusi, kualitas kegiatan kemahasiswaan dan tak kalah penting adalah kualitas penelitian,tuturnya.

BABAHE semarakkan Cultural Festival Unisbank 2017

Cultural Festival Unisbank 2017 kembali di gelar oleh Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya (FBIB) Unisbank Semarang Jum’at 21 April 2017. tema semangat Kartini terlihat dari cara berpakaian para mahasiswa yang menampilkan kemampuannya. Semua mengenakan budaya tradisional kebaya dan berbalut kain jarit walaupun dengan desain yang sedikit beda. Seperti tahun sebelumnya, berbagai seni ditampilkan, mulai dari geguritan, puisi, menyanyi hingga drama dan dongeng yang semuanya dikemas dan disajikan dalam bahasa inggris.

Dekan FBIB Unisbank Semarang Dr. Sugeng Purwanto dalam sambutan pembukaan acara menuturkan, Cultural Festival sudah yang kelima kalinya kita gelar di taman pandanaran depan kampus Unisbank Mugas. Ini adalah acara rutin tahunan yang mudah mudahan dapat dijadikan sarana mahasiswa mengekspresikan kemampuannya. Temanya masih seputar memperingati hari kartini yang jatuh pada tanggal 21 April ini.  Kita berharap semangat kartini benar benar muncul dalam diri mahasiswa, pakaian kebaya dan jarit hanyalah tradisi masyarakat jawa yang tetap penting untuk dilestarikan. Namun demikian peringatan hari kartini mudah mudahan bukan sekedar diperingati dengan memakai pakaian tradisional, naman makna lebih dalamnya adalah meneruskan semangat juang kartini dalam emansipasi perempuan dalam berbagai bidang, ujarnya.

Suasana rintik hujan yang mengguyur taman pandanaran tak menyurutkan para mahasiswa lain yang menikmati acara ini dari sore hari hingga malam. Apalagi selepas matahari tenggelam, muncul sosok budayawan Semarang, Widyo “BABAHE” Leksono. Para penonton yang juga masyarakat sekitar taman pandanaran terpukau ketika BABAHE mulai membawakan geguritan. Agnes Widyaningrum, salah satu dosen FBIB menuturkan, BABAHE kita hadirkan untuk memberikan semangat sekaligus motivasi bagai mahasiswa untuk terus berkesenian,ujarnya.