Berita Terbaru

The latest news from the Joomla! Team

Unisbank Semarang Tambah 3 (tiga) Doktor

Kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia jajaran staf pengajar di Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang terus ditingkatkan. Hal ini tak lebih untuk meningkatkan kualitas mahasiswa atau lulusan Unisbank Semarang. selama rentang waktu dua minggu ini, Unisbank Semarang telah menambah 3 (tiga) doctor karena baru saja menyelesaikan studi program Strata tiga (program doctor), diantaranya pertama adalah Sri Nawatmi,SE.M.S, dan  Drs. Agus Budi Santosa, M.Si, keduanya adalah dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB),dan yang ketiga adalah Kristophorus Hadiono yang merupakan dosen Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Unisbank Semarang.

Kristophorus Hadiono baru saja menyelesaikan program doktornya di Assumption University of Thailand. Dosen  muda FTI Unisbank ini mampu mempertahankan penelitian atau disertasinya yang berjudul Pemanfaatan dan penerapan aritmatika interval untuk mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan dihadapan jajaran penguji di Fakultas Science and Technology University of Thailand. Sedangkan Drs. Agus Budi Santosa, M.Si memilih melakukan penelitian dengan disertasi mengenai nilai tukar rupiah terhadap ekonomi nasional di program doktor ekonomi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Dosen berprestasi tahun 2008 ini pernah mendapatkan anugerah dosen berprestasi dari Unisbank dengan mendapatkan penghargaan Nara Satya Karya Pratama. Sedangkan yang ketiga adalah Sri Nawatmi,SE.M.Si salah satu dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank (Unisbank)  Semarang mampu mempertahankan hasil penelitiannya di hadapan 8 penguji Program Doktor ilmu ekonomi Universitas Diponegoro (Undip)  Semarang. Perempuan yang lahir pada tahun 1967 silam ini mengampu mata kuliah Ekonomi Makro dan perbankan syariah, sehingga tidak heran jika disertasinya melakukan penelitian soal ekonomi yang diberi judul Inflasi Indonesia di era globalisasi, antara perspektif Country dan Global Centric.

Pembantu Rektor 1 Unisbank Semarang, Dr.Taswan,M,Si ini memberikan apresiasi terhadap ketiga dosen Unisbank yang baru menyelesaikan program doktornya. Mudah-mudahan ini akan semakin memperkuat Unisbank guna menciptakan pendidikan yang berkualitas. Tidak hanya itu saja, dengan kelulusan terhadap 3 doktor Unisbank ini mudah-mudahan menjadi motivasi bagi dosen lain untuk terus belajar dan terus melanjutkan studinya, harapnya.

Unisbank Gelar Asian Symposium on Printing Technology (ASPT) 2016

Sebanyak 8 (delapan) Negara ( Filipina, Thailand, Vietnam, India, Indonesia, Jepang, Singapore, dan Malaysia) akan menghadiri Asian Symposium on Printing Technology (ASPT) 2016 yang akan digelar pada tanggal 5-8 Oktober 2016 di Jakarta di Seminar Room B2 JIekspo Jakarta. Acara ini hasil kerjasama antara Universitas Sikubank (Unisbank) Semarang dengan Polimedia Jakarta. Sejumlah 8 (delapan) akademisi atau pemerhati digital printing dari 8 negara akan menyampaikan 15 kajian digital printing bagi kemajuan industri. Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Unisbank Semarang, Dr. Drs Yohanes Suhari M.Msi menuturkan, symposium ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan pertumbuhan sekaligus kemajuan pembangunan,khususnya industri cetak. Digital printing adalah metode pencetakan modern dalam mencetak gambar/citra digital yang diolah oleh komputer ke permukaan material atau media fisik oleh mesin cetak (printer). Dengan begini akan menyesuaikan kapasitas jumlah cetak dengan kebutuhan konsumen, jelasnya.

Suhari menambahkan, industry batik misalnya, dengan digital printing maka akan dapat dibuat dengan kwantitas yang besar serta desain yang tetap tidak meninggalkan batik dari sisi seni ataupun budaya bangsa, ujarnya. Hadir sebagai keynote speacker adalah Prof.Toshihari Enomae,Phd dari Jepang, Prof. Aran Hansubsei dari Thailand dan Rolando Rocha dari Philipina. Selain itu juga akan dipaparkan kajian oleh Muhammad Yusuf dari Malaysia, Prof.Nguyen Long Giang dari Vietnam, Chinmay Bhattaharya dari India, Prof Ronie Shingapore dan juga Adi Susanto, Phd dari Unisbank Semarang.

Hal senada disampaikan oleh Rektor Unisbank Semarang Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN.MM. menurutnya Asian Symposium on Printing Technology (ASPT) 2016 adalah rangkaian kegiatan yang digelar karena kerjasama antara Unisbank Semarang dengan institusi pemerintah,perguruan tinggi baik dalam ataupun luar negeri. Jauh sebelum kegiatan ini, Unisbank sudah bekerjasama dengan perguruan tinggi di Thailand,Singapore,Malaysia,Thailand, Tiongkok bahkan juga dengan Amerika Serikat. Diharapkan dengan berbagai kerjasama dan secara khusus  acara ASPT 2016 dapat bermanfaat bagi kemajuan indutri di Indonesia, harapnya.

 

PERADI Gandeng FH Unisbank Selenggarakan Pendidikan Advokat

Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) menjalin kerjasama dengan Fakultas Hukum (FH) Unisbank Semarang. Penandatanganan kerjasama diselenggarakan di Ruang Seminar FH Unisbank lantai 9, Kampus UNISBANK Mugas Semarang (22 September 2016) dan perjanjian kerjasama ditandatangani oleh Dekan Fakultas Hukum Unisbank, Dr.Safik Faozi,SH.M,Hum dan ketua DPC Peradi Semarang, Broto Hastono,SH.MH. Ke depannya, kedua lembaga ini akan menyenggarakan pendidikan khusus profesi advokat (PKPA). Menurut ketua DPC Semarang, Broto Hastono,SH.MH,  PKPA nantinya akan sedikit diubah dan disesuaikan kurikulumnya, dengan begitu diharapkan akan lahir para advokat yang benar benar menjaga martabat penegakan hukum di Indonesia Ujarnya.
Seusai penandatanganan kerjasama, juga diselenggarakan diskusi publik dengan mengambil tema "Amnesty Pajak bikin Resah atau Bungah?" dengan narasumber Dosen Fakultas Hukum Unisbank  Dr. Tristiana Rijanti,SH.MM, Broto Hastono,SH.MH dan Yurnalis RY,SH,MM.MH Kasi Evaluasi Keberatan, Banding dan pengurangan kanwil Pajak Jawa Tengah. Dr.Tristiana Rijanti,SH.MM mengatakan, saat ini APBN kita masih menjadikan pajak sebagai sumber pendapatan utama.  Sementara itu, Sumber daya alam belum mampu menyumbangkan secara signifikan terhadap APBN. Namun demikian kita harus evaluasi, karena penerimaan pajak selama 10 tahun terakhir ini belum sesuai target yang diharapkan.

Hal senada disampaikan oleh Yurnalis RY,SH,MM.MH Kasi Evaluasi Keberatan,Banding dan pengurangan kanwil Pajak Jawa Tengah. menurutnya dengan Amnesty pajak ini kita dapat meningkatkan ABPN kita. Ini menjadi penting karena dengan pajak akan digunakan berbagai kepentingan pembanguan bangsa. Amnesty dapat dikatakan sebagai rekonsialiasi, masih banyak harta milik pajak yang ditempatkan di luar negeri. Dengan amnesty wajib pajak dapat secara suka rela melaporkan dan membayar uang tebusan, ini sesuai dengan tagline kita, Ungkap, Tebus, Lega, ujarnya. Sedangkan ketua DPC Peradi Semarang Broto Hastono,SH.MH  mengharapkan slogan bayar pajaknya dan awasi penggunaannya masih relevan untuk diimplementasikan, hal dikarenakan penyelewengan pajak masih terus terjadi. Amnesty pajak masih menjadi hal yang baru bagi masyarakat, apalagi sosialisasi lebih banyak di kantor pemerintah dan kepolisian, ujarnya.

Tingkatkan SDM pariwisata, FPAR gelar PDSP

 

Proses belajar di perguruan tinggi,khususnya di Unisbank Semarang sudah mulai aktif sejak 5 September 2016. Rangkaian kegiatan Campus Trip dan Pengenalan kegiatan akademik dan kemahasiswaan (PEKAKU) baru saja usai. Namun hal ini berbeda dengan mahasiswa Fakultas Pariwisata. Sebelum kegiatan kuliah aktif, mahasiswa fakultas pariwisata wajib mengikuti Pembinaan Disiplin dan Sikap Profesi (PDSP).  Kegiatan PDSP dimulai pada sejak tanggal 6 hingga 8 september 2016 dan  hari ini Selasa, 13 September 2016, PDSP diakhir di fakultas pariwisata Unisbank Kendeng Semarang dan ditandai dengan kuliah perdana.
Dekan Fakultas Pariwisata Unisbank Semarang, Artin Bayu Mukti, Artin ,A.Par.,M.Par mengatakan, PDSP adalah awal pembinaan terhadap mahasiswa baru untuk selalu disiplin terhadap dirinya dan lingkungan sosial serta menjaga sikap sebagai professional. Kedisiplinan wajib dimiliki oleh pelaku pariwisata, apalagi yang berkaitan dengan jasa atau pelayanan. Bahkan untuk menanamkan disiplin tinggi, kita menggandeng TNI Angkatan Darat, jelasnya. Selain itu, kita juga menyelenggarakan kuliah umum dengan narasumber Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata jawa Tengah, yaitu Trenggono, SE., M.Par.
Dalam kuliah umum itu, Trenggono, SE., M.Par menuturkan, prioritas Kabinet kerja Jokowi salah satu dari lima prioritas adalah pariwisata, lainnya adalah insfrastruktur,energi,kemaritiman dan pangan. Jadi pariwisata adalah menjadi hal sangat penting, jelasnya. Lebih jauh Trenggono menjelaskan, potensi pariwisata di Jawa Tengah sangat besar, ada 1742 hotel, 5 bandara, pelabuhan, restoran 2752 dan  648 BPW (Biro Perjalanan Wisata) serta 150 APW (Agen Perjalanan Wisata) dan belum termasuk obyek wisaya. Keberadaan potensi pariwisata inilah yang membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya. Trenggono mewakili DInas Pariwisata merasa senang dilibatkan oleh Fakultas Pariwisata, mudah-mudahan berkelanjutan dan dapat bersinergi membangun pariwisata di Jawa Tengah, harapnya.

 

Unisbank Lepas 5 Mahasiswa ke Tiongkok

Kerjasama antara Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang dengan perguruan tinggi dan pemerintah Tiongkok tidak hanya sebatas perjanjian yang tertulis semata. Namun demikian perjanjian kerjasama tersebut benar benar diimplementasikan dan dirasakan manfaatnya secara kelembagaan. Sebelumnya, Unisbank sudah menjalin kerjasama dengan Universitas Guangdong China. Bahkan belum lama ini Unisbank Semarang juga menggelar seminar internasional Seminar  Pemahaman Lintas Budaya antara Indonesia dan Tiongkok atau ‘The International Seminar of Cross Cultural Understanding Between Indonesia and Tiongkok’ bekerjasama dengan HeBei Normal University (HNU) Tiongkok.
Kini kerjasama dengan berbagai perguruang tinggi di Tiongkok juga diwujudkan dalam  program student Exchange Program atau pertukaran mahasiswa. Hari ini, Selasa 13 September 2015, sejumlah 5 (lima) mahasiswa Unisbank Semarang berpamitan dengan Rektor Unisbank Semarang Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH.CN.MM. Kelima mahasiswa Unisbank ini akan berangkat ke Tiongkok,tepatnya ke Zhejiang Yuejiang University of Foreign Language China, mulai dari 12 September 2016  hingga 10 Januari 2017. Kelima mahasiswa itu adalah Ajeng Aquina,Michael Surya P,Stevanny Andina dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis serta Joshua Gabril Kabes dan Sherli Junianingrum,keduanya dari Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya. Kelima mahasiswa tersebut akan didampingi oleh Pembantu Rektor 3, yaitu Dwi Agus Diartono,S.Kom,M.Kom dan dosen Unisbank Soegihartono,SE.MM.
Rektor Unisbank Semarang,Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH,CN.MM menuturkan, pertukaran mahasiswa ini merupakan salah satu program di Unisbank guna meningkatkan daya saing lulusan Unisbank secara Global. Diberlakukannya masyarakat ekonomi asean (MEA) jelas kita dipaksa agar mempunyai kompetensi dalam berbagai bidang dan mampu bersaing dengan tenaga kerja asing, jelasnya. Hasan menambahkan, dalam rangka itulah Unisbank menjalin kerjasama dengan perguruang tinggi di Malaysia,Thailand,Tiongkok,Singapura dan Amerika Serikat, jelasnya.