Berita Terbaru

The latest news from the Joomla! Team



MENINGKATKAN SILATURAHMI LEWAT BUKA BERSAMA LEMBAGA KEMAHASISWAAN
Puasa identik dengan kata-kata silaturahmi, berbagi, dan kebersamaan. Puasa identik juga dengan kegiatan Buka Bersama. Pada Senin, 14 Juli 2014 yang lalu, BEM U mengadakan acara Buka Bersama Lembaga Kemahasiswaan. Acara ini dihadiri oleh Rektor, Pembantu Rektor, Dekan, Kaprogdi, perwakilan dosen, dan perwakilan seluruh Lembaga Kemahasiswaan yang ada di lingkungan Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan antar seluruh keluarga besar Unisbank, khususnya seluruh pengurus aktifis yang ada di Unisbank. Hadir sebagai penceramah pada kesempatan kali ini adalah Bapak Drs. Rokh Eddy, M.Si.
Dalam kesempatanya beliau mengatakan bahwa, Bulan Suci Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, namun, tidak hanya di Bulan Ramadhan saja, melainkan di sepanjang hidup kita, kita harus selalu mendekatkan diri kepada yang kuasa.

Bulan Ramadhan memang merupakan momen yang tepat untuk meningkatkan tali silaturahmi, tidak hanya bagi umat muslim, namun juga bagi seluruh umat manusia, sehingga di Bulan yang penuh berkah ini, kita dapat meraih kebahagiaan dan ketenangan jiwa di dalam hidup.

 
"WARUNG SOSIAL" SEBAGAI MODEL INOVASI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL
Dalam upaya lebih meningkatkan jiwa kewirausahaan berbasis kesetiakawanan sosial, maka Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Universitas STikubank (UNISBANK) Semarang membuka "Warung Sosial" atau "Warsos" sebagai wahana dan model inovasi dibidang kewirausahaan sosial mahasiswa yang sekaligus terintegrasi dengan usaha penanganan permasalahan kesejahteraan sosial. Demikian pernyataan Rektor UNISBANK Dr. Hasan Abdul Rozak, SH, Cn, MM di sela-sela acara acara peresmian menturkan “Membangun Jiwa Kewirausahaan dalam Upaya Memperkokoh Kesetiakawanan Sosial merupakan hal positif yang dapat UNISBANK tangkap dan akan kami dukung sepenuhnya karena memeng kami UNISBANK telah mengkokohkan diri untuk menjadi Universitas yang berbasis Entrepreneur, dalam hal ini kami akan membekali mahasiswa dan melaksanakan pengabdian bagi masyarakat untuk menjai wirausaha mandiri”. Kegiatan peresmian warsos ini digelar di Balai Rehabilitasi Sosial Semarang II, Jl. Amposari Semarang yang merupakan lokasi dibukanya Warung Soaisl. Kegiatan tersebut diikuti oleh 100 peserta dari siswa binan Panti Rehabilitiasi dan para pejabat dikalangan Dinas Soaial serta Dosen dan Mentor yang nanti akan mendampingi kegiatan Warsos tersebut.

Selanjutnya, penanganan masalah sosial bukan kegiatan belas kasihan semata, namun harus dilaksanakan secara berkesinambungan, sistematis dan komprehensif didukung kapasitas SDM bermutu dengan sentuhan ilmu, profesi dan praktik pekerjaan sosial, kerjasama ini tidakhanya mencakup di lingkup siswa panti rehabilitasi saja, namun juga mencakup pengembangan SDM lingkungan DInas Sosial untuk meningkatkan kapasitasnya.

Dikemukakan bahwa pekerja sosial profesional, tenaga kesejahteraan sosial dan relawan sosial harus memiliki "Sikap Sosiawan". Dalam arti, mengabdi kepada masyarakat, karena cinta dan berterima kasih, serta tidak mengharap upah atau penghargaan atas pengabdiannya. Di masa mendatang, perlu diperkokoh kesetiakawanan sosial nasional supaya mampu mencegah kemungkinan terjadinya konflik sosial.

 
UNISBANK beri Motivasi Siswa di Kegiatan MOS

Motivator UNISBANK, Mr. Bambang SP memberikan motivasi kepada siswa baru di beberapa SMA/SMK di area Kendal, Weleri, Kudus dan Pati  dalam kegiatan Masa Orientasi Sekolah (MOS),. Dalam materinya, motivator yang suka dipanggil dengan sapaan “mister” ini memberi motivasi dengan judul “kenali Bakatmu Raik Prestasimu” kepada siswa agar dapat menjadi siswa yang berprestasi dan tidak ragu bercita-cita setinggi mungkin, karena hidup harus punya tujuan termasuk menimba ilmu tentu juga punya tujuan. "Sejumlah kunci sukses mencapai tujuan, antara lain harus percaya diri, banyak orang pintar tapi tidak percaya diri, tanamkan prinsip dalam diri berbuat sesuatu yang positif, kenapa orang lain bisa saya tidak bisa," kata nya dihadapan para siswa.
Mister mencotohkan, saat dirinya sekolah dulu termasuk siswa yang memliki nilai kurang dari rata rata, namun dengan tekad kuad dan minat bejalar akhirnya dia dapat melanjutkan ke perguruan tinggi. Selain itu mister juga memberikan semangat kepada siswa jika nanti pekerjaan mungkin akan berbeda dengan jurusan yang mereka ambil, itu tidak masalah katanya
Kegiatan MOS ini memang bertepatan dengan bulan ramadhan, hal ini dimanfaatkan oleh beberapa sekolah yang menyelenggarakan MOS sekaligus memupuk keimanan dan memotivasi siswa supaya lebih mantab menjalani 3 tahun kedepan sebagai masa sekolahnya. “adik adik selamat bergulat dengan perjuangan kalian untuk masadepan kalian” tutup mister dalam penyampaian motivasinya di beberpa sekolah.

 
Unisbank Peroleh Program CAE-Dikti
MUGAS - Universitas Stikubank (Unisbank) mendapatkan dana dari Ditjen Dikti dalam kaitan program Cooperative Academic Education (CAE) atau Program Belajar Bekerja Terpadu (PBBT) di dunia industri/dunia usaha mikro-kecil menengah (UMKM) 2014.

Pembantu Rektor III Unisbank, Dwi Agus Diartono mengatakan, prestasi ini merupakan kali ketiga yang diraih lembaganya. Unisbank juga pernah mendapat dana hibah serupa pada 2012 dan 2013. Apa kiat mendapatkan dana hibah berturut-turut? Menurut Dwi Agus, keberhasilan mengembangkan program kewirausahaan bagi mahasiswa dan UMKM tersebut tak lepas dari kerja sama yang dilakukan Unisbank dengan Jaringan Rumah Usaha (JRU), serta dukungan dari Kadin Jawa Tengah.

Kerja Sama

Upaya meningkatkan peran kewirausahaan di masyarakat juga tak bisa dilepaskan dari kerja sama Unisbank dengan Success Community (SC), Dinas Koperasi Jawa Tengah, Dinas Sosial Jawa Tengah, Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia (AKSI), serta Bank Indonesia.

”Dalam presentasi di Jakarta, Unisbank ditunjuk tim reviewer dari Ditjen Dikti untuk menyampaikan kiat sukses dalam penyelenggaraan PBBT dan kegiatan kewirausahaan,” ujar Dwi Agus.

Keberhasilan Unisbank mendapat penilaian sebagai perguruan tinggi yang berkomitmen dalam menciptakan wirausahawan muda melalui dunia kampus. Unisbank juga bersedia sebagai tempat penyelenggaraan Sarasehan Expo Program Cooperative Academic Education dan kewirausahaan nasional pada November mendatang.

 
Unisbank Dapatkan Hibah Co-op Ketiga
Universitas Stikubank pada tahun 2014 ini mendapatkan hibah untuk penyelenggaran Program Belajar Bekerja Terpadu (PBBT) dari Ditjen Dikti Kemendiknas. Hibah ini merupakan periode ketiga setelah dua tahun berturut-turut sejak 2012 dan 2013, Unisbank mendapat kepercayaan untuk menjalankan program ini. PBBT ini merupakan salah satu bentuk implementasi pola kewirausahaan di perguruan tinggi melalui kegiatan penempatan mahasiswa di UMKM yang menjadi mitra perguruan tinggi. Penempatan tersebut bukan hanya sekadar pemagangan bekerja saja tetapi juga merupakan transfer semangat kewirausahaan sehingga diharapkan mahasiswa memiliki kesadaran untuk menjadi wirausaha setelah menyelesaikan pendidikan tinggi.
Program ini di Unisbank menjadi salah satu program yang diminati oleh mahasiswa sebagai bentuk inkubasi mereka menjadi mahasiswa wirausaha muda Unisbank. Hal ini dikarenakan selama 2 tahun berturut-turut penyelenggaraan, mahasiswa benar-benar diinspirasi untuk tidak hanya sekadar mengimplementasikan pengetahuan yang didapatkan di kampus, tetapi juga dimotivasi menjadi wirausaha dalam skala apapun. "Nilai tambah penyelenggaraan PBBT di tempat kami adalah setiap tahun selalu saja ada inisiasi wirausaha baru yang menjadi lokasi pemagangan bagi peserta program PBBT selanjutnya," papar Dr. Hasan Abdul Rozak, Rektor Universitas Stikubank.
Untuk penyelenggaraan periode ketiga ini, Unisbank akan melibatkan 10 mahasiswa dan 5 UMKM. Di antara kelimanya, ada 3 UMKM yang merupakan milik dari mahasiswa peserta program sebelumnya yang kini mulai membuka usaha. "Melalui program PBBT ini, mahasiswa memang didorong untuk membuka usaha dengan modal inisiatif dari kompensasi yang diterima dari program," tutur Matius Luter, salah satu peserta PBBT 2013 yang kini memiliki usaha syuting video. Proses pendampingan dalam PBBT ini diintegrasikan dalam program pendampingan kewirausahaan antara Universitas Stikubank bersama dengan Kadin Jawa Tengah dan Jaringan RumahUSAHA (JRU).
Lebih lanjut disampaikan Rektor Unisbank, pada tahun ketiga ini pula, Unisbank juga telah menyampaikan inisiatif untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan ekspo kewirausahaan mahasiswa tingkat nasional yang diinisiasi oleh Kemendiknas rencananya pada November 2014 ini. "Ekspo ini bagi kami strategis sebagai salah satu spirit kami senantiasa mengedepankan visi sebagai entrepreneurial universitas berbasis teknologi informasi," tambah beliau. Unisbank selama ini juga telah mendapat apresiasi dari Kadin Jawa Tengah sebagai salah satu universitas yang memiliki komitmen berkelanjutan untuk mengembangkan kewirausahaan bagi mahasiswa dan lulusannya. Ini semua dilakukan sebagai komitmen menjadi solusi bagi persoalan masyarakat di mana lulusan perguruan tinggi bukan hanya menambah populasi angkatan kerja, tetapi juga menciptakan lapangan kerja bagi sesamanya.

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 7 of 97