Berita Terbaru

The latest news from the Joomla! Team



Unisbank Jalin Kerjasama dengan Succsess Community dan Jaringan Rumah Usaha

Dalam rangka mengembangkan sikap wirausaha bagi mahasiswa, pada hari Selasa,04 Februari 2014 di Kampus Mugas, Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang kembali menjalin kerjasama dengan Sucsess Community.  Dalam sambutannya, Rektor UNISBANK Semarang, Dr.Hasan Abdul Rozak,SH,CN,MM mengatakan, baik UNISBANK maupun Succsess Community mempunyai sumber sumber kemampuan dan potensi yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan, sehingga kita meyakini pasti akan bermanfaat bagi kedua lembaga. Sebelumnya, UNISBANK Semarang juga sudah melakukan kerjasama dengan Jaringan Rumah Usaha (JRU). Sehingga kerjasama ini hanyalah menformalkan saja karena sebelumnya sudah bekerja bersama sama.

Rektor Unisbank menambahkan, Kedua lembaga mengkonsentrasikan diri dalam mengembangkan semangat dan kewirausahaan bagi lingkungan akademika di UNISBANK Semarang. Baik JRU maupun Succsess Community akan Bersinergi dengan Pusat Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan (P2BK)  UNISBANK melakukan praktik praktik pendampingan kewirausahaan terhadap mahasiswa sebagai pembentukan entitas riil kewirausahaan. Selain itu, juga melakukan praktik praktik pemberdayaan sosial kemasyarakatan yang bermanfaat untuk mengembangkan ekonomi mikro. Tidak kalah penting adalah melakukan riset dan penelitian secara bersama sama, sehingga akan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan kajian kewirausahaan. Dari data kita,lulusan UNISBANK sejumlah 83 persen masih menggantungkan pemberi kerja,sedangkan 17 persennya sudah mampu mandiri dan menciptakan usaha,jelasnya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua P2BK, Fitika Andraini,SH,MKn, UNISBANK dan lembaga mitra sudah melakukan pendampingan riil terhadap mahasiswa yang mempunyai potensi dan komitmen kuat untuk melakukan usaha. Paling tidak dorongan yang sudah kita lakukan telah menghasilkan beberapa mahasiswa yang meraih hibah bersaing modal usaha dari Bank Indonesia dan UMKM Jawa Tengah. Mereka mendapatkan modal usaha untuk bisnis, ada yang usaha roti,kaos sablon,ice krim goring,barakopi hingga pernak pernik lainnya. Bahkan secara kelembagaan kita fasilitasi mahasiswa tempat usaha di kampus, bahkan dari usaha mahasiswa ini, omsetnya mencapai hingga 4 juta perbulan,jelasnya. Dalam penandatanganan MOU ini, Fitika berharap bahwa proses coaching, mentoring, pendampingan dan pelatihan mahasiswa dalam bidang kewirausahaan akan lebih focus terhadap bidang ilmu yang dimilikinya.

Sedangkan Direktur Succsess Community, Yance Chan mengatakan kita akan bersama sama dengan UNISBANK, khususnya P2BK akan merealisasikan konsep UNISBANK Succsess Bisnis School, dengan melakukan pendampingan maupun pendidikan, semoga nantinya akan melahirkan orang orang sukses, jelasnya.

 

 

 
Dojo UNISBANK Juarai Piala Rektor Cup

Dojo UNISBANK  Juarai Piala Rektor CupMinggu,  26/01/2014,  Sejumlah atlit  Dojo Shinkyokushin Karate  memenuhi halaman parkir Kampus Universitas Stikubank (UNISBANK). Ada 110 atlit melakukan pemanasan sebelum bertanding  memperebutkan Piala  Rektor  UNISBANK Kejurda antar Dojo Shinkyokushin Karate se Jawa Tengah dan Yogyakarta. Acara berlangsung selama  (1)  satu  hari  dan  dibuka  oleh  Rektor  UNISBANK,Dr  Hasan  Abdul Rozak,SH,CN,MM. ada 110 atlit yang memperbutkan 15 kelas yang dipertandingkan, yaitu  Kelas  Putra  sampai  70 kg,Kelas  yunior  usia  10-14 tahun,kelas  bebas Putrisenior dan kelas kata, baik jurus perseorangan ataupun beregu.

Rektor Unisbank, Dr Hasan Abdul Rozak,SH,CN,MM mengatakan, kejuaraan ini merupakan sarana  mencari bibit atlit sehingga semakin berprestasi dan membawanama  baik   Jawa  Tengah.  Sportifitas  menjadi  hal  yang  paling  penting  dalam kejuaraan ini, maka kita melibatkan wasit  bersertifikat dan kompeten. Kita akan dukung  olah  raga  karate  ini  dalam  bentuk  pembinaan  serta  penyelenggaraankejuaraan secara rutin, dengan demikian akan muncul bibit muda yang berkualitas, terangnya.

Hal senada juga disampaikan, Pembina tim Dojo Unisbank. Dr. Alimudin RizalR, SE.,MM. Pengurus Daerah (Pengda) Shinkyokushin Karate  Jateng ini menjelaskan, Kejuaraan Nasional  (kejurnas)  setiap  tahun pasti  ada, maka kejuaraan seperti  inis angat  bermanfaat  sebagai  sarana  latihan  dan  melatih  mental  para  atlit  dojo, tuturnya.  Dibutuhkan  dukungan dari  berbagai  pihak  untuk  memajukan olah raga Dojo Shinkyokushin Karate, termasuk dukungan pemerintah. Event kejuaraan seperti ini harus terus  menerus dilakukan agar muncul bibit  muda berkualitas sehingga meningkatkan prestasinya.

Kejurda  antar  Dojo Shinkyokushin Karate se Jawa Tengah dan Yogyakartajuga dihadiri  dewan guru dan sekaligus President  Shinkyokushin Karate Asia,  JB.Sujoto.  Menurutnya,  September  mendatang  akan  digelar  kejuaraan  internationalDojo  Shinkyokushin  Karate  di  Kuala  Lumpur  Malaysia.  Apresiasi  diberikan  atasteselenggaranya  kejuaraan  ini,  karena  dari  kejuaraaan  skala  regional  ini  yang harapannya  mampu mucil  atlit  muda  yang  dapat  kita  kirimkan  dalam kejuaran kejuaran international, jelasnya. Hasil kejuaraan dan foto terlampiir

 
Lima Lembaga Menjadi Dewan Penyantun Unisbank

Untuk meningkatkan mutu dan pengembangan pendidikan pada tanggal 16 Januari 2014 Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang mengangkat lima dewan penyantun yang menjadi unsur pelengkap perguruan tinggi.Pengangkatan dewan penyantun dilaksankan di Gedung D lantai 8 Kampus Unisbank Jl. Kendeng V Bendan Ngisor Semarang. Kelimanya adalah pimpinan dari Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Perbarindo, Kadin Jateng dan PT Telkom.

Pada kesempatan itu Rektor Unisbank, Dr. H.Hasan Abdul Rozak, SH.,CN.,MM mengatakan dewan penyantun tersebut diadakan sebagai pengasuh dan membantu permasalahan yang dihadapi Unisbank.”Masukan yang diberikan bisa saat input mahasiswa baru, networking dunia kerja dan industri, dan program-program pengembagan.”katanya.

Menurut Rektor, Unsbank juga tengah mengembangkan kurikulum KBK seperti perguruan tinggi lain. Dalam penerpan nanti, dewan penyatun diminta ikut untuk terlibat menetukan kompetensi dan pembelajaran yang cocok bagi mahasiswa.Sehingga lulusan Unisbank diharapkan sesuai dengan visi misi Universitas, salah satunya mampu menjadi wirahusaha mandiri.

“Kami ingin Unisbank bisa bersinergi dengan kebutuhan industri.Para dewan penyatun bisa memberikan kuliah umum kepada mahasiswa, memberikan mereka tempat magang, atau mungkin memprioritaskan saat recruitmen pegawai.Makanya kami butuh masukan guna menentukan karekter wisudawan yang dilahirkan Unisbank,” Ujarnya.

Pimpinan BI regional V Jateng DIY yang diwakili oleh Deputi Kepala Perwakilan Jateng, Marlison Hakim dipilih sebagai ketua. Pemilihan tersebut ditentukan oleh rektor atas pertimbangan YPPMI yang di ketuai oleh Dr. H.Sophiyanto Wuryan, SH.,MM

 
PERESMIAN PERUBAHAN NAMA FAKULTAS EKONOMI Menjadi FAKULTAS EKONOMIKA dan BISNIS

Dalam rangka mendukung era globalisasi bagi pendidikan tinggi maka Fakultas Ekonomi Unisbank Semarang memandang perlu melakukan perubahan nama menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Perubahan nama Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis adalah untuk memenuhi tuntutan menuju “World Class University”. Dalam hal ini, Fakultas Ekonomi memandang perlu untuk menggunakan istilah yang berlaku dalam dunia pendidikan tinggi secara internasional sehingga memudahkan FEB untuk beradaptasi dalam komunitas internasional tanpa ada kerancun antara nama fakultas dan program-program studi atau departemen yang ada dibawah fakultas. Perubahan nama ini tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Unisbank Semarang Nomor  : 074/J.01/UNISBANK/SK/2013.

Pada hari Jum’at tanggal 17 Januari 2014 dan bertempat di lantai 6 Kampus Kendeng diadakan launching Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) yang didahului dengan pemotongan tumpeng oleh Dekan FEB, Dr. Bambang Sudiyatno, MM. Dengan acara tersebut maka secara resmi Fakultas Ekonomi Unisbank telah berubah nama menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

 

 
UNISBANK-AKPOL Kembangkan Pendidikan Berkarakter

Universitas Stikubank (Unisbank) melakukan kerja sama dengan Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang untuk menyinergikan pendidikan. Jalinan tersebut terwujud saat jajaran pimpinan Unisbank melakukan audiensi dengan pejabat Akpol, Kamis (9/1), di ruang Tribrata Utama kompleks Akpol.

Rektor Unisbank Dr Hasan Abdul Rozak SH CN MM didampingi para dekan fakultas diterima oleh Wakil Gubernur Akpol Brigjen Drs Sri Purjono MSi. Dalam audiensi tersebut mereka membicarakan tentang berbagai persoalan yang dihadapi oleh bangsa ini.

Rektor Unisbank Dr Hasan Abdul Rozak SH CN MM mengatakan, bangsa Indonesia saat ini sedang mengalami permasalahan serius. Pendidikan menjadi salah satu hal penting sebagai pondasi dalam membangun bangsa.

"Tidak hanya pendidikan di bidang hard skill, sebab soft skill juga penting untuk mengarahkan generasi bangsa agar bersikap profesionalisme sesuai bidangnya. Selain itu juga perlu ditunjang pendidikan karakter," ungkapnya.

Maka itu harapannya, lanjut dia, Unisbank dan Akpol dapat menemukan benang merah yakni pendidikan seperti apa yang akan diimplementasikan bersama. Dari hasil diskusi kedua pihak, mereka akan fokus pada pengembangan pendidikan karakter.

Wakil Gubernur Akpol Brigjen Drs Sri Purjono MSi mengakui, bahwa sistem pendidikan di Indonesia banyak yang harus diperbaiki. Mayoritas lembaga pendidikan masih menerapkan pendidikan yang bersifat instan, padahal pendidikan karakter memerlukan komitmen, waktu, dan harus mensinergikan dengan masing-masing institusi.

"Model pendidikan instan hanya mengejar ijazah saja, dan ini akan berdampak pada produk lulusannya. Jadi jangan heran kalau hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan," jelasnya. Mantan Kapolresta Tegal ini menambahkan, Akpol membuka diri kepada publik untuk bersama-sama memperbaiki sistem pendidikan.

Dalam audiensi tersebut, muncul gagasan untuk kerja sama dan menuangkan dalam bentuk MoU, yaitu Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia, Penelitian dan Pengembangan Akademik, khususnya pendidikan berkarakter.

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 7 of 82