Berita Terbaru

The latest news from the Joomla! Team



Pemilihan Putra Putri Kampus Unisbank

Raditya Nur Yamin, dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) dan Regina Christylia dari Fakultas Pariwisata dinobatkan sebagai pemenang putra putri kampus Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Tahun 2015. Pasangan ini mengalahkan 5 pasangan putra putri lainnya dari masing masing fakultas yang ikut berlaga. Juara kedua adalah Arif Febry Pratama dari Fakultas Pariwisata dan  Rembulan Adiluhur dari FEB. Sedangkan juara Favorit diraih oleh Eva Yudhi Yanti dan Airlangga, keduanya dari Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya.

Penilaian putra putri kampus Unisbank 2015 dilakukan berdasarkan kelengkapan administratif dan wawasan serta pengetahuan. Bertindak sebagai juri dalam lomba putra putri kampus adalah  Fitika Andraini, SH, M.Kn (Dosen Fakultas Hukum), Saefurrohman, S.Kom, M.Cs,( Dosen Fakultas Tehnologi Informasi, Artin Bayu Mukti, A.Par, M.Par, (Dekan Fakultas Pariwisata) dan Endang Yuliani Rahayu, SS, M.Pd. (kepala program studi Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya). Layaknya pemilihan Putri Indonesia, peserta putra putri kampus Unisbank 2015 harus menguasai dan mampu menjawab seputar Pariwisata  Semarang, pengetahuan umum,Bahasa Inggris, serta Kewirausahaan dan pengetahuan seputar kampus Unisbank Semarang.

Grand Final pemilihan putra putri kampus diselenggarakan bersamaan dengan final lomba solo vocal di Taman Pandanaran depan kampus Unisbank Semarang (24/04/2015). Guyuran air hujan yang sangat deras membuat panitia memindahkan lomba ini ke Ruang Parkir Kampus Unisbank Mugas. Pembantu Rektor 3 Unisbank Semarang, Dwi Agus Diartono, S.Kom, M.Kom menuturkan, diharapkan putra putri kampus Unisbank 2015 ini mampu membawa nama baik Unisbank kepada publik secara lebih luas. Kita akan banyak melibatkan putra putri kampus dalam penerimaan tamu, seminar nasional ataupun promosi kampus jelasnya.

Rembulan, salah satu peserta lomba putra putri kampus merasa gembira atas program tersebut, ini adalah sarana bagi mahasiswa Unisbank untuk terus berkreasi dan mengembangkan diri dan menggali potensi dan kepribadian mahasiswa itu sendiri,ujarnya.

 
FT Unisbank Menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat

Program Studi S-1 Teknik Industri Fakultas Teknik UNISBANK menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan tema “Pendidikan Anak Membentuk Pribadi Berkarakter Tangguh, Cerdas, Sholih, dan Kreatif. Pengabdian masyarakat ini diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 19 April 2015 di lantai 6 ruang D.6.1 Kampus Kendeng berlangsung mulai pukul 13.00 WIB – 17.00 WIB. Acara yang dipandu Eddi Indro Asmoro ,S.T,M.T ini diikuti oleh guru-guru Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Badan Koordinasi Kecamatan Gajahmungkur Semarang sebanyak 42 orang.

Acara ini di buka oleh Dekan Fakultas Teknik Antoni Yohanes,S.T,M.T. Dalam sambutannya Antoni mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi selain pendidikan dan penelitian. Dengan acara ini diharapkan para guru dapat membimbing anak didiknya sehingga dapat menjadi pribadi yang berkarakter tangguh, cerdas, sholih, dan kreatif. Ketua pengabdian masyarakat yang juga Ketua Program Studi S-1 Teknik Industri Firman Ardiansyah Ekoanindiyo, S.T,M.T menambahkan selain sebagai promosi Program Studi S-1 Teknik Industri Fakultas Teknik UNISBANK kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian Fakultas Teknik terhadap perkembangan anak-anak yang sekarang ini sudah mulai jauh dari nilai-nilai moral, etika, dan ahlak. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat diketahui pengertian pendidikan karakter, pentingnya pendidikan karakter, dan manfaat pendidikan karakter.

Dalam Pengabdian ini Program Studi S-1 Teknik Industri Fakultas Teknik UNISBANK bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Karakter Life Motivation 99 and Spiritual Training (LM99-ST) Semarang. Dalam pemaparannya Ustadz Khoeroni,S.PdI dari LM99-ST mengatakan bahwa dalam Al-Qur’an anak dikelompokan menjadi empat yaitu anak sebagai perhiasan kehidupan dunia, anak sebagai ujian, anak sebagai musuh, dan anak sebagai cahaya mata. Dalam pembukaan UUD 1945 disebutkan bahwa tujuan kehidupan bangsa Indinesia diantaranya mencerdaskan kehidupan bangsa dan alat utamanya adalah pendidikan baik formal maupun non formal yang pelaku utamanya anak, orangtua, guru, dan lingkungan masyarakat sekitar.

Menurut pendapat Khoeroni sistem pendidikan karakter bisa disingkat dengan CERDAS BRO dengan penjelasan Ceria,cintai sepenuh hari,control; Energik,empati; Rajin,ramah; Dialog,diajak,dilatih,dukungan perpustakaan; Agama; Sehat,simulasi,sholih; Beri ruang,bertanggungjawab,berakhlak,berkarakter; Rasio; dan Organizer. Dijelaskan juga bagaimana kiat-kita membentuk pribadi berkarakter tangguh, cerdas, sholih, dan kreatif antara lain tidak terlalu mengontrol ekspresinya, hindari kritik yang mematikan dan beri rasa aman agar ia percaya diri, hargai hasil karyanya, memberi tantangan, tidak mengambil alih tanggung jawab anak, memberikan pilihan, dan memanusiakan anak. Pada akhir acara Kheroni mengutip sebuah Hadits dari Bukhori Muslim “ketika anak adam (manusia) meninggal maka putuslah seluruh amalnya kecuali tiga perkara yaitu shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, anak sholeh yang dapat mendoakan kedua orangtuanya”.

 
Bimtek Pengelola Pariwisata
Pariwisata merupakan salah satu sektor penting yang mampu menyumbang pendapatan asli daerah. Tidak hanya itu saja, pariwisata secara lebih luas juga memberikan efek terhadap perekomian daerah. Sayangnya, keberadaaan sumber daya alam yang menjadi potensi unggulan di sektor pariwisata belum dapat dimanfaatkan secara maksimal. Hal ini tak lebih disebabkan karena sumber daya manusia, baik pemegangkebijakan ataupun pelaku atau pengelola obyek wisata itu sendiri. Dalam rangka meningkatkan serta mengembangkan sumber daya manusia dan pemanfaatan terhadap sumber daya alam,Fakultas Pariwisata Unisbank Semarang menyelenggarakan bimbingan tehnis terhadap pengelola obyek wisata,

Dekan Fakultas Pariwisata Unisbank Semarang, Artin Bayu Mukti, A.Par., M.Par menuturkan, terselenggaranya bimbingan tehnis ini berkat kerjasama antara Fakultas Pariwisata dan Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kendal. Acara diselenggarakan pada tanggal 28 April 2015 di kampus Unisbank Kendeng. Peserta Bimtek berjumlah 50 orang yang semuanya adalah pengelola obyek wisata di kabupaten Kendal.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Kendal Agus Rifai. Menurutnya mudah mudahan acara bimbingan tehnis ini adalah awal untuk menjalin kerjasama lebih lanjut dengan Fakultas Pariwisata Unisbank Semarang. Kerjasama meliputi pengembangan kapasitas SDM pelaku pariwisata ataupun studi lanjut bagi staf disbudpar Kabupaten Kendal atapun penelitian ataupun kajian guna meningkatkan serta membangun dan memajukan sektor parisiwata. Ir. Andreas Corsinus Koestomo, M.Si.salah satu pemateri dalam bimbingan tehnis tersebut dalam materinya lebih banyak menyampaikan mengenai taman taman kota untuk ruang publik. Ini adalah hal penting guna menjunjang sarana pariwisata, jelasnya.

 
Tasyakuran Dies Natalis Unisbank ke-47

(Semarang, 28 April 2015) Universitas Stikubank (UNISBANK) sudah memasuki usia ke 47. Dalam rangka memperingati dies natalis UNISBANK, pantia telah menyelenggarakan serangkaian acara, mulai dari jalan sehat bersama Walikota Semarang,kunjungan sekaligus santunan terhadap yayasan sosial cacat ganda, penghargaan terrhadap dosen dan karyawan yang berprestasi, serta seminar nasional mengenai poros martim pada bulan agustus nanti dengan menghadirkan Menteri Kelautan dan Perikanan,Susi Puji Astuti. Sebagai bagian dari acara dies natalis Unisbank ke 47, diselenggarakan acara tasyakuran yang dihadiri oleh seluruh dosen dan karyawan Unisbank serta lembaga mitra. Acara diselenggarakan gedung olah raga Lantai 9, Kampus Unisbank Kendeng.

Rektor Universitas Stikubank (Unisbank), Dr.H.Hasan Abdul Rozak,Sh,CN,MM dalam sambutannya menuturkan,47 tahun Unisbank sudah berbuat sesuatu untuk kemajuan bangsa. Berbagai prestasi telah kita raih,baik itu malalui dosen ataupun mahasiswa, baik skala nasional ataupun international. Bahkan Unisbank Semarang juga telah menjalin kerjasama dengan mitra dan dituangkan dalam bentum MOU dengan instansi pemerintah, swasta dan lembaga perbankan. Kita sudah kerjasama dengan perguruan tinggi di amerika serikat, China,Malaysia,Singapura dan Thailand. Dan patut kita syukuri bersama, dalam dies natalis Unisbank ke 47, kita mendapatkan kado yaitu diraihnya akreditasi A pada jurusan Keuangan perbankan, tuturnya.

Pada pertengahan acara, Unisbank melalui Rektornya, yaitu Dr.H.Hasan Abdul Rozak,Sh,CN,MM Semarang juga memberikan apresiasi terhadap dosen dan karyawan yang telah mengabdi lebih dari 15 tahun (narasatya Karya Pratama) dan yang mengabdi lebih dari 25 tahun (narasatya Karya Madya). Total ada 23 karyawan dan dosen Unisbank yang mendapatkan penghargaan berupa cincin emas berlambangkan Unisbank. Tidak hanya itu saja, Unisbank dengan lembaga mitra juga memberikan beasiswa bagi siswa SD,SMP dan SMA yang merupakan putra putri karyawan Unisbank. Sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap kemajuan pendidikan bangsa, tahun ini kita akan memberikan beasiswa peduli pendidikan terhadap 15 anak yatim dan piatu serta miskin secara ekonomi agar dapat merasakan kuliah di Unisbank. Tak hanya itu saja, Unisbank tahun ini juga memberangkatkan 2 orang untuk wisata relegi berupa umroh, sistemnya diundi,khususnya bagi karyawan dan dosen yang telah mengabdi minimal 20 tahun, jelasnya.

Pada penghujung acara, tak lupa Unisbank memberikan reward dan penghargaan kepada Dosen dan Karyawan teladan. Dosen teladan diraih oleh Dr. Euis Solikha, S.E, M.Si., sedangkan karyawan telah diraih oleh Giyatno bagian adiministrasi. Hadiah utama dalam dies natalis berupa sepeda lipat diraih oleh Ahmad Bisri karyawan bagian Tehnisi.

 
Unisbank Wisuda 397 Mahasiswa

Pada hari Senin,27 April 2015, Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang menyelenggerakan prosesi wisuda yang ke73. Pada wisuda kali ini, ada 397 wisudawan yang terdiri dari paska sarjana 110 (seratus sepuluh),sarjana 220(dua ratus dua puluh) ,diploma 3 ((tiga) dan profesi akuntansi 27 (dua puluh tujuh).  Wisuda ini sekaligus menambah alumni Unisbank menjadi 33.354 alumni yang menyebar menjadi wirausaha,bekerja di sektor wisata ataupun instansi pemerintah. Sebagai wisudawan terbaik dan cumlaude adalah sebagai berikut, Program diploma III Menejemen Informatika Evita kurniasari,A.md-IPK 3,67, S1 Sistim Informasi Sulistiyono,S.Kom IPK 3,57,S1 Ilmu Hukum Syaeful Anas,SH IPK 3,36, S1 Sastra Inggris Sarah Sumponogati,S.S IPK 3,89, S1 Menejemen Rini handayani,S.E IPK 3,75, S1 Akuntansi Ika Mayangsari,SE, IPK 3,88, Profesi Akuntansi, Johana Purwanti B,SE,Ak IPK 3,86, Magister Menejemen AH.Fayumi S,Pdi,M.M, Magister Sains Hasnawati,S.Pd,M.Si IPK 3,92.

Rektor Unisbank Semarang,Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH,CN,MM menuturkan, ada hal yang menarik dan tidak seperti biasanya, wisuda Unisbank ke-73 ini disertai dengan lounching penganugerahan Unisbank Young Entrepreneur Award (UYEA) yang akan diberikan oleh Wakil Gubernur Jateng. Hal ini merupakan serangkaian kompetisi bagi pemuda dan pelajar di seluruh Jawa Tengah dalam rangka menggalang ide sukses sebagai awal kemandirian dalam berwirausaha. Pemenang kompetisi akan mendapatkan penghargaan dan modal usaha serta  Trophy bergirlir dari Gubernur Jawa Tengah, jelasnya. Kompetisi ini akan diikuti pelajar dan pemuda di Jawa Tengah dengan mengambil tema Ide tehnologi untuk JawaTengah yang lebih baik.

Hadir dalam prosesi wisudah sekaligus memberikan sambutan adalah Wakil Gubernur Jawa Tengah,Kepala Perwakilan Bank Indonesia wilayah Jawa Tengah, Iskandar Simorangkir dan Koordinator Kepertis Wilayah VI Jawa Tengah serta pemerintah kota Semarang. Iskandar Simorangkir menyampaikan, perekonomian Jawa Tengah cukup menjanjikan. Data BPS menunjukkan,pertumbuhan ekonomi mencapai 5,4 % naik dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 5,1 %. Stabilitas harga juga mampu dikendalikan sehingga inflasi tahun 2014 sebesar 8,22 %,lebih rendah dari inflasi nasional. Begitu juga dengan peluang kerja, tahun 2014 penduduk yang bekerja di Jawa Tengah mencapai 16,55 juta,meningkat dari tahun 2013 yaitu 16,47 juta. Angka pengangguran terbuka juga menurun, dari 1,05 juta menjadi  1,00 juta . Namun demikian, kompetisi dunia kerja sangatlah kompetitif,terutama diberlakukannya Masyarakat ekonomi Asean (MEA). Dengan adanya MEA,tenaga kerja dari ASEAN akan lebih mudah masuk ke Indonesia,dengan begitu kita harus mampu menyiapkan sumber daya manusia, mulai dari tehnis pekerjaan,bahasa asing,serta menejerial yang handal mutlak diperlukan, jelasnya.

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 7 of 110