Sesuaikan kebutuhan industri, FBIB Unisbank evaluasi penerapan kurikulum

Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusannya, Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya (FBIB) Unisbank Semarang melakukan evaluasi terhadapa penerapan kurikulumnya. Evaluasi ini diselenggarakan pada tanggal 12 Desember 2017 dan dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) di Laboratorium Bahasa Lantai 8, Kampus Unisbank Mugasari Semarang. Sejumlah alumni dari program studi sastra inggris dan lembaga mitra dihadirkan untuk memberikan masukan.

Dekan Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya (FBIB) Unisbank Semarang Endang Yuliani Rahayu,S.S.,M.Pd menuturkan, evaluasi terhadap penerapan kurikulum ini menjadi penting untuk terus dilakukan. Hal ini tak lain untuk melakukan identifikasi apakah penerapan kurikulum sudah sesuai dengan kebutuhan industri yang memakai atau memanfaatkan lulusan Sastra Inggris yang telah bekerja pada institusi tersebut. Dengan demikian, produk lulusan Sastra Inggris benar benar depat beradaptasi ditempat bekerja karena ilmu yang didapatkan sudah sesuai dengan kebutuhan lembaga mitra jelasnya.

Lebih lanjut Endang menambahkan, kurikulum yang diterapkan di FBIB Unisbank yaitu  Kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Diharapkan dengan terus menerus menyempurnakan kurikulum yang berbasis KKNI inilah, diharapkan proses pembelajarannya dilakukan dengan cara menyandingkan, menyetarakan, mengintegrasikan, sektor pendidikan dan pelatihan serta pengalaman kerja. Dengan begini, lulusannya dapat dengen mudah mendapatkan pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan jabatan kerja di berbagai sector, harapnya.