Tingkatkan Pariwisata, FPar Unisbank Gandeng STIPRAM Jogya

 

Potensi pariwisata di Jawa Tengah adalah salah satu daya unggul daerah yang perlu dikembangkan atau ditingkatkan. Sama halnya dengan wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah menyimpan banyak potensi pariwisata yang perlu sentuhan akademisi agar mampu menjadi potensi unggulan pembangunan ekonomi Jawa Tengah. Terkait dengan hal inilah, Fakultas Pariwisata (FPar) Universitas Stikubank  (Unisbank) Semarang menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi lain, yaitu Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo disingkat STIPRAM.

Kerjasama diselenggarakan pada hari Jum’at, 8 Desember 2017 di Gedung seminar STIPRAM Yogyakarya. Penandatanganan dilakukan oleh Dekan FPar Unisbank Semarang, Artin Bayu Mukti,A.Par.,M.Par dan Ketua STIPRAM Yogyakarya Suhendroyono,SH.,M.Par. Diharapkan kerjasama ini mampu membawa manfaat kedua kampus untuk meningkatkan SDM serta lebih menggeliatkan dunia pariwisata.

Dekan FPar Unisbank Semarang, Artin Bayu Mukti,A.Par.,M.Par mengungkapkan, kerjasama ini tidak jauh dari program tri dharma perguruan tinggi sebagaimana tertuang dalam UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Ruang lingkup kerjasama diantaranya adalah produktifitas  artikel ilmiah,pertukaran mahasiswa dan dosen antar lembaga. Selain itu juga disepakati pengembangan penempatan international internship. Sebuah program yang digagas kedua lembaga sebagai sarana peningkatan kapasitas mahasiswa untuk magang ke pelaku pariwisata di luar negeri.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua STIPRAM Yogyakarya Suhendroyono,SH.,M.Par. menurutnya kerjasama ini bertujuan untuk mensenergikan dan kebersamaan untuk mengembangkan ilmu pariwisata sebagai bidang ilmu mandiri yang sudah ditetapkan pemerintah sejak tahun 2007, ujarnya.