Workshop Nasional Sistem Akreditasi Perguruan


Tinggi On Line (SAPTO) dan Standart Kompetensi Kerja

Nasional Indonesia (SKKNI)

Kerjasama Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) dan Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang

Semarang,  9-10 Mei 2017

Program Vokasi atau Diploma Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang yang terdiri dari Prodi D3 Keuangan dan Perbankan; D3 Perhotelan; dan D3 Manajemen Informatika pada saat ini menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta di kota Semarang yang tergabung di dalam Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI).

Kegiatan Workshop Workshop Nasional Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi On Line (SAPTO) dan Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) diselenggarakan pada tanggal 9-10 Mei 2017 di Kampus Kendeng Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang merupakan Kerjasama anatara Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) dan Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang.

Kegiatan Workshop Nasional SAPTO dan SKKNI ini dibuka secara langsung oleh Koordinator Kopertis Wilayah VI Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto, M.Pd.,Kons. Beliau menyambut dengan baik dan bangga terhadap UNISBANK karena telah menginisiasi kegiatan workshop nasional SAPTO bagi program studi vokasi yang sangat terkait dengan Pelaksanaan Akreditasi Online 2017 yang telah ditetapkan oleh BAN-PT.

Keberadaan FPTVI dan UNISBANK menjadi salah satu anggotanya merupakan bentuk support yang nyata terhadap Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek DIKTI) dalam rangka mengoptimalkan revitalisasi pendidikan vokasi untuk meningkatkan jumlah lulusan yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan dunia industri. Akreditasi A untuk Program Studi Vokasi Non Politeknik sampai saat ini masih sulit untuk diperoleh. Sesuai dengan SK BAN PT tahun 2014 Prodi D3 Keuangan dan Perbankan UNISBANK  dipercaya untuk mendapatkan Akreditasi A.

Lebih lanjut Rektor UNISBANK Dr. H. Hasan Abdul Rozak, SH., CH., MM menyampaikan bahwa UNISBANK terus berbenah dan berproses untuk lebih meningkatkan kualitas lulusan terutama di prodi vokasi dengan melengkapi mereka di bidang sertifikasi kompetensi khusus yang sesuai dengan industry. Lembaga sertifikasi yang berlisensi internasional dan nasional yang kredibel menjadi pilihan bagi mahasiswa untuk memperoleh sertifikasi kompetensi sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Kegiatan workshop nasional ini dihadiri oleh 70 peserta yang terdiri dari 25 Perguruan Tinggi Negeri, Swasta, Sekolah Tinggi, dan Akademi se Indonesia. Pengurus FPTVI yang hadir dalam kesempatan ini adalah Wakil Ketua-1 Dr. Ir. Wawan Oktariza, MS. Struktural Program Diploma Institut Pertanian Bogor (IPB).