Bisnis Perbankan Dinilai Butuh Penegakan Hukum

http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/bisnis/14/04/23/n4gwpv-bisnis-perbankan-dinilai-butuh-penegakan-hukum

Penegakan hukum dibutuhkan dalam bisnis perbankan, seperti terkait dengan eksekusi terhadap terpidana tindak pidana pencucian uang, kata ekonom Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Alimuddin Rizal Rifai.

"Jika seharusnya sudah dipidana tetapi masih jalan-jalan di luar menunjukkan tidak adanya kepastian hukum terhadap warga negara. Jangan seperti kasus Gayus Tambunan terulang lagi," katanya di Semarang, Rabu.

Pernyataan Alimuddin tersebut menanggapi kasus Suryo Antoro Soerjanto yang dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana pencucian uang oleh MA dengan hukuman enam tahun penjara dan denda Rp10 miliar sesuai putusan MA Nomor 1737 K/Pid.Sus/2013 tertanggal 20 Januari 2014, tetapi hingga saat ini belum dieksekusi oleh pihak terkait.

Menurut dia, penegakan hukum dibutuhkan, apalagi jika tindak pidana pencucian uang tersebut dikhawatirkan dapat memicu terjadinya "rush", nasabah berbondong-bondong mengambil uang secara bersama di satu tempat dan bank tidak mampu menyediakannya.

"Oleh karena itu, begitu masalah hukum baik pidana atau perdata sudah masuk ke pihak lain (di luar kewenangan bank, red.) seperti eksekusi terhadap terpidana, maka apapun keputusan terhadap kasus tersebut harus ditegakkan," katanya.

Ia mengatakan perbankan merupakan lembaga yang dibangun berdasarkan kepercayaan masyarakat, baik yang memiliki dana maupun mereka yang membutuhkan dana, selain salah satu fungsi utamanya sebagai agen pembangunan.

Menurut Alimuddin, ada beberapa penyebab nasabah tidak dapat mengembalikan pinjaman ke bank di antaranya karena risiko bisnis yang tidak dapat dikendalikan, seperti kenaikan inflasi akibat kondisi makro, baik politik, sosial, budaya, maupun tidak ada iktikad baik untuk mengembalikannya.

"Kegagalan bisnis perbankan juga bisa terjadi karena 'mismanagement' dan tidak adanya prinsip 'prudential banking'," katanya.

Terkait dengan kasus Suryo Antoro pada 2011, bermula dari laporan pihak BCA kepada Kepolisian Semarang yang menemukan beberapa kredit macet dalam jumlah besar dengan modus pengajuan kredit perumahan rakyat fiktif.

Terdapat enam transaksi kredit rumah yang menggunakan tiga nama debitur fiktif yang menjaminkan enam aset kepada pihak bank sebesar Rp25 miliar melalui perantara Suryo Antoro di BCA Cabang Jalan Pemuda.

Suryo Antoro divonis bebas oleh PN Semarang dengan Putusan Nomor 54/Pid.Sus/2012/PN.Smg tertanggal 20 Juni 2012. Namun, berdasarkan putusan Mahkamah Agung Nomor 1737 K/Pid.Sus/2013, yang bersangkutan divonis bersalah dengan hukuman penjara enam tahun dan denda Rp10 miliar, tetapi hingga saat ini belum dieksekusi.

Sumber Berita :REPUBLIKA.CO.ID

 
SK Inpassing 28 Mei 2013

SK INPASSING (28 Mei 2013)

1. Akbid Abdi Husada Semarang (1)

2. Akper Ngudi Waluyo Ungaran (1)

3. Akademi Farmasi Nasional Surakarta (2)

4. Akademi Teknologi AUB Surakarta (3)

5. Akbid Estu Utomo Boyolali (2)

Read more: SK Inpassing 28 Mei 2013

 

Sumber Berita : kopertis6.or.id

 

(ag)

 
Pemberitahuan Seminar Nasional dan Call For Paper 2013

Menindaklanjuti surat Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo nomor : E.6/051/00.05/IV/2013 tanggal 7 Mei 2013 perihal sebagaimana tersebut pada pokok surat, dengan hormat kami sampaikan bahwa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo akan menyelenggarakan Seminar Nasional dan Call For Paper dengan tema " Strategi Meningkatkan Kinerja BUMN untuk Kemandirian Ekonomi Indonesia".Selengkapnya.

Download  Brosur


Sumber Berita : kopertis6.or.id

 

(ag)

 
Prestasi FTI pada Porsima UNISBANK

Semarang – Universitas Stikubank “Unisbank” Semarang pada Hari Minggu (28/4) menyelenggarakan acara puncak Lustrum IX di Aula Lantai 9 Kampus Kendeng. Acara yang diadakan untuk internal Unisbank dihadiri seluruh civitas akademika Unisbank dan seluruh pengurus Yayasan Pendidikan dan Penerbit Mahasiswa Indonesia (YPPMI). Acara yang dibuka oleh ketua panitia Lustrum IX Unisbank, bapak Budi Mulyo, menyampaikan bahwa dalam usia yang ke 45 ini merupakan kerja keras seluruh civitas akademika Unisbank. Beliau juga berterima kasih kepada seluruh civitas Unisbank dan seluruh panitia Lustrum IX yang bisa mensukseskan dan menyelenggarakan rangkaian acara yang diadakan. Dalam acara tersebut diadakan photo session tiap bidang kerja, pemberian penghargaan kepada dosen karyawan berprestasi, pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi, dan pemberian hadiah lomba olahraga dan seni dosen, mahasiswa dan karyawan, serta tentunya pembagian puluhan doorprize. Pada kesempatan ini, Fakultas Teknologi memperoleh prestasinya di bidang olahraga, dengan menyabet beberapa juara di PORSIMA Unisbank. Gelar juara yang didapat adalah juara 1 cabang olahraga bulu tangkis, juara 2 cabang olahraga futsal, dan juara 3 cabang olahraga bola basket. Prestasi ini merupakan kebanggan tersendiri bagi civitas akademika FTI dan dosen, karena FTI bisa masuk 3 besar dalam setiap cabang olahraga yang diperlombakan. Acara puncak Lustrum IX Unisbank tersebut ditutup dengan pemotongan tumpeng sebagai simbol rasa syukur Unisbank yang tetap menunjukkan kualitasnya di usia 45 tahun.DSCF6980

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Rangkaian acara PORSIMA pada tanggal 23 dan 24 April 2014 telah selesai dilaksanakan. Kegiatan ini diadakan dalam rangka Dies Natalis ke 46 Universitas Stikubank (UNISBANK). Kegiatan PORSIMA ditutup dengan kegiatan pertandingan Futsal antar Fakultas yang ada di lingkungan Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang.
 
Pertandingan Basket
Pertandingan Basket
Pada tanggal 23 April 2014, pertandingan pertama kali dilaksanakan di kampus Unisbank Kendeng, dengan pertandingan Basket dan Voli. Pada pertandingan Basket, keluar sebagai juara pertama adalah tim dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Unisbank setelah berhasil menaklukan lawan tangguh, Fakultas Hukum (FH) Unisbank.
Sedangkan jawara kedua tahun lalu, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Unisbank, harus puas berada di posisi ketiga setelah ditaklukan oleh Fakultas Hukum.
Pada pertandingan Voli, tidak kalah serunya dengan pertandingan Basket. Berhasil keluar sebagai juara pertama adalah tim dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis. FEB berhasil mengalahkan Fakultas Hukum Unisbank.
Pertandingan Voli
Pertandingan Voli
Hari kedua, hari terakhir pelaksanaan PORSIMA 2014, diadakan pertandingan Futsal antar Fakultas di Unisbank. Dalam pertandingan terjadi daya saing yang sangat kuat antar tim dari fakultas yang ada, mengingat materi pemain dari masing-masing Fakultas sangat baik. Namun, keberhasilan Fakultas Ekonomika dan Bisnis dalam menggapai 2 gelar di 2 cabang olahraga sirna di cabang olahraga Futsal, FEB hanya berhasil keluar sebagai juara ketiga, dibawah Fakultas Hukum yang menyabet juara 2, dan yang berhasil menjadi pemenang juara 1 adalah tim dari Fakultas Teknologi Informasi.
Pertandingan Futsal
Pertandingan Futsal
Keberhasilan dari tim Fakultas Teknologi Informasi menyabet juara pertama pada pertandingan bergengsi ini tidak lepas dari jerih payah dan latihan keras dari para pemain FTI. “Perasaan bisa menjadi juara senang, karena berkat latihan yang dilakukan setiap seminggu sekali akhirnya bisa membuahkan hasil maksimal, terlebih ini keikutsertaan ketiga kalinya, bisa menjadi juara 1, lawan yang paling sulit adalah FH, karena materi pemain mereka bagus, namun berkat kerja keras, kami bisa menjadi juara, ujar Stefanus, salah satu pemain dari FTI.
 

 
UNISBANK wisuda 384 Wisudawan
Bertepatan dengan dies natalis ke 46 yang jatuh tanggal 28 April, Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang menggelar prosesi wisuda yang ke 71. Upacara wisuda digelar di kampus 2 Kendeng dengan jumlah wisudawan 384 yang terdiri dari S2 117 orang,S1 sejumlah 255 orang,Diploma 3 orang dan profesi akuntansi sejumlah 9 orang. Berikut ini lulusan berprestasi cumlaude dan terbaik,  yaitu program studi Ilmu hukum Icha Putri Aryawati,SH IP 3,72,program studi sistim informasi Dewi Bulan,S.Kom, IP 3,73,, Program Tehnik Informatika Ali Yafi,S.Kom dengan IP 3,81,Program studi Bahasa dan Ilmu Budaya Maulida Zahra S.S dengan IP 3,82,program Tehnik Industri Indra Rahmawan dengan IP 3,57,program studi Menejemen S1 Ika Jaya Mulya SE dengan IP 3,86, Program Akuntansi Lena Diyah P,S.E dengan IP 3,86,program pendidikan profesi akuntansi Helman Aris R,S,E.,Ak dengan IP 3,89 dan program Magister Menejemen Dwi Astutik,S.E.,MM dengan IP 3,94 dan Program Sudi Magister Sains Dra.Ana Dyah Y,M.Si dengan IP 3,94.
Dalam Sambutannya, Rektor UNISBANK Dr.H.Hasan Abdul Rozak,SH,CN,MM mengatakan, tantangan lulusan UNISBANK dihadapkan pada era global atau era masyarakat ekonomi Asean (MEA-2015),dimana menuntut kesiapan lulusan untuk bersaing dalam berbagai hal,namun demikian lulusan UNISBANK diyakini sudah mempunyai kesiapan sebelumnya. Dengan penerapan Entrepreneurial-IT Based University, lulusan sudah dipersiapan pengetahuan teori keilmuan dan juga sikap kewirausaan untuk menciptakan peluang  bisnis. Dengan begitu lulusan UNISBANK mempunyai pilihan untuk menjadi pekerja profesinal atau menciptakan peluang bisnis, jelasnya. Rektor menambahkan, dalam rangka mendukung sekaligus menghasilkan lulusan yang berkualitas dan unggul,UNISBANK telah mengangkat pejabat pada intansi pemerintahan menjadi Dewan Penyantun,diantarannya Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Direktur Bank Indonesia,Manager general PT Telkom,Ketua PERBARINDO dan ketua KADIN Jateng. Kita yakin UNISBANK mampu mencapai itu karena adanya sumber daya manusia yang kompeten karena kita saat ini mempunya 2 orang professor,29 orang Doktor,19 kandidat Doktor dan 119 Magister yang terdiri dari berbagai bidang ilmu,tutupnya.
Hal senada disampaikan oleh Sutikno sebagai Direktur eksekutif Perwakilan Bank Indonesia wilayah Jateng dan DIY. Menurutnya kondisi faktual saat ini adalah laju komsumsi rumah tangga yang mencapai 5,1 persen dan ditambah dengan stabilitas harga yang tercermin dari laju inflasi tahun 2013 sebesar 7,99 persen lebih rendah dari inflasi nasional. Dengan kondisi faktual seperti ini, sesungguhnya memunculkan harapan dan peluang akan adanya peningkatan kapasitas dunia usaha,khususnya usahawan baru. Sedangkan dari sisi kebutuhan tenaga kerja perlu adanya penciptaaan lapangan pekerjaan untuk menampung tingkat pengangguran yang mencapai 6,0 persen. Hal ini didasarkan atas data BPS yang menunjukkan jumlah tenaga kerja sebesar 16,99 juta jiwa dan sebanyak 15,97 juta diantarannyta telah bekerja. Sutikno mengharapkan, para lulusan UNISBANK mulai untuk merubah pola pikir atau pradigma lama yang hanya menggantungkan sebagai tenaga kerja. Tetapi perlu diubah untuk mulai berpikir kreatif dengan menjadi usahawan. Kita saat ini terkonsentrasi untuk mendukung tumbuhnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), bahkan kita sudah memulai dengan UNISBANK untuk melatih mahasiswa menjadi usahawan yang sukses dengan menjalankan bisnis sejak mahasiswa, tutupnya.
Di sela sela prosesi wisuda,Rektor Unisbank Dr. H. Hasan Abdul Rozak,SH,CN,MM dan Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jateng Kukrit Suryo Wicaksono memberikan anugerah terhadap 11 wisudawan yang berani dan berhasil merintis bisnis sejak mahasiswa. Kukrit mengatakan, Kita memberikan apresiasi terhadap upaya yang sudah dirintis mahasiswa. Sebagai salah satu dewan penyantun UNISBANK, KADIN berkomitmen untuk bersinergi untuk menumbuhkembangkan pertumbuhan UMKM,termasuk usaha yang sudah dirintis mahasiswa.

 
<< Start < Prev 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 Next > End >>

Page 68 of 157