Studi Banding BEM Fakultas Teknik ke HM Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri UII Yogyakarta

Salah satu program kerja BEM Fakultas Teknik UNISBANK tahun 2013 adalah studi banding. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 17 Desember 2013 dengan mengunjungi Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Studi banding ini diikuti oleh BEM Fakultas Teknik UNISBANK dan  HMPS Teknik Industri UNISBANK. Turut mendampingi sudi banding ini Dosen Fakultas Teknik antara lain Antoni Yohanes,S.T,M.T, Firman Ardiansyah Ekoanindiyo,S.T,M.T, Agus Setiawan,S.T,M.T, Enty Nur Hayati,S.T,M.T, dan Eddi Indro Asmoro,S.T,M.T. Rombongan berangkat dari Kampus Kendeng pukul 07.00 WIB.

Ketua BEM Fakultas Teknik, Mumpuni Wijiasih Fitriyah mengatakan kegiatan studi banding dilaksanakan selain sebagai salah satu program kerja BEM Fakultas tahun 2013 juga diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi Fakultas Teknik UNISBANK, ajang silaturahmi antar lembaga kemahasiswaan, sharing program kerja bagaimana mendapatkan sponsor program kerja. Selain itu dapat mengetahui proses belajar mengajar serta  melihat sarana prasarana pendukung yang ada di Fakultas Teknologi Industri UII Yogyakarta. Puni menambahkan dengan studi banding ini BEM Fakultas Teknik UNISBANK dapat mengenal dan mengetahui lebih jauh  Himpunan Mahasiswa Teknik Industri di Fakultas Teknologi Industri UII Yogyakarta.

Dalam kunjungannya rombongan BEM dan HMPS disambut oleh Vicky Zubatha, Ketua Himpunan Mahasiswa  Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri UII Yogyakarta. Dalam sambutannya Vicky merasa senang dengan kedatangan rombongan dari BEM Fakultas Teknik UNISBANK dan berharap dapat memperat persahabatan dan silaturahmi antar kedua lembaga ini. Vicky menjelaskan struktur organisasi yang ada di Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri UII Yogyakarta yaitu : 1. Departemen Litbang dengan program kerja makrab, diklat keorganisasian, research club industry. 2. Departemen Rumah Tangga dan Pengabdian Masyarakat program kerjanya upgrading pengurus 2013/2014. 3. Departemen Kewirausahaan dengan program kerja kunjungan unit usaha dan seminar kewirausahaan. 4. Departemen Informasi dan Komunikasi program kerja kunjungan industri dan studi banding. 5. Departemen Minat dan Bakat dengan program studi pergelaran seni dan usaha.

Setelah menjelaskan struktur organisasi Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri UII Yogyakarta diadakan tanya jawab yang antara lain menanyakan kendala dalam setiap kegiatan program kerja. Kendala yang ada seperti panitia yang tidak bertanggung jawab diatasi dengan mengadakan acara gathering untuk mengakrabkan panitia dan black list setiap kegiatan yang ada di program studi atau fakultas sampai mahasiswa tersebut lulus kuliah. Setiap kegiatan di program studi atau fakultas memaksimalkan pengurus untuk terlibat dalam kepanitiaan.

Setelah makan siang dan shalat dzuhur acara dilanjutkan dengan melihat laboratorium yang ada di Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri UII Yogyakarta diantaranya Laboratorium Sistem Manufaktur Terintegrasi, Laboratorium Desain Sistem Kerja dan Ergonomi, Laboratorium Statistik Industri dan Optimasi, Laboratorium Pemodelan dan Simulasi Industri, Laboratorium Enterprise Resource Planning (ERP), dan Laboratorium Inovasi dan Pengembangan Organisasi. Acara kunjungan diakhiri dengan penyerahan dan pertukaran cendera mata. Dari Fakultas Teknik UNISBANK penyerahan cendera mata oleh Antoni Yohanes,S.T,M.T selaku Dekan sedangkan dari Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri UII Yogyakarta diserahkan oleh Drs. H.M Ibnu Mastur,MSIE selaku Ketua Program Studi.

 
Bedah Buku "Partikel by Dewi Dee Lestari" With Ryan Marina

Buku merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ilmu entah itu berbentuk novel, majalah bahkan komik pun dapat menjadi sarana untuk belajar tergantung bagaimana cara kita menginterpretasikannya, bukankah begitu? Dan pada hari jumat, 13 Desember 2013 tepatnya pukul 14.00 ECC ( English Conversation Club) telah sukses mengadakan acara Bedah Novel dengan pembicara yang sangat berbakat dalam bidang bahasa yaitu Miss Ryan Marina yang didatangkan dari Unnes. Dengan mengusung buku berjudul "Partikel by Dewi Dee Lestari" acara ini berhasil menggaet 45 orang peserta dari seluruh fakultas di Unisbank ini.


Acara dibuka oleh Mr.Teguh Kasprabowo selaku pembina ECC dan juga salah satu dosen di fakultas bahasa setelah itu dilanjutkan dengan inti dari acara.Para peserta terlihat sangat antusias mendengarkan penjelasan dari Miss Ryan. Pada sesi tanya jawab ada 5 mahasiswa yang mengajukan pertanyaan dan 3 beruntung berhasil membawa pulang hadiah yaitu masing2 sebuah novel.


Stefani wanda selaku ketua dari acara ini mengungkapkan bahwa acara ini sangatlah penting untuk memperdalam pengetahuan mengenai sastra dan juga membantu mahasiswa dalam menginterpretasikan suatu karya sastra."diharapkan acara ini dapat berlangsung setiap tahun dan dengan skala yang lebih besar lagi." ungkap beliau.

 

 
HMPS TI Palatihan Robotik Bersama

Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Stikubank, menyelenggarakan Pelatihan Robotika untuk kalangan internal. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi robotika pada kalangan para mahasiswa baru.

“Acara seperti ini adalah bentuk sosialisasi yang rutin digiatkan oleh HMPS TI. Kami aktif untuk menyebarluaskan pengetahuan melalui kegiatan rutin pelatihan pelatihan baik bagi internal maupun eksternal” Kata Sofyan selaku Ketua HMPS TI UNISBANK.
Pelatihan yang berlangsung di ruang Lab Hardware G UNISBANK ini juga dijadikan ajang kumpul anggota HMPS TI.

Usai pelatihan, acara diakhiri dengan lomba kreatifitas desain program robot untuk mengikuti garis. Sebagai trainer adalah,Ir. Zuly Budiarso, M.Cs menjelaskan bahwa membuat robot tidak harus mahal, karena bisa memakai bahan-bahan bekas yang murah untuk membangun sebuah robot, yang penting adalah logikanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Lestari yang berhasil membuat Program Robot yang dapat mengikuti garis, menurut Tari banyak robot aplikatif yang sudah dibuat, seperti robot terbang pemantau arus mudik. Namun inipengalaman pertamanya untuk mendesain program robot.

Dengan sering mengadakan pelatihan, kami ingin membangun kualitas keahlian para mahasiswa dalam bidang teknologi khususnya robotika, kata Sofyan. Dia juga berpendapat bahwa saat ini Indonesia hanya menjadi pasar dari robot produk luar negeri, padahal anak-anak Indonesia sudah mampu membuat robot mereka sendiri. “Jika anak Korea bisa bangga membeli robot buatan negara mereka sendiri, mengapa kita tidak??” tutup nya.

 
Unisbank Semarang Gelar Festival Budaya

Sejumlah mahasiswa dan dosen Unisbank Semarang menyaksikanpagelaran Cultural Festival #1 di area parker kampus Unisbank Jl Trilomba Juang No 1 Semarang, Selasa (17/12/2013).


Pagelaran menampilkan drama berbahasa Inggris, tarian Jawa, pembaca anpuisi, geguritan, dan music akustik.
Ketua panitia Yulistiyanti yang juga dosen Fakultas Bahasa dan IlmuBudaya (FBIB) Unisbank mengatakan, kegiatan cultural festival sebagai ajang mengembang kankreatifitas mahasiswa dalam bidang seni dan budaya.

"Agar mahasiswa bias melestarikan budaya tradisional khususnya Jawa dan mengkombinasikan dengan budaya popular," katanya.
Yulis menyebut, festival budaya tersebut merupakan kali pertama digelar di kampus tersebut.


"Ini jugamenjadi ajang mahasiswa mempraktikkan kemampuan berbahasa Inggris nyamelalui drama," katanya.
Yulis menambahkan, mahasiswa FBIB dari semester 1-7 ikut meramaikan dengan penampilan masing-masing.

 
Makrab One FOREST “Menjadi Entrepreneur Muda dengan Multimedia”

Sabtu, 7 Desember 2013 UKM Multimedia One Forest UNISBANKmengadakan Makrab (MasaKeakraban) yang diadakan di Bandungan, Kabupaten Semarang. Persiapan awal dilakukan di KampusUNISBANK, yakni untuk mengumpulkan anggota serta pengecekan peralatan yang  akan dibawa. Pagi rombongan Makrab One Forest berangkat menuju lokasi menggunakan bus kampus.Setibanya di lokasi rombongan melakukan persiapan untuk membuka kegiatan Makrab tersebut yang dilanjutkan oleh acara inti.Makrab yang diadakan mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari para pesertanya, seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta Makrab Rahmat (19) mengatakan Makrabnya sangat seru, enak, menyenangkan dan pastinya kami jadi saling mengetahui satu sama lain. Dan makrab ini memberikan kami sebuah pengalaman untuk menjaga tali persaudaraan diantara mahasiswa UKM one Forest, bukan hanya dalam lingkungan kelas saja tetapi dengan lingkungan kampus juga.Begitu pun yang diungkapkan oleh Adi (19) yang kebetulan sebagai salah satu ketua kelompok, mengatakan makrab kali ini sangat mengasyikan, anak - anak yang dipandu juga enak bias diajak untuk bekerja sama dan memberikan sebuah kesan yang takterlupakan.
 
Untuk temanya sendiri mereka mengambil sebuah tema“entrepreneur melalui kretifitas multimedia”.Maksud dari tema tersebut ialah merekah arus mengeluarkan kreatifitas yang ada dalam diri mereka maupun dalam kelompok, yang nantinya akan mewujudkan sebuah kerjasama diantara anggota Makrab sehingga akan memunculkan peluang usaha yang baik. DalamkegiatanMakrab ini terdapat tiga dosen yang mendampingi mereka,
Seperti Bapak Eko Nur Wahyudi, S.Kom., M.Cs, Ibu Fitika Andraini SH., M.Kn dan Bapak Eka Ardhianto, S.Kom., M.Cs. Beliau bertugas untuk sebagai pendamping dan memberikan arahan sertamat eri dan motivasi dalam kegiatan Makrab tersebut.

 
<< Start < Prev 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 Next > End >>

Page 83 of 158