HMPS-SI Studi Banding ke HIMMSI

Himpunan Mahasiswa Program Sistem informasi  (HMPS-SI), mengadakan kegiatan Studi Banding ke HIMMSI (Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika dan Sistem Informasi) STMIK AMIKOM Yogyakarta, pada tanggal 5 Oktober 2013. Sekitar puluhan anggota HMPS SI mengikuti kegiatan ini. Kegiatan yang diadakan ini merupakan proker (program kerja) dari  HMPS SI pada periode kepengurusan 2013-2014 yang diketuai oleh Guntur Ristian Febriantiyo.

Dalam kesempatan ini, HMPS-MI berkesempatan mengunjungi  anggota HIMMSI, yang bertempat di  STMIK AMIKOM Yogyakarta. Kunjungan ini juga bertujuan untuk saling berbagi, sharing pengalaman tentang organisasi, dan sharing tentang program kerja yang ada antar organisasi. Adapun yang bertindak sebagai dosen pendamping pada studi banding ini adalah Hj. Purwatiningtyas, SE, M.Kom., dosen FTI UNISBANK.

HMPS SI juga berkesempatan melihat ruangan UKM HIMMSI, ruangan kelas, ruangan seminar, dan masih banyak lagi. Kunjungan HMPS SI sangat diapresiasi oleh HIMSSI. Diharapkan, dengan adanya studi banding ini, dapat menambah pengetahuan tentang organisasi, menambah relasi di organisasi lain, bagi setiap anggota HMPS SI yang ada.

 
Dosen UNISBANK Sharing Ilmu WEB : PTS perlu optimalkan WEB untuk komunikasi

Bendan, Semarang, Pengelolaan website merupakan hal yang wajib setelah web itu di buat, hal ini di utarakan oleh Mardi Siswo Utomo, M.Cs Dosen FTI UNISBANK yang menjadi narasumber dalam kegiatan “sosialisasi pengelolaan Website dan Internet” beberapa waktu lalu di Ruang Aula Kopertis VI. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 90 PTS di Jawa Tengah.

Kegiatan ini diprioritaskan bagi PTS yang kurang aktif dalam melakukan pengelolaan website nya, ujar Ngadiyanto, MT selaku ketua panitia. Harapannya setelah mengikuti kegiatan sosialisasi ini, para peserta yang notebene adalah pengelola web dari masing masing PTS akan mampu untuk mengelola lebih baik lagi website kampusnya masing masing dan dapat mempopulerkan website melalui konten konten dan navigasi yang baik sehingga lebih mudah untuk melakukan komunikasi dengan pihak umum.

Di era teknologi saat ini jangan sampai  lembaga perguruan tinggi (PT) yang dikenal oleh masyarakat luas sebagai komunitas intelektual tersebut mengesankan gagap teknologi. Untuk itu, kepemilikan dan keaktifan dalam pengelolaan website di PTS sangat penting dalam upaya menghilangkan kesan tersebut.

Sebagai narasumber kedua adalah Fatkul Amin, M.Kom dosen FTI UNISBANK yang mensharingkan tentang bagaimana Membangun Navigasi dan Konten Situs yang User Friendly. Menurutnya, salah satu hal yang menarik para pengguna internet adalah konten dari website dan navigasi yang mudah. “untuk menarik jumlah pengunjung web, disarankan untuk mengisi web dengan judul da nisi berita yang menarik, sehingga akan banyak pengunjung yang masuk. Selain itu perlu adanya Optimasi web pada mesin pencari seperti Google, kalau bisa munculkan web anda di halaman pertama” jelas Amin pada saat memberikan materi.

 
Penerimaan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2013 pendanaan Tahun 2014

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi memberi kesempatan kepada  mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk mengajukan usulan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang yaitu :  PKM-P, PKM-M, PKM-K, PKM-T dan PKM-KC yang akan didanai tahun 2014.

Perlu  kami  informasikan  bahwa  pengajuan  usulan  proposal  dan  tata  cara  pengiriman  proposal On-Line ke  Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) mengikuti Panduan  PKM  Tahun  2013 (terlampir) yang dapat diunduh pada website

http://dikti.go.id dan http://simlitabmas.dikti.go.id,   dengan   headline   :   Usulan   Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2013.

Sehubungan hal tersebut di atas, kami mohon agar Saudara berkenan  menginformasikan program dimaksud kepada mahasiswa di lingkungan Perguruan Tinggi Saudara, sebagai berikut.

  1. Pendaftaran dilakukan Oleh Staf bagian Kemahasiswaan Perguruan Tinggi dengan alamat http://simlitabmas.dikti.go.id
  2. Pengunggahan dokumen dilakukan oleh mahasiswa setelah proses pendaftaran yang dilakukan selesai.
  3. Batas waktu Pendaftaran dan pengunggahan dokumen usulan on-linesampai dengan 31 Oktober 2013. Apabila lewat dari batas waktu yang telah ditentukan, maka proses pendaftaran dan pengunggahan tidak dapat dilakukan.
  4. Ditlitabmas tidak menerima Proposal Usulan dalam bentuk hardcopy (dokumen tersebut disimpan di Perguruan Tinggi pengusul untuk keperluan administrasi).

Lampiran File:

  1. Surat Penerimaan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2013 pendanaan     Tahun 2014
  2. Panduan PKM Tahun 2013

 

Sumber : dikti.go.id

     
    BULUTANGKIS raih Juara I POMDA JATENG 2013

    Bulutangkis Universitas Stikubank (UNISBANK) kembali menorehkan prestasi, M. Azis dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI) meraih juara pertama tunggal Putra pada kejuaran POMDA Bulu Tangkis Jawa Tengah 2013 setelah berhasil mengalahkan lawanya asal Universitas Muria Kudus (UMK), Eko Kuspriyanto,yang diadakan pada September lalu di Gelora (Gedung Olah Raga) Universitas Semarang (USM).

    “anak ini sebenarnya memang berbakat dan aktif di bulutangkis, memang sejak pertama kali mendaftar di UNISBANK, aziz memang sudah berbrestasi di olahraga bulutangkis, tinggal memoles lagi untuk membuatnya terus berprestasi saja” ujar Fitika Andraini selaku Kabag Kemahasiswaan UNISBANK yang dalam hal ini selalu mendukung mahasiswa untuk lebih berprestasi lagi.

    Sebenernya ini bukanlah kali pertama M. Azis ketemu difinal dengan Eko Kuspriyanto yang sebelumnya pernah ketemu dikejuaran POM RAYON I Jawa Tengah yang dimenangkan oleh M. Azis melalui dua set langsung.

    "Dengan prestasi ini, saya menjadi lebih termotivasi untuk lebih baik kedepanya.Target ke depan kejuaraan POMPROV untuk  mewakili Jawa Tengah dan UNISBANK pada bulan Nopember di Jogyakarta, semoga bisa juara lagi" ujar azis

     

     
    Kunjungan Kerja Lapangan FTI

    Fakultas Teknologi Informasi UNISBANK mengadakan KKL (Kunjungan Kerja Lapangan) pada tanggal 19-24 September 2013, yang diprakarsai oleh BEM FTI UNISBANK bekerjasama dengan Biro Perjalanan Wisata Smart Wisata yang berasal dari Semarang. Adapun KKL ini merupakan program kerja yang sudah terbentuk kepanitiaanya kurang lebih 3 bulan yang lalu. Pada kesempatan KKL kali ini, jumlah peserta keseluruhan mencapai 100 orang, termasuk 4 dosen pembimbing yaitu Fatkhul Amin,ST.,M.Cs,Teguh Khristanto.,M.Kom, Novita Mariana.,M.Kom dan Sri Eniyati., M.Cs serta 16 panitia dari BEM FTI.

    Adapun kunjungan industri yang dilakukan pertama kali adalah kunjungan House of Sampoerna atau Museum Sampoerna Surabaya, pada hari kedua (19/9). Pada kunjungan ini, para peserta diceritakan tentang sejarah berdirinya perusahaan rokok Sampoerna, dan diperlihatkan tentang proses produksi rokok Sampoerna yang ditangani oleh total 2050 karyawan yang tersebar di gedung produksi yang ada di museum, dan gedung produksi utama, dan diperlihatkan tentang mesin-mesin, bahan-bahan, perlatan kantor yang ada di museum dan masih banyak lagi.

    Kunjungan selanjutnya yang dilakukan pada kegiatan ini adalah kunjungan ke Jawa Pos Surabaya, pada hari yang sama. Kunjungan ini langsung disambut oleh bapak Rudi, dari department  IT Jawa Pos. Kunjungan ini dipusatkan di ruang redaksi Jawa Pos, lantai 4. Hampir sama dengan kunjungan di House of Sampoerna, pada kesempatan ini peserta diceritakan tentang berdirinya perusahaan Jawa Pos, yang merupakan perusahaan media massa terbesar di Indonesia, serta diperlihatkan ke ruang redaksi tempat proses pembuatan berita dilakukan. Salah satu hal yang membanggakan adalah, para peserta diberikan kesempatan berkunjung ke perusahaan media massa terbesar di Indonesia, yang membawahi  170 anak perusahaan media massa daerah, dan juga merupakan salah satu media massa terbaik di dunia versi WANIFRA, persatuan perusahaan Koran dunia.

    Kunjungan ke Bali TV, dan Dewata Art Center yang ada di Bali dilanjutkan pada hari ketiga (20/9). Keseluruhan kunjungan industri yang dilakukan oleh para peserta dari KKL FTI 2013 ini mendapat sambutan baik dari para petugas di setiap industri. Salah satu yang menyambut baik kunjungan ini adalah ibu Ayu Dewi Martika, pimpinan redaksi Bali TV. “Saya sudah sering menerima kunjungan dari mahasiswa, saya sangat senang, walaupun pada kesempatan ini tidak bisa melihat studio kita”. “Diharapakan kita bisa saling sharing, memperkaya pengetahuan, dan bisa dapat sesuatu yang berguna dai kunjungan ini”, ujarnya saat diwawancarai oleh tim SWAT BEM FTI.

    Pada kunjungan di Dewata Art Center, para peserta diperlihatkan tentang proses produksi mulai dari desain, pemotongan, proses, dan finishing  kaos Dewata yang menjadi salah satu oleh-oleh yang cukup terkenal di pulau Dewata. Tidak hanya itu, setelah makan siang di tempat tersebut, mahasiswa disuguhi hiburan dari salah satu petugas di Dewata Art Center, dan acara ini pada kunjugan ini adalah acara motivasi kewirausahaan, oleh bapak Agung Dharma Yudha, pemilik Dewata Art Center ini.

    Setelah melakukan banyak kunjungan industri, para peserta dari KKL FTI 2013 ini juga berkesempatan mengadakan rekreasi bersama. Beberapa tempat rekreasi yang sempat dikunjugi adalah pantai Sanur, pantai Dream Land, Watersport Tanjung Benoa, dan pantai Kuta untuk melihat sunset. Tidak hanya itu, peserta juga berkesempatan untuk berbelanja di pusat oleh-oleh di Bali, seperti di Dewata Art Center, Bali Boy, Joger, dan Krisna Art Center.

     
    << Start < Prev 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 Next > End >>

    Page 83 of 152