PENYANDIAN DATA DENGAN KRIPTOGRAFI PASSWORD BASED ENCRYPTION MENGGUNAKAN MESSAGE DIGEST 5 DAN DATA ENCRYPTION STANDART

Edy Winarno

Abstract


PENYANDIAN DATA DENGAN KRIPTOGRAFI PASSWORD BASED ENCRYPTION MENGGUNAKAN MESSAGE DIGEST 5 DAN DATA ENCRYPTION STANDART

Edy Winarno

Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Stikubank Semarang

 

Abstraksi

Password  Based  Encryption  (PBE)  adalah  sebuah  metode  kriptografi simetrik  yang  menggunakan  kunci  seperti  password  dalam  melakukan  proses enkripsinya  dan   menggunakan   kunci   yang  sama  untuk  melakukan  proses dekripsinya  sehingga  akan  dihasilkan  data  yang  sama  dengan  data  plaintex aslinya.

Data plaintex yang telah dienkripsi akan menghasilkan sebuah chipertex yang tidak dapat dibaca oleh orang lain. Chipertex inilah yang akan dikirimkan ke pihak  kedua  sehingga  akan  memiliki  kerahasiaan  yang bisa  diandalkan.  Data chipertex   yang  dihasilkan  akan  berubah-ubah  sesuai   masukan  data   kunci password yang diberikan.

Password Based Encryption dengan Message Digest (MD5) dan Data Encryption Standart (DES) merupakan metode kriptografi menggunakan algoritma yang menggabungkan antara metode hashing dan enkripsi standar.  MD5 adalah algoritma message  digest yang dikembangkan oleh Ronald Rivest dimana MD5 ini mengambil pesan dengan panjang sembarang dan menghasilkan message digest 128 bit. Pada MD5 pesan diproses dalam  blok 512 bit dengan empat round berbeda.

DES bekerja dalam model bit , atau angka biner 0 dan 1. Setiap kelompok dari 4 bit membentuk hexadesimal, atau bilangan berbasis 16. Angka biner 0001 membentuk angka heksa  1, dan seterusnya. DES bekerja dengan mengenkripsi setiap  group  yang  terdiri  dari  64  bit  data.

Kata kunci : Kriptografi, enkripsi, dekripsi, Password

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.