Pengembangan Sistem Informasi Kampus

Pengelolaan Unit Usaha sebesar Universitas Stikubank, sudah tentu harus didukung oleh informasi yang memadai ; ternyata setelah Yayasan yang bertugas sejak 2018 ini memegang kendali, Yayasan mendapati antara lain hal hal sebagai berikut :

  1. Sistem keuangan / administrasi pembayaran uang kuliah tidak terintegrasi dengan sistem kependidikan ; maka mahasiswa masih harus antre untuk menunjukkan bukti bayar agar bisa memperoleh kartu ujian
  2. Sistem penganggaran / admistrasi keuangan tidak terintegrasi antar prodi dan fakultas, kemudian antara anggaran dan realisasi, semua masih dilakukan secara manual sehingga amat tergantung pada kebijakan ”Yayasan”

Akibatnya, pemeliharaan bangunan, penyediaan sarana prasarana mengajar atau alat alat praktikum, pengembangan Universitas menjadi diabaikan.

Dengan melihat semua kekurangan diatas, maka Yayasan sekarang punya misi untuk mendesain sistem yang bisa lebih transparan, akuntabel dan mementingkan pelayanan kepada mahasiswa sebagai “end user” Universitas :

Perubahan sistem pembayaran yang dulu ke beberapa rekening atas nama “Yayasan”, sekarang dipusatkan pada satu rekening sehingga mudah dikontrol.

Sedang dirintis (semoga awal Nopember terlaksana) sistem Virtual Account ; pada sistem VA ini maka mahasiswa tidak usah lagi melakukan pembayaran, bank secara otomatis akan men debet rekening mahasiswa di BCA, dibayarkan ke rekening VA masing masing mahasiswa ;

Dikembangkan pula web Unisbank dengan informasi tagihan, nilai, pengumuman lainnya yang bisa dilihat oleh masing masing mahasiswa dan orang tua mahasiswa, dengan password masing masing.

Kartu Mahasiswa yang akan dibagikan dengan desain terlampir, berfungsi juga sebagai kartu Flazz, jadi selain kepentingan internal seperti kartu identitas mahasiswa, kartu presensi, kartu anggota perpustakaan dan lain lain, juga secara eksternal berfungsi sebagai alat pembayaran di merchant merchant yang bekerjasama dengan BCA : misal Indomaret, securepark dan lain lain.

Memang masih banyak yang harus dilakukan dengan anggaran yang terbatas, maka diharap kesabaran mahasiswa untuk melihat bahwa satu demi satu masalah ini akan kami selesaikan : Semoga dalam satu dua tahun ini sistem tersebut bisa selesai dilaksanakan.