Ilmu Hukum

FH Unisbank bersama LRC-KJHAM selenggarakan Sekolah Gender & HAM

 

 

 

 

Sejumlah 21 (dua puluh) satu orang yang terdiri dari mahasiswa, pendamping perempuan dan anak tampak serius mengikuti pelatihan. Diharapkan para peserta ini akan menjadi pendamping bagi korban kekerasan terhadap perempuan dan anak di Jawa Tengah. Pelatihan yang bertema Sekolah Gender dan Hak Asasi Manusia (Kader HAM) diselenggarakan kerjasama antara Fakultas Hukum (FH) Unisbank Semarang dan LRC-KJHAM (Legal Reources Center untuk keadilan gender dan HAM) di Kampus FH Unisbank Mugas Semarang mulai 5-14 Nopember 2018.

Dekan Fakutas Hukum Unisbank Semarang Dr.Rohmani,SH.M.Hum didampingi Kepala Program Studi (kaprogdi) Adi Suliantoro,SH.MH memberikan sambutan sekaligus membuka pelatihan Kader HAM. Menurutnya, FH Unisbank menyambut positif dan akan terus mendukung program semacam ini. Selain sudah terjalin kerjasama sebelumnya, FH Unisbank seringkali mengirim mahasiswa tingkat akhir untuk program magang di LRC-KJHAM ataupun menjadikan LRC-KJHAM sebagai tempat untuk melakukan penelitian bagi mahasiswa, ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur LRC-KJHAM (Legal Reources Center untuk keadilan gender dan HAM), Dian Puspitasari,SH. Menurutnya sekolah Kader HAM ini diselenggarakan sebagai bentuk respon atas meningkatnya jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Jawa Tengah. Dibutuhkan kerjasama banyak lembaga untuk memulihkan korban dan terus menerus  melakukan pendampingan terhadap korban. Tidak kalah penting adalah memunculkan kader atau pejuang HAM agar mempunyai empati terhadap korban, pengetahuan dan kemampuan dalam mendapingi korban,, jelasnya.

Dian menambahkan, dalam pelatihan ini materi yang disampaikan adalah pengetahuan hukum dan HAM, ketrampilan dalam melakukan konseling, kampanye hingga pendokumentasian terhadap kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Mudah-mudahan pelatihan ini memunculkan para pejuang HAM yang peduli dan mau melakukan pendampingan terhadap korban, harapnya.

FAKULTAS HUKUM


Dengan status terakreditasi "B" dari BAN-PT, Fakultas Hukum Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang memiliki visi akan menjadi Fakultas Hukum terdepan dalam kualitas dibidang Hukum Ekonomi yang berbasis Teknologi Informasi/Komputer sesuai dengan perkembangan IPTEK dan kebutuhan masyarakat baik lokal, regional maupun global. Dalam pencapaian itu, Fakultas Hukum menyiapkan mahasiswa untuk menjadi sarjana Hukum yang ahli, profesional dan memiliki kemampuan untuk menerapkan hukum dalam menyelesaikan masalah hukum di masyarakat.

 

VISI

Fakultas Hukum memiliki visi pada tahun 2020 menjadi salah satu pusat pendidikan akademik dan profesional, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Ilmu Hukum khususnya Hukum Ekonomi yang memiliki keunggulan bersaing dan berkelanjutan, dalam rangka membangun masyarakat yang sejahtera, modern dan efisien.

MISI
Fakultas Hukum mempunyai misi melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam Ilmu Hukum, khususnya Hukum Ekonomi dengan mengembangkan iklim akademik yang diperlukan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkemampuan akademis, berbudi pekerti luhur, mau dan mampu bekerjasama, rajin, ulet, inovatif dan mampu bersaing secara lokal, regional maupun global, mengembangkan serta memajukan IPTEK di bidang Ilmu Hukum khususnya Hukum Ekonomi.

TUJUAN
Fakultas HUKUM mempunyai tujuan :

1) Menghasilkan lulusan yang berkemampuan akademis di bidang Hukum Ekonomi yang berkualitas, selalu menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2) Menumbuhkan dan mengembangkan masyarakat ilmiah khususnya dalam perkembangan hukum di Indonesia
3) Menghasilkan lulusan yang selalu tanggap kepada lingkungannya, khususnya kesejahteraan masyarakat, dengan menempatkan hukum sebagai panglima dalam kehidupan masyarakat
4) Menghasilkan Sarjana Hukum Plus yang ahli di bidang Hukum Ekonomi yang berprospek dalam lingkup pekerjaan seperti Corporate Lawyer, Konsultan Hukum Pasar Modal, Advokat/Pengacara, Basis melanjutkan ke Notariat, Hakim, Jaksa, Polisi, Kurator Kepailitan, Recruitment Consultant dan lain-lain, serta mampu menghadapi tantangan perubahan yang demikian cepatnya di bidang IPTEK pada umumnya maupun Yuridis khususnya bidang Hukum Ekonomi


PROGRAM STUDI
1. Ilmu Hukum (S-1) Terakreditasi 'B'

FASILITAS
- Laboratorium Peradilan Semu untuk praktik peradilan
- Ruang Kuliah Ber-AC dilengkapi LCD Proyektor
- Dosen Berkompeten di bidangnya

KERJASAMA
- Lembaga Bantuan Hukum Mawar Saron
- Notaris Endang Murdia Triningsih, SH
- LRC-KJHAM Jateng
- LP2K Semarang