COOPERATIVE LEARNING BAGI PUTRA PUTRI PANTI ASUHAN NURUL ISLAM TLOGOSARI DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS

  • Endang Yuliani Rahayu Universitas Stikubank
  • Sugeng Purwanto Universitas Stikubank
  • Katharina Rustipa Universitas Stikubank

Abstract

Pembelajaran kooperatif dikenal sebagai pembelajaran secara berkelompok. Akan tetapi belajar kooperatif lebih dari sekedar belajar kelompok atau kerja kelompok karena dalam belajar kooperatif ada struktur dorongan atau tugas yang bersifat kooperatif sehingga memungkinkan terjadinya interaksi secara terbuka dan hubungan yang bersifat interdependensi efektif di antara anggota kelompok. Panti Asuhan   merupakan lembaga sosial yang semakin banyak berkembang di tengah masyarakat Indonesia. Ini merupakan salah satu   bentuk gotong royong yang dlembagakan dimana pihak pengelola yang memiliki sumberdaya yang cukup   memberikan  pertolongan, perhatian dan melindung     sejumlah  anak yang masih  di bawah umur  yang  tidak memeiliki orang tua lengkap. Kegiatan pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat FBIB  ini memberikan pelatihan teknik pembelajaran kooperatif  kepada anak-anak Panti Asuhan Nurul Islam  Dengan memberikan pelatihan teknik pembelajaran kooperatif diharapkan anak-anak Panti Asuhan  Nurul Islam bisa melaksanakan belajar bersama dalam kelompok secara terstruktur serta dapat menumbuhkan semangat kerja sama di antara mereka.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif , panti asuhan, cooperative Learning

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed