PERAN TAMBAHAN PELAJARAN PADA PRESTASI SISWA UNTUK PELAJARAN BAHASA INGGRIS

  • Tri Budiyanti

Abstract

Kurangnya jam pembelajaran/tatap muka kepada siswa menjadi kendala utama yang dihadapi pengajar mata pelajaran Bahasa Inggris. Waktu untuk mengembangkan pemahaman siswa terhadap materi menyebabkan kurangnya keterampilan untuk memahaminya menjadi suatu hal yang penting.

Berdasarkan fenomena tersebut, maka studi ini berupaya mengkaji secara empiris mengenai efektifitas tambahan jam dalam meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris siswa. Pengumpulan dilakukan dengan mengambil subjek pada siswa kelas kelas XC dan XD tahun ajaran 2016/2017 SMK Negeri 3 Semarang. Pengujian efektifitas dilakukan dengan menggunakan pendekatan Uji independent sample t test.

Hasil studi empiris mengenai pemberian jam pelajaran tambahan pada kelompok siswa kelas XC dan XD tahun ajaran 2016/2017 menghasilkan rerata nilai akhir pada kelompok siswa yang diberi jam pelajaran tambahan lebih tinggi jika dibandingkan dengan rerata nilai akhir kelompok siswa yang tidak diberi jam pelajaran tambahan. Temuan ini menjadi bukti bahwa pemberian jam pelajaran tambahan secara efektif dapat meningkatkan nilai akhir siswa

 

Kata Kunci:    tambahan, efektifitas

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed