IBM PUSKESMAS DI KABUPATEN DEMAK: PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PUSKKSMAS DALAM USAHA PENIGKATAN PELAVANAN BLDANG ICFSE HATAN MASYARAKAT

  • Siti Munawaroh

Abstract

Puske-mas incrupakan garda tcrdcpan dalam kechatan masyarakat k1iu,usnya Puskesmas yang ada di Kahiipatcn Dcmak yailu Puskesma Mranggcn II dan IlL Puskesmas Mranggcn IT dan LII tcrdapat bcbcrapa bilgian, antara lain bagian 1.3aIai Pengobacan (BP) yang khwu! menangani orang saldi biasa, bagiun Kcsehatau thu dan Anak (KIA) yang k.husu !ncruu1glni hays dan thu hainil, bagian Gigi yang khusus menangani keschaian gigi dan mulut., dan masih banyak lagi bagian Iimnnya. Tujuiin diii lpicks Bagi Masyaraka (IbM) mi adalab mauberikan pelatihan dan pcndiunpingan ternang Simpuskc!mas, insialasi Simpu%kesmas dan Manajernen opeu.i laytirum paicn din pcmeliharaan hardware dan software untuk Simpuskesmas. Metode yang digu.nakan adalah dcnga.n mcmbcrikan pebtihan dan pcndampingan pada staff adrninistrasi dl Puskesmas tentang Sisicm lnfonnasi Manajmen Pu.qkcsmM dcngan mcnggunakan Sistem infnrrna.ci Manajcnen Puskesmas berbasis komputer yang dilak’makan di puskesmas Mrwiggm II dan III Kabupacen Dernak. IbM juga memberikan penjcla.can tentang manajeinen opcrasinnal layanan pasica dan pembuatan instalasi Simpuskesnia. Hasil dan IbM ml ad.alah mcningkamya manajerncn layanan pasien, meningkamya produktilitas SDM yang (erdapat dl PUSkCSmaS dan mcningkamya sistem administrasi dan sisi kccepatan proses dan pelaporan.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed