EFEKTIFITAS IKLAN PRODUK ASURANSI PENDIDIKAN (EDU PLAN) DARI BII

  • Setiomiguno Aryani Ery
  • Suwarti Titiek

Abstract

Efek komunikosi dari suatu iklan akan tercermin dari tanggapan yang Diberikan oleh kansumen sejak mulai mengenal  atau menyadari akan kehadiran suntu produk sampai dengan keyakinan, wntuk melakukan pemhelian  Semua tanggapan yang dituju melalui komunikasi pada akhirnya diharapkan dapat menimbulkan atau  mendorong tindakan  pembelian , yang merupakan efek penjualan dari suatun iklan. Demikian pula halnya dengan BII dengan iklan produknya yaitu “Edu Plan” Efek penjualan pada masa yang akan dating diharapkan dapat terjadi melalui efek komunikasi. Guna melihat itu maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hierarki Pengaruh (hierarki of Effect) dari Lavidge atau Steiner.

Penelitian ini memodiifikasi model untuk mencari model yang paling sesuai MorJel yang paling  sesuai adalah model  alternatif 2 dengan menambah pengaruh dari pengetahuan  terhadap minat beli. Engel, et al (1994, h. 315) menyebutkan bahwa pemasar  mutlak perlu memeriksa apa yang sudah diketahui oleh konsumen, Apu yang konsumen beli, dimana mereka membeli, dan kapan mereka membeli akan bergantung pada pengetahuan yang relevan dengan keputusan ini.

Semua hasil pengujian goodness of Fit model alternatif 3 adalah baik, yaitu ; CMin (4,152), probabititas (0,525), CMin/df (0,830), GFI (0,987)' AGFI (0,946), CFI (1.000), TLI (1.019), RMSEA (0 000)

Hasil pengujian hipotesis menuniukkan bahwa pesan iklan berpengaruh pasitif dan sigiifikin terhadap kesadaran, pengetahuan, kesukaan, preferensi dan minat beli,  sesuai dengan HI, H2, H3, H4, dan H5. Kesadaran berpengaruh positif dan  signifikan terhadap pengetahuan, sesuai dengan H6. Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan ierhadap kesukaan, sesuai dengan II7. Kesukaan berpengaruh posltif dan silnifikan terhadap preferensi, sesuai dengan H8. Preferensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sesuoi dengan H9. Selain itu ditemukan bahwa pengetahuan berpengaruh signifikan positif terhadap minat beli.

Key words : Hierarchy of effect,  advertising,  post testing,  marketing mix

 

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed