PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN PEMBERDAYAAN PEGAWAI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN MEDIASI KOMITMEN ORGANISASIONAL. (STUDI PADA SKPD BADAN KESATUAN BANGSA POLITIK DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT KOTA SEMARANG).

  • 11.42.02.0025 Suparman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengembangan karir dan pemberdayaan pegawai terhadap komitmen organisasional dan terhadap organizational citizenship behavior. Penggunaan variable-variabel dalam variable penelitian tersebut mengacu pada hasil penelitian terdahulu. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Badan Kesatuan Bangsa Politik  Dan Perlindungan Masyarakat Kota Semarang.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survey, dengan responden yang diteliti sebanyak 93 pegawai, Teknik analisis regresi berganda, dengan dua model persamaan yaitu untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir dan pemberdayaan terhadap komitmen organisasional, dan pengembangan karir, pemberdayaan dan komitmen organisasional terhadap organizational citizenship behavior.  Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memenuhi syarat validitas maupun reliabilitas. Pengukuran validitas dengan analisis faktor menunjukkan semua indicator dalan intrumen penelitian mempunyai Loading Faktor. Uji reliabilitas terhadap variabel yang ditelititelah teruji keandalannya atau konsistensiya, karena mempunyai Alpha Cronbach lebih besar dari 0.6.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua model tersebut secara signifikan (kurang dari 5%) mampu menjelaskan perubahan variable terikatnya dengan nilai adjusted R square mendekati angka 1, sehingga model tersebut memenuhi syarat goodness of fit. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pengembangan karir dan pemberdayaan berpengaruh positif terhadap komitmen organisasional. Demikian juga pengembangan karir dan pemberdayaan  serta komitmen organisasional juga berpengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ternyata komitmen organisasional bukan berupakan faktor yang memediasi pengaruh pengembangan karir dan pemberdayaan  terhadap organizational citizenship behavior, tetapi fakor komitmen organisasional mempunyai kecenderungan memperkuat pengaruhnya  terhadap organizational citizenship behavior.

 

Kata Kunci :    pengembangan karir, pemberdayaan, komitmen organisasional, dan organizational citizenship behavior

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed