THE IMPACT OF ORGANIZATIONAL CLIMATE AND EMPOWERMENT ON PERFORMANCE MEDIATED BY JOB SATISFACTION AND ORGANIZATIONAL COMMITMENT (STUDY ON PUBLIC SENIOR HIGH SCHOOL (TEACHERS) IN EAST BATANG)

  • 11 52.02 0063 Diningsih

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh iklim organisasional  dan pemberdayaan  terhadap kinerja guru dengan kepuasan kerja dan komitmen organisasional sebagai mediasi .

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi statistik. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan kuesioner, yang disebar kepada para guru yang ada di Sekolah Menegah Atas Negeri di Batang Timur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim organisasi berpengaruh  positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, berpengaruh positif dan signifikan terhadap  komitmen organisasional, tetapi  ditemukan pengaruh yang positif dan tidak signifikan dari  iklim organisasi terhadap kinerja. Dalam penelitian ini juga disajikan hasil bahwa  pemberdayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, namun tidak signifikan terhadap komitment organisasional. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada pengaruh  positif dan signifikan terjadi antara komitmen organisasional dengan kinerja. Di sisi lain ditunjukkan juga bahwa ada pengaruh yang positif dan tidak signifikan antara kepuasan kerja terhadap kinerja.

 

Kata Kunci : Iklim Organisasional, Pemberdayaan, Guru, Kepuasan Kerja, Komitmen

Organisasional, kinerja.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed