KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PENGARUH PEMBERDAYAAN PEGAWAI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) (STUDI PADA PEGAWAI KANTOR PUSAT PT. BANK JATENG).

  • 11.42.02.0016 Rahayu Ndari Megahati

Abstract

Keberhasilan pencapaian tujuan organisasi sangat tergantung beberapa faktor yang diantaranya adalah pemberdayaan pegawai, kualitas kehidupan kerja dan komitmen organisasional serta organizational citizenship behavior, pemberdayaan pegawai dapat mempengaruhi beberapa factor antara lain kualitas kehidupan kerja maupun komitmen organisasional dan lain sebagainya. Dalam pencapaian tujuannya perusahaan diperlukan komitmen yang tinggi dari segenap anggota organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Pemberdayaan pegawai terhadap kualitas kehidupan kerja dan terhadak komitmen organisasional serta pengaruhnya terhadap organizational citizenship behavior, dengan obyek penelitian PT. Bank Jateng Kantor Pusat Semarang.

Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memenuhi syarat validitas maupun reliabilitas. Pengukuran validitas dengan analisis faktor menunjukkan semua indicator dalan intrumen penelitian mempunyai Loading Faktor diatas 0,4 dengan nilai KMO atau syarat kecukupan sampel sudah diatas 0,5. Uji reliabilitas terhadap variabel yang ditelititelah teruji keandalannya atau konsistensiya, karena mempunyai Alpha Cronbach lebih besar dari 0.6. Penelitian ini menggunakan tiga model pendekatan regresi berganda. Dari hasil penelitian ternyata ketiga model persamaan yang digunakan untuk penelitian ini adalah memenuhi syarat goodness of fit, dengan nilai koefisien determinasi (Adjusted R2) mendekati angka 1 yaitu diatas 90%; dengan hasil uji F masing-masing persamaannya sangat signifikan.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pemberdayaan pegawai berpengaruh positif terhadap kualitas kehidupan kerja dan komitmen organisasional dengan signifikansi  kurang dari 5%; demikian juga pengaruh kualitas kehidupan kerja dan komitmen organisasional terhadap  organizational citizenship behavior  suga berpengaruh sangat signifikan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ternyata kualitas kehidupan kerja dan komitmen organisasional bukan berupakan faktor memediasi pengaruh pemberdayaan dan kualitas kehidupan kerja terhadap organizational citizenship behavior, tetapi kedua variable tersebut mempunyai kecenderungan memperkuat pengaruhnya  terhadap komitmen organisasional maupun organizational citizenship behavior

Kata kunci : pemberdayaan pegawai, kualitas kehidupan kerja, komitmen organisasional dan organizational citizenship behavior.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed