PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Pada PT. Nyonya Meneer Semarang)

  • 10.05.51.0152 Ance You

Abstract

Penelitian ini mengambil obyek pada PT. Nyonya Meneer Semarang. Alasan pemilihan obyek penelitian didasarkan karena ada penurunan pendapatan yang diperoleh perusahaan khususnya 3 tahun terakhir. Dari fenomena tersebut maka perlu dilakukan pembuktian dan penelitian untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi, komitmen organisasional dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan.

Jumlah sampel sebanyak 93 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan pusposive sampling yaitu pengambilan sampel didasarkan kriteria atau pertimbangan antara lain : karyawan tetap PT. Nyonya Meneer Semarang dengan masa kerja minimal 5 tahun, berpendidikan minimal SMA dan bekerja di bagian produksi.

Hasil pengujian diperoleh bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Budaya organisasi terhadap kinerja karyawan, secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan, dan secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan.

Kata kunci: budaya organisasi, komitmen organisasional, kepuasan kerja, dan kinerja karyawan

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed