ANALISIS PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA DENGAN MEDIASI KEPUASAN KERJA ( STUDI PADA PT. BPR NUSAMBA CEPIRING )

  • Dimas Satrio Wicaksono
  • Askar Yunianto

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji “Analisa Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja dengan Mediasi Kepuasan Kerja” (Studi pada PT. BPR Nusamba Cepiring). Permasalahan yang ada di PT. BPR Nusamba Cepiring berkaitan dengan adanya indikasi rendahnya komitmen dan kepuasan kerja serta kinerja karyawan.

Populasi penelitian ini adalah karyawan PT. BPR Nusamba Cepiring yang berjumlah 121 orang, karena terbatasnya jumlah maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan  metode  purposive sampling, diperoleh 116 orang pegawai yang memenuhi kriteria  sebagai responden. Uji hipotesis dilakukan guna mengetahui ada tidaknya pengaruh variabel OCB, Komitmen Organisasional    dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja serta mengetahui ada tidaknya efek    mediasi Kepuasan Kerja pada pengaruh OCB dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja.

Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa: (1) OCB berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Kepuasan Kerja, (2) Komitmen Organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja, (3) OCB berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, (4) Komitmen Organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, (5) Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, (6) Kepuasan Kerja merupakan variabel mediasi yang lebih mampu untuk menjelaskan pengaruh secara tidak langsung pengaruh Komitmen Organisasional terhadap Kinerja.

Kata kunci : Kepuasan Kerja, OCB dan Komitmen Organisasional

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed