PENGARUH KREATIVITAS, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, DAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA AKUNTANSI

  • Evan Darmasaputra Economics and Business Faculty of Atma Jaya Catholic University of Indonesia
  • Weli Weli Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Keywords: creativity, entrepreneurial education, family environment, entrepreneurship interest

Abstract

Di era globalisasi, jumlah penduduk Indonesia mengalami pertumbuhan pesat. Akibatnya, muncul tantangan baru dimana terdapat ketidakseimbangan antara jumlah lapangan pekerjaan dengan pencari kerja, yang secara tidak langsung menyebabkan meningkatnya angka pengangguran. Meskipun demikian, banyak mahasiswa yang masih ingin berkarir sebagai pekerja, akibat faktor kenyamanan. Padahal, kewirausahaan dapat menjadi solusi untuk menghindari ancaman pengangguran. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh dari variabel kreativitas, pendidikan kewirausahaan, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahassiswa akuntansi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner menggunakan metode snowball terhadap 64 responden mahasiswa akuntansi di Universitas Atma Jaya Semanggi. Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi smartPLS 4 dengan 3 teknik analisis, yaitu analisis model pengukuran, model struktural, dan kelayakan model. Hasil dari kegiatan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kreativitas dan lingkungan keluarga secara independen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat berwirausaha, sedangkan variabel pendidikan kewirausahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel minat berwirausaha. Implikasi yang diperoleh dari hasil kegiatan penelitian adalah tingkat kreatifitas mahasiswa dan dukungan lingkungan keluarga memainkan peranan yang penting dalam menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa.

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Alamanda, S. P. (2020). Pengaruh Mata Kuliah Pendidikan Kewiraushaan Terhadap Aktivitas Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2017. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 1–90.

Astiti, Y. W. (2014). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha dan Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, 1–119.

Badan Pusat Statistik. (2023, June 27). Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun (Ribu Jiwa) 2022 - 2023. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTk3NSMy/jumlah-penduduk-pertengahan-tahun--ribu-jiwa-.html

Cempaka Widyawati, N. P., & Mujiati, N. W. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Kewirausahaan Dengan Efikasi Diri Kewirausahaan Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(11), 1116. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i11.p04

Fadli, I. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Parepare. Institut Agama Islam Negeri Parepare, 1–98.

Fernanda, R. (2023). Pengaruh Kreativitas, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Modal Terhadap Minat Berwirausaha. Universitas Islam Negeri Prof K.H. Saifuddin, 1–62.

Ginting, N. A. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Dukungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area. Universitas Medan Area, 1–99.

Haq, A. F. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kreatifitas Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan P.IPS Angkatan 2015/2016 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Universitas Islam Negeri, 1–128.

Harahap, D. (2024). Sosiolog : Gen Z Pengangguran Karena Masa Perlaihan Industri . Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/671805/sosiolog-gen-z-pengangguran-karena-masa-peralihan-industri

Heriyanto, Y. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, dan Penggunaan Media Sosial Melalui Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Ekonomi Pembangunan UNNES Angkatan 2017. Universitas Negeri Semarang, 1–222.

Hutabarat, Z. (2020). Pengaruh Theory Of Planned Behaviour Terhadap Entrepreneurial Intention Di Mahasiswa Tangerang. Universitas Pelita Harapan, 12(2), 159–174.

Idris, M. (2024). Nyaris 10 Juta Gen Z Pengangguran, Ternyata Ini Akar Permasalahannya. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2024/05/24/193945726/nyaris-10-juta-gen-z-pengangguran-ternyata-ini-akar-masalahnya

Ikhyanuddin. (2021). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran, Akuntabilitas Publik, Desentralisasi, dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Manajerial Pemerintah Daerah (Studi Kasus SKPD Kabupaten Bireuen). Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, 2(2), 711–722.

Inayati, F. E. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Sikap, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Terhadap Minat Beriwirausaha. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 1–125.

Lingappa, A. K., Shah, A., & Mathew, A. O. (2020). Academic, Family, and Peer Influence on Entrepreneurial Intention of Engineering Students. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020933877

Lubis, C. R. B. (2021). Pengaruh Motivasi dan Kreativitas Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2017 Universitas Medan Area. Universitas Medan Area, 1–88.

Lumapelumey, I. (2019). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Lama Mencari Kerja Bagi Tenaga Kerja Terdidik Di Kota Ambon. XIII(1), 131–142.

Luthans, Fred. (2011). Organizational behavior : an evidence-based approach. McGraw-Hill Irwin.

Mahanani, E., & Sari, B. (2018). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Fakultas Ekonomi Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Universitas Persada Indonesia Y.A.I, 2(2), 31–40.

Mahardika, D. B., Akbar, B., Falah, C., Simarmata, D. P., Purma, D. W., & Pratama, D. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Wirausaha Melalui Self Efficacy. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 63–73. https://doi.org/10.5281/zenodo.7774764

Musthofa, C. (2023). Pengaruh Motivasi Wirausaha, Lingkungan Keluarga, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2019). Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 1–103.

Naufal, T. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Dukungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiwa Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2020—2021 Universitas Jambi. Universitas Jambi, 1–186.

Nguyen, T. T., Phan, H. T. T., & Pham, V. T. (2021). Impact of creativity on student entrepreneurial intention. International Journal of Innovation, 9(3), 646–663. https://doi.org/10.5585/iji.v9i3.19659

Ningrum, N. S. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan. Universitas Negeri Semarang, 1–245.

Permata, V. V. P. (2019). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran. Unversitas Negeri Yogyakarta, 1–133.

Purnamasari, W. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Berwirausaha Dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi. Universitas Negeri Makassar, 1–131.

Putri, R. S. (2024). 10 Juta Gen Z Nganggur, Menteri Jokowi: Mereka Lagi Cari Kerja. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20240521110006-4-540025/10-juta-gen-z-nganggur-menteri-jokowi-mereka-lagi-cari-kerja

Rahayu, S. (2023). Pengaruh Modal Usaha, Lingkungan Keluarga, Kreativitas, dan Self-Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Dalam Perspektif Manajemen Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 1–190.

Rahmawati. (2023). Pengaruh Motivasi Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2021. Universitas Jambi, 1–147.

Safitri, A. N., & Nugraha, J. (2022). The effect of entrepreneurship motivation and subjective norms on entrepreneurship intention through entrepreneurship education. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 25(Oktober), 295–320. www.ejournal.uksw.edu/jeb

Samsuar. (2019). Atribusi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa, 2(1), 65–69.

Shi, Y., Yuan, T., Bell, R., & Wang, J. (2020). Investigating the Relationship Between Creativity and Entrepreneurial Intention: The Moderating Role of Creativity in the Theory of Planned Behavior. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01209

Silaen, S. M. A. (2019). Hubungan Kreativitas Dengan Minat Berwirausaha Siswa SMK Kelas XII Program Keahlian Busana Di Kota Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, 1–111.

Tambunan, F., & Hasibuan, R. (2019). Pengaruh Percaya Diri Terhadap Berwirausaha. Universitas Sari Mutiara Indonesia, 35–41.

Tasidjawa, S., Amin, M., & Afifudin. (2021). Pengaruh Kreatifitas dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Agustus, 10(13), 1–11.

Tyra, M. J., & Sarjono, A. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirasusahaan Terhadap Minat Berwirausaha. UCMC, 46–67.

Yanti, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus of Control dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268–283. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i2.3774

Published
2025-05-14
How to Cite
Darmasaputra, E. and Weli, W. (2025) “PENGARUH KREATIVITAS, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, DAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA AKUNTANSI”, Dinamika Akuntansi Keuangan dan Perbankan, 14(1), pp. 19 - 34. doi: 10.35315/dakp.v14i1.10124.