THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY, TAX KNOWLEDGE, TAX SANCTIONS, TAXPAYER AWARENESS AND TAXPAYER ENVIRONMENT ON TAXPAYER COMPLIANCE (Cases Study of Taxpayer PPH 21 of Civil Servants in Pemalang District)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, pengetahuan perpajakan, sanksi perpajakan, dan lingkungan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pada Kantor Wilayah Kabupaten Pemalang. Jumlah populasi PNS adalah 9.962, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan uji asumsi klasik menunjukkan bahwa data valid dan reliabel. Hasil distribusi t menunjukkan kualitas pelayanan memiliki nilai t hitung 3,129 dan lebih besar dari t tabel (>1,985), sehingga kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil distribusi t menunjukkan pengetahuan perpajakan memiliki nilai t hitung 2,891 dan lebih besar dari t tabel (>1,985), sehingga pengetahuan perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil distribusi t menunjukkan sanksi perpajakan memiliki nilai t hitung 2,731 dan lebih besar dari t tabel (>1,985), sehingga sanksi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil distribusi t menunjukkan lingkungan wajib pajak memiliki nilai t hitung -0,376 dan lebih kecil dari t tabel (<1,985), sehingga lingkungan wajib pajak tidak mempengaruhi kepatuhan wajib pajak.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Amelia, Tri. A. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus terhadap Tingkat Kepuasan Wajib Pajak (Studi Kasus pada Wajib Pajak yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Anggraeni, L. A. 2017. Pengaruh Kesadaran waji pajak, lingkungan wajib pajak, sikap religiusitas wajib pajak, dan kemanfaatan npwp terhadap kepatuhan wajib pajak (studi empiris pada wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di kpp pratama klaten).Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Daroyani. 2010. Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Pada kendaraan Bermotor (PKB) di Kantor Bersama SAMSAT Denpasar. Jurnal Riset Akuntansi. Vol. 2, No. 2. Halaman 137-155.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Universitas Diponogoro. Semarang.
Jatmiko, Nugroho, A. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang). Tesis Program Pasca Sarjana Magister Akuntansi Universitas Diponegoro. Semarang.
Jotopurnomo, Cindy dan Mangoting, Y. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, Lingkungan Wajib Pajak Berada Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Surabaya, Tax & Accounting Review,Vol 1, No 1.
Lestari. P. 2010. “Analisis Tingkat Pemahaman Wajib Pajak Badan terhadap Pelaksanaan Self Assessment Sytem dalam Pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Badan di KPP Pratama Denpasar Timur”. Skripsi Sarjana Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, Denpasar.
Mardiasmo. 2016. Perpajakan Edisi Terbaru 2016. Yogyakarta: Andi Offset.
Masruroh, S. 2013. Pengaruh Kemanfaatan NPWP, Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris pada WP OP di Kabupaten Tegal). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dipenogoro. Semarang.
Muliari, N. K. dan Setiawan, P. E. 2011. Pengaruh Persepsi tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Vol 2.
Nalendro, T. I. 2014. Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Berwirausaha Dengan Lingkungan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris di KPP Pratama Kudus).SkripsiFakultas Ekonomi dan BisnisUniversitas Diponegoro. Semarang.
Noviantari, P dan Setiawan, P. E. 2018. Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan, Pemahaman, Persepsi Sanksi Perpajakan, dan Lingkungan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (studi empiris pada wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di kpp Badung Selatan). E-Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia
Oktafiyanto, I. dan Wardani, D. K. 2015. Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan. Jurnal Akuntansi Vol. 3. No. 1. Halaman 41-52.
Palil, M. R. 2005. Does Tax Knowledge Matter in Self Assessment System Evidence from Malaysia Tax Administrative. The Journal of American Academy of Business 2. Cambridge.
Pratiwi, W. P. A. E.dan Supadmi, N. L. 2016. Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak (Studi empiris pada wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur). E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.15.1. April (2016): 27-54. Bali. Indonesia
Rahayu, Siti Kurnia. 2017. Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Rekayasa Sain. Bandung.
Rahman. 2011. Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan,Kesadaran Wajib Pajak, Dan Pelayanan Fiskus Pada Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Program Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Surakarta. Vol 12 No 2.
Santi, A. N. 2012. Analisa Pengaruh Kesadaran Perpajakan, Sikap Rasional, Lingkungan, Sanksi Denda dan Sikap Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada WP OP di Wilayah KPP Pratama Semarang). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponogoro Semarang.
Seni, N. N. A dan Retnadi, N. M. D. 2017. Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Vol 6. No.12. Halaman4043-4068.
Sasmita, P. R. dan Supadmi. L. N. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, BiayaKepatuhan Pajak, Dan Penerapan E-Filing Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.Vol. 14. No. 2.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfa Beta.
Suryanti, H. dan Sari, I. E. 2018. Pengaruh Sanksi Perpajakan, Pelaynan Fiskus dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Pancoran). Jurnal Ilmu Akuntansi. Vol. 16 No. 2. Halaman 14-26.
Syahril, F. 2013. Pengaruh Tingkat Pemahaman Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Fiskus terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak PPh Orang Pribadi (Studi Empiris pada KPP Pratama Kota Solok). Skripsi ProgramStudi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
Widyastuti. Ella. 2015. Pengaruh Tingkat Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, dan Lingkungan Wajib Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris Pada KPP Pratama Surakarta). Skripsi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Winerungan, O. L. 2013. Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan WP OP Di KPP Manado dan KPP Bitung. Jurnal EMBA Hal 960-970. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol 1 No 3.