THE OTHER SIDE OF THE ADVERTISING TAX ( Study Case in District Demak )
Abstrak
Tujuan penelitian adalah mengoptimalisasi kontribusi pajak reklame sebagai sumber dana daerah serta meminimalisasi potensi pajak reklame yang hilang (EOL) di Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif yang bertujuan untuk menemukan penjelasan tentang fenomena belum optimalnya Pajak Reklame sebagai Sumber dana Daerah. Obyek penelitian ini adalah Pajak Reklame di Kabupaten Demak. Kecamatan yang dipilih sebagai sampel penelitian adalah kecamatan yang potensial untuk reklame dalam arti mudah dijangkau dari berbagai penjuru, pusat keramaian dan atau pusat kota meliputi (1) kecematan Demak, (2) kecamatan Guntur, (3) kecamatan Karangawen, dan (4) kecamatan Mranggen. Empat kecamatan ini yang dijadikan basis analisis untuk kemudian digeneralisasi sebagai representasi Kabupaten Demak. Sumber data diperoleh dengan studi dokumenter, wawancara dengan pejabat terkait, serta survei lapangan. Analisis data dilakukan dengan tahapan sebagai berikut (1) penghitungan potensi pajak reklame, (2) menghitung efektivitas pengelolaan pajak reklame, 3 analisis penyebab tinggi rendahnya EOL dan (4) perumusan kebijakan untuk optimalisasi pajak reklame. Dari hasil analisis akan dirumuskan strategi yang tepat untuk meminimalisasi EOL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi pajak reklame sebagai sumber dana daerah masih sangat kecil dan belum optimum. Hal ini terjadi karena masih tingginya Pajak Reklame yang hilang EOL (expected opportunity lost ) dan banyaknya reklame liar. Tingginya EOL dan reklame liar disebabkan karena tata kelola relatif masih lemah (lemahnya sistem informasi, koordinasi dan pengawasan ) dan motivasi kerja petugas yang belum optimal. Untuk optimalisasi potensi pajak reklame perlu dilakukan pengembangan tata kelola berbasis sistem informasi terintegrasi. Untuk meminimalisasi EOL perlu dilakukan kebijakan penguatan tata kelola Pajak Reklame melibuti: (a) membangun sistem informasi pengelolaan pajak reklame yang integratif, (b) penataan ulang organisasi pengelolaan pajak reklame. (c) memperbaiki aturan-aturan kerja, (d) memperbaiki mekanisme kerja yang lebih efektif, dan (e) mengembangkan profesionalisme para petugas yang terlibat.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Eddy Berutu, 2016. Paradigma Baru Dalam Pembangunan Ekonomi Daerah: Papuan News Magazine, December 20,2016 . 147 Views
Elisa Valeriani, Sara Peluso, Reggio Emilia, 2011. The Impact Of Institutional Quality On Economic Growth And Development: An Empirical Study, Journal of Knowledge Management, Economics and Information Technology, issue 6 October 2011.
Frédéric Docquier FNRS and IRES, 2014. Identifying the effect of institutions on economic growth. Université Catholique de Louvain
Gustav Hansson, 2006 :Institutions and their Measures: A Black Box of Goodies, JEL classifications: Göteborg University B40; C82; P48
Hadhek Zouhaier,Mohamed Karim KEFI, 2012. INSTITUTIONS AND ECONOMIC GROWTH: Asian Economic and Financial Review 2(7):795-812
Hadi Salehi Esfahani, María Teresa Ramírez 2002. Institutions, Infrastructure, and Economic Growth : Journal of Development Economics, University of Illinois at Urbana-Champaign JEL Classification: O4, O57, H54, L33, L9
LuisAngeles, 2010. InstitutionsandEconomicDevelopment. New tests and newdoubts. DepartmentofEconomics,UniversityofGlasgow.AdamSmithBuilding,Glasgow. G128RT,UnitedKingdom.
Maya Vijayaraghavan and William A. Ward, 2009: Institutions and Economic Growth: Empirical Evidence front a Cross-National Analysis Clemson University.
Sudaryanto, Ragimun dan Rahma Rina Wijayanti 2012. Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean