PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA DI PT X

  • Firman Ardiansyah Ekoanindyo Stikubank University

Abstract

PT X merupakan salah satu perusahaan karpet yang ada di Semarang. Sebagai salah satu perusahaan kapet di Indonesia, persaingan pasar dalam dan luar negeri adalah salah satu tantangan yang tidak dapat dihindari. Persaingan ketat antar perusahaan penghasil karpet ini menuntut perusahaan untuk memiliki kelebihan yang dapat mendatangkan keuntungan terhadap perusahaan itu sendiri. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan ini adalah menarik konsumen dengan menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Permasalahan yang sering terjadi  waktu pengerjaan produk yaitu untuk memperbaiki produk yang cacat, yang juga akan berdampak pada jumlah produksi. Sehingga permasalahan kualitas ini juga menjadi salah satu penyebab tidak tercapainya target produksi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan metode Six Sigma. Six Sigma dapat digunakan dalam bentuk jenis usaha apa saja dari produk jasa sampai dengan usaha non manufaktur mampu mengatasi masalah dari hulu sampai hilir,  mulai dari rencana  strategi sampai operasional hingga pelayanan pelanggan dilakukan secara maksimal. Permasalahan yang sering terjadi  waktu pengerjaan produk yaitu untuk memperbaiki produk yang cacat, yang juga akan berdampak pada jumlah produksi. Sehingga permasalahan kualitas ini juga menjadi salah satu penyebab tidak tercapainya target produksi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan metode Six Sigma. Six Sigma dapat digunakan dalam bentuk jenis usaha apa saja dari produk jasa sampai dengan usaha non manufaktur mampu mengatasi masalah dari hulu sampai hilir,  mulai dari rencana  strategi sampai operasional hingga pelayanan pelanggan dilakukan secara maksimal.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed