Perancangan Model Pre Assesment Manajemen Kinerja Universitas Menggunakan Kriteria Malcolm Baldrige (Studi Kasus : Universitas Stikubank Semarang)

  • Agus Prasetyo Utomo Universitas Stikubank
  • Hari Murti Universitas Stikubank

Abstract

Visi misi tahun 2020 untuk menjadi perguruan tinggi kelas dunia membutuhkan upaya nyata
dari jajaran manajemen Universitas Stikubank untuk mewujudkanya, oleh karena itu perlu
diciptakan suatu kerjasama dari semua tingkat manajemen, dan stakeholder yang ada. Model
manajemen kualitas Malcolm Baldrige Education Criteria for Performance Excellence
(MBCfPE) mempunyai konsep dan prosedur yang menetapkan petunjuk dan kriteria yang
membantu perusahaan dalam mengevaluasi aktivitas perbaikan kualitas. Melalui pengukuran
kinerja dengan model MBCfPE ini, Universitas akan bisa melihat tingkat pencapaian di dalam
proses menuju perguruan tinggi kelas dunia. Pengembangan sebuah model pre assessment bagi
Universitas diharapkan dapat membantu memberikan sebuah gambaran awal sejauh mana
kesiapan Universitas dalam menerapkan manajemen kinerja kelas dunia. Hasil olah data
menunjukkan bahwa manajemen kinerja Universitas secara umum hasilnya cukup baik. Hal ini di
tunjukkan dengan nilai score sebesar 668,55 dari skala 1000. Nilai ini menunjukkan bahwa upaya
yang dilakukan oleh manajemen Universitas untuk memberikan jaminan mutu pada masyarakat
sudah cukup baik. Skor tersebut juga menunjukkan bahwa pendekatan tata kelola yang dilakukan
Universitas cukup sistematis, efektif, dan responsive. Hasil-hasil yang mengacu pada
persyaratan-persyaratan mahasiswa dan stakeholder lainya, pasar, dan proses operasional,
menunjukkan kinerja dan keunggulan yang baik. Untuk perbaikan kinerja Universitas perlu
dibuat solusi khusus untuk implementasi peningkatan kinerja dari tiap-tiap kategori yang
dirasakan kurang nilainya. Sementara itu untuk kategori yang nilainya sudah cukup baik masih
perlu untuk terus ditingkatkan. Universitas perlu membangun sistem manajemen kinerja yang
lebih baik kedepanya agar visi misi dan tujuan-tujuan strategis dimasa yang akan datang bisa
tercapai secara efektif dan eisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonymous., 2012, Buku Petunjuk 2012-2012
Malcolm Baldrig Education Criteria for
Performance Excellence.
Arcaro, J. S. (1995). The Baldrige award for
education: How to measure and document
quality improvement.
Cooper, D.R. , Emory, C.W., 1996. Metode
Penelitian Bisnis, Erlangga.
George, Stephen, 1992, The Badrige Quality
System, New York: John Wiley & sons.
Hubbard, D. L. (2001). Malcolm Baldrige
National Quality Award for Education 2001
Application. [National award application].
National Institute of Standards and Technology,
2008, Baldrige National Quality
www.baldrige.nist.gov/
Wibisono, P.h.D, Dermawan, 2006, Manajemen
Kinerja: Konsep Desain dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, Bandung,
Erlangga.
Published
2016-07-18
How to Cite
Utomo, A., & Murti, H. (2016). Perancangan Model Pre Assesment Manajemen Kinerja Universitas Menggunakan Kriteria Malcolm Baldrige (Studi Kasus : Universitas Stikubank Semarang). Dinamik, 21(2), 76-83. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/6085
Section
Articles