MODEL ANALISIS PRE-DEFINED SINGLE LINGKAGE CLUSTERING PADA SISTEM REKOMENDASI OBYEK WISATA DI KOTA SEMARANG

  • Dwi Budi Santoso Universitas Stikubank
  • Dewi Handayani U.N Universitas Stikubank
  • Saefurrohman Saefurrohman Universitas Stikubank

Abstract

Perjalanan wisata selalu berkaitan dengan bagaimana seorang wisatawan mengunjungi obyek wisata berdasar kebutuhan informasi tentang rute yang harus dilalui ke obyek wisata yang diinginkan dan transportasi apa saja yang bisa digunakan berdasar waktu yang dimiliki. Petunjuk arah juga sangat diperlukan untuk kemudahan akses perjalanan.

            Model analisis pre-defined singkle-linkage dilakukan untuk menentukan obyek mana saja yang memiliki lokasi berdekatan bisa membentuk satu klaster dan kunjungan dilakukan berdasar jarak paling dekat dengan klaster menuju klaster berikutnya sesuai dengan kelompok jenis obyek wisata. Perhitungan jarak antar obyek dengan pengguna menggunakan metode Euclidean Distance untuk mencari jarak berdasar ketetanggaan terdekat. 

            Hasil analisis penentuan obyek wisata di kota Semarang dengan metode pre- defined single-linkage divisualisasikan menggunakan dendrogram yang bisa menggambarkan kelompok obyek dalam satu klaster berdasar ketetanggaan terdekat. Dari dendrogram bisa dilihat jumlah klaster yang terbentuk dari 14 obyek wisata.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed