Rancang Bangun Sistem Informasi Reservasi Kamar Pada Neu Hostel Cisarua Menggunakan Metode Prototype

  • Luki Aldiansyah STMIK AMIK BANDUNG

Abstract

Dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi, banyak perusahaan, terutama di sektor perhostelan, mulai menaruh minat dan mengembangkan sistem reservasi menggunakan teknologi informasi. Neu Hostel adalah sebuah hostel yang berlokasi di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, dengan alamat Tugu 1 No 1, RT 02/RW 08, Tugumukti, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Saat ini, proses reservasi kamar di Neu Hostel masih dilakukan secara manual, tetapi pelayanan kepada para pengunjung hostel belum optimal karena terbatasnya informasi mengenai ketersediaan kamar dan fasilitas yang tersedia di hostel.

Dalam rangka mempermudah proses reservasi kamar dan meningkatkan pelayanan kepada pengunjung hostel, penulis telah mengembangkan sebuah aplikasi berbasis web menggunakan kerangka kerja CodeIgniter dan metode Prototype. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Neu Hostel. Sistem informasi reservasi hostel ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan kerangka kerja CodeIgniter, dan didukung oleh sistem manajemen basis data MySql dan editor teks Sublime Text.

Dengan menggunakan sistem informasi reservasi Neu Hostel, pengunjung dapat dengan mudah melakukan reservasi kamar dan mendapatkan informasi yang tepat mengenai ketersediaan kamar dan fasilitas yang tersedia. Sistem ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pengalaman para pengunjung hostel dan meningkatkan efisiensi operasional di Neu Hostel.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed