Animasi Motion Graphic sebagai Media Pembelajaran Interaktif Aksara Lontara Bahasa Makassar di Sekolah Dasar

  • Muh Rizal Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Andi M Yusuf Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Lutfi Ali Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Mursalim Mursalim Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Nuraida Latif Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Elly Warni Universitas Hasanuddin

Abstract

Permasalahan dalam pengembangan media pembelajaran Aksara Lontara Bahasa Makassar untuk siswa sekolah dasar yang menggunakan animasi motion graphic berbasis multimedia adalah bahwa selama ini pembelajaran Aksara Lontara di sekolah masih mengandalkan buku dan belum tersedianya media pembelajaran interaktif yang mendukung proses belajar. Kondisi ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari Aksara Lontara. Solusi atas permasalahan ini adalah pengembangan media pembelajaran Aksara Lontara dengan menggunakan Animasi Motion Graphic, yang diharapkan dapat memfasilitasi proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengimplementasikan media pembelajaran Aksara Lontara Bahasa Makassar dengan Animasi Motion Graphic berbasis multimedia di SDN Paccerakkang. Data diperoleh melalui penelitian lapangan, penelitian pustaka, dan wawancara. Metode yang digunakan adalah metode ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan persentase keberhasilan sebesar 76,66% dari pengujian alpha oleh ahli materi dan ahli budaya, yang termasuk dalam kategori layak. Sementara itu, persentase total dari pengujian beta yang dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada siswa SDN Paccerakkang adalah 80,13%, juga termasuk dalam kategori layak.

References

[1] W. Sarinastiti, D. Susanto, and R. Mutammimah, “Skill level animation technique on dental care motion graphic for children,” 2016 Int. Electron. Symp., pp. 389–394, 2016, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:32197339
[2] A. Ramdhani, A. Baharmoko, and H. Wijaya, “PERANCANGAN MOTION GRAPHIC PENGENALAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK SISWA SMA-SMK,” PARAVISUAL J. Desain Komun. Vis. dan Multimed., 2021, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:245761087
[3] A. Kumar, A. Singhal, K. Vengatesan, and D. K. Verma, “Study and Research of 3D Animation Courseware Development,” 2018 Int. Conf. Recent Innov. Electr. Electron. Commun. Eng., pp. 2514–2516, 2018, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:211688285
[4] S. Musa, R. Ziatdinov, O. F. Sozcu, and C. Griffiths, “Developing Educational Computer Animation Based on Human Personality Types,” Soc. Personal. Psychol. eJournal, 2015, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:18373994
[5] M. Oktanizar and D. E. Kurniawan, “Development of Motion Graphic as Education Material for Promoting Shipping Industry Using EPIC Model Testing,” IJNMT (International J. New Media Technol., 2021, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:237875907
[6] P. Panyahuti, “Validity Test of Motion Graphics Media as A Wide Area Network Learning Media,” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., 2022, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:253278168
[7] L.-H. Ho, H. Sun, and T.-H. Tsai, “Research on 3D Painting in Virtual Reality to Improve Students’ Motivation of 3D Animation Learning,” Sustainability, 2019, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:159288016
[8] S. Masripah and L. Ramayanti, “Penerapan Pengujian Alpha Dan Beta Pada Aplikasi Penerimaan Siswa Baru,” Swabumi, vol. 8, no. 1, pp. 100–105, 2020, doi: 10.31294/swabumi.v8i1.7448.
[9] C. Budoya, M. Kissaka, and J. Mtebe, “Instructional design enabled Agile method using ADDIE model and Feature Driven Development method,” Int. J. Educ. Dev. using ICT, vol. 15, no. 1, May 2019, [Online]. Available: https://www.learntechlib.org/p/209737
[10] A. P. Siswa, M. Asdam, V. Angreani, and M. Asia, “Education , Language , and Culture ( EDULEC ) Desain Bahan Ajar Keterampilan Membaca Berbasis Pendekatan Integratif Sebagai Bahan Implementasi Model,” no. 3, pp. 350–366, 2023.
[11] P. Utomo, A. Budiman, and D. N. Amadi, “Optimasi Metode Simple Additive Weighting Menggunakan Skala Likert dalam Aplikasi Pemilihan Peserta Rapat Bersih Dusun,” J. Comput. Inf. Syst. Ampera, vol. 4, no. 3, pp. 2775–2496, 2023, [Online]. Available: https://journal-computing.org/index.php/journal-cisa/index
[12] S. Sumartini, K. S. Harahap, and S. Sthevany, “Kajian Pengendalian Mutu Produk Tuna Loin Precooked Frozen Menggunakan Metode Skala Likert Di Perusahaan Pembekuan Tuna,” Aurelia J., vol. 2, no. 1, p. 29, 2020, doi: 10.15578/aj.v2i1.9392.
Published
2025-01-31
How to Cite
Rizal, M., Yusuf, A., Ali, L., Mursalim, M., Latif, N., & Warni, E. (2025). Animasi Motion Graphic sebagai Media Pembelajaran Interaktif Aksara Lontara Bahasa Makassar di Sekolah Dasar. Dinamik, 30(1), 26-35. https://doi.org/10.35315/dinamik.v30i1.9780
Section
Articles