Rancang Bangun Sistem Penjualan Online berbasis Android menggunakan Metode UML Studi Kasus Toko NiceSo
Abstract
Pesatnya perkembangan belanja online melalui platform internet telah menyebar ke seluruh dunia khususnya di Indonesia dan telah banyak diketahui oleh masyarakat. Dalam konteks ini, kehadiran toko online atau e-commerce membantu perusahaan untuk menawarkan layanan dan produk yang berbeda, mengkomunikasikan informasi bisnis dan menjaga hubungan antara pemasok dan pelanggan. E-commerce memungkinkan transaksi bisnis diproses lebih efisien. Berbagai penelitian telah mengkonfirmasi bahwa e-commerce membantu bisnis memperluas jangkauan pasar mereka dengan menawarkan produk dalam skala besar dan menyediakan penyimpanan data dan pelaporan yang dapat diakses dan disimpan melalui platform web. NICESO merupakan perusahaan retail dengan konsep toko modern yang menawarkan berbagai macam produk antara lain alat tulis, mainan, aksesoris, peralatan rumah tangga, aksesoris handphone, dan komputer. Tujuan dari pengembangan aplikasi NICESO adalah untuk membuat aplikasi penjualan yang memungkinkan masyarakat mencari dan membeli produk di suatu toko tanpa harus datang langsung ke toko. Aplikasi juga membantu toko NICESO menjangkau pelanggan, baik yang berbelanja langsung di toko maupun yang menggunakan aplikasi. Perancangan aplikasi ini dirancang agar mudah dipahami oleh berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga orang tua.
References
[2] M. D. Kartika and Y. Priyadi, “Pengembangan Sistem Penjualan Menggunakan UML dan Proses Bisnis E-Commerce Pada TB.Purnama Banjarnegara,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 3, pp. 480–497, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i3.416.
[3] M. Y. Herosian and M. A. Samvara, “the Effect of the Use of Digital Marketing and the Ease of Access of Online Shopping Application Services in Improving Purchasing Power of the Community of the Medan City in the Era Revolution of the Marketing Industry 4.0,” J. Ilm. Bina Manaj., vol. 3, no. 1, pp. 10–26, 2020, doi: 10.33557/jibm.v3i1.825.
[4] M. F. Widiyantoro, N. Heryana, A. Voutama, and N. Sulistiyowati, “Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking,” Inf. Manag. Educ. Prof. J. Inf. Manag., vol. 7, no. 1, p. 1, 2022, doi: 10.51211/imbi.v7i1.1949.
[5] J. Simangunsong and A. Voutama, “Rancang Bangun Sistem Informasi Online Marketplace Berbasis Web Application Studi Kasus : Klg Campus Residence,” vol. 7, no. 2, pp. 1261–1268, 2023.
[6] Q. Ma and L. Liu, “The Technology Acceptance Model,” J. Organ. End User Comput., vol. 16, no. 1, pp. 59–72, 2004, doi: 10.4018/joeuc.2004010104.
[7] Muhammad Fiqri Widiyantoro, Taufik Ridwan, N. Heryana, A. Voutama, and Siska, “Perancangan UI/UX Prototype Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Fasilkom, vol. 13, no. 02, pp. 121–131, 2023, doi: 10.37859/jf.v13i02.5265.
[8] N. Nurshadrina and A. Voutama, “Penerapan Unified Modeling Language.(UML) Dalam Membangun Sistem Pengenalan UMKM (Studi Kasus Rafa Laundry),” Inf. Manag. Educ. Prof. J. Inf. Manag., vol. 7, no. 1, p. 21, 2022.
[9] A. Alexander, D. Wahjudi, and J. Budiman, “Analisis Kebutuhan Konsumen Dan Rekomendasi Perancangan Perumahan Dengan Luas Bangunan 36 - 70 M2,” Dimens. Utama Tek. Sipil, vol. 2, no. 1, pp. 8–15, 2015, doi: 10.9744/duts.2.1.8-15.
[10] R. Abdul Rahmad, D. Nurul Huda, and A. Kriswantoro, “Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Web,” J. Bangkit Indones., vol. 12, no. 1, pp. 29–36, 2023.
[11] A. Yasinta Permana and A. Voutama, “Pemodelan UML Pada Sistem Penjualan Sembako Di Toko Amshop,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 7, no. 1, pp. 41–50, 2022.
[12] A. Voutama, “Sistem Antrian Cucian Mobil Berbasis Website Menggunakan Konsep CRM dan Penerapan UML,” Komputika J. Sist. Komput., vol. 11, no. 1, pp. 102–111, 2022, doi: 10.34010/komputika.v11i1.4677.
[13] I. A. Adha, A. Voutama, and A. Ali Ridha, “Perancangan UI/UX Aplikasi Ogan Lopian Diskominfo Purwakarta Menggunakan Metode Design Thinking,” JOISIE J. Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 7, no. 1, pp. 55–70, 2023.
[14] M. Trifena, A. Voutama, and A. A. Ridha, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Sistem Pendaftaran Rumah Sakit Saraswati Berbasis Mobile Dengan Metode Design Thinking,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 7, no. 2, pp. 113–123, 2023.
[15] F. N. Sa’adah and A. Vontama, “Perancangan Aplikasi Penjualan Fashion Dan Aksesoris Berbasis Web Pada Toko Fitrin,” J. Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 1364–1371, 2023.
Copyright (c) 2025 Ashifa Halimatus Sadiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.