RANCANG BANGUN E-OFFICE ADMINISTRASI SURAT DI BAGIAN HUMAS UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG

  • Endang Lestariningsih . FTI Unisbank Semarang

Abstract

Abstraksi

 

Ketertiban dan kelancaran merupakan faktor penting dalam kepengurusan administrasi tata usaha perkantoran.Tata usaha adalah segenap aktifitas menghimpun, mencatat, mengolah mengirim dan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam setiap organisasi. Salah satu tugas tata usaha dari pengertian diatas berkaitan dengan keterangan, surat menyurat dan warkat-warkat, oleh karena itu tata usaha sering disebut pekerjaan tulis menulis maka tercipta warkat yang kemudian terkumpul menjadi arsip.

Bagian Humas merupakan salah satu bagian yang memiliki posisi penting dalam sebuah organisasi, terlebih adalah bagian Humas Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang yang mana bagian ini selalu berhubungan dengan pihak eksternal dan pihak internal. Dalam pelaksanaan tugas rutin, bidang humas tidak terlepas dari administrasi surat menyurat baik dengan pihak eksternal maupun pihak internal. Prosedur pengelolaan surat yang sampai saat ini masih manual, yaitu surat diterima dan surat keluar masih dicatat dalam bentuk buku manual dan arsip mengakibatkan proses administrasi menjadi kurang responsif.

Hasil dari Sistem Informasi Rancang Bangun E-Office Administrasi Surat di Bagian Humas Universitas Stikubank Semarang yang dibuat dapat membantu mempercepat proses administrasi pengarsipan dalam hal penyimpanan data, pencarian data, pembenahan data dan rekapitulasi data.

Kata Kunci : e-office, surat masuk surat keluar, administrasi

Author Biography

Endang Lestariningsih ., FTI Unisbank Semarang
Sistem Informasi
Published
2015-10-01
How to Cite
., E. (2015). RANCANG BANGUN E-OFFICE ADMINISTRASI SURAT DI BAGIAN HUMAS UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG. Jurnal Dinamika Informatika, 7(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti2/article/view/4243
Section
Articles