APLIKASI E–KAMUS OTOMOTIF BERBASIS ANDROID

  • Altida Hekmatiar Universitas Stikubank
  • Arief Jananto Universitas Stikubank

Abstract

Saat ini kendaraan yang paling banyak dimiliki masyarakat adalah kendaraan sepeda motor. Banyak masyarakat yang membeli dan bahkan memiliki sepeda motor lebih dari satu. Karena jenis kendaraan sepeda motor termasuk golongan benda bergerak, maka dibutuhkan kegiatan perawatan berkala, sebab seiring dengan pemakaian sehari-hari komponen mesin akan mengalami kerusakan.Namun saat ini banyak pemilik kendaraan yang pengetahuan otomotifnya masih tergolong rendah. Sebab cukup penting bagi pemilik kendaraan untuk mengetahui atau memahami paling tidak komponen – komponen utama pada kendaraannya sendiri.

Dibutuhkan suatu aplikasi kamus elektronik (E-Kamus) yang dapat membantu memudahkan dalam mencari informasi nama – nama atau istilah – istilah pada otomotif  secara offline. Dengan aplikasi offline,pemakai tidak harus mengeluarkan biaya tambahan untuk selalu terkoneksi dengan jaringan internet. Aplikasi kamus otomotif sepeda motor ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengetahui dan mempelajari tentang macam – macam nama komponen maupun onderdil yang ada dalam suatu kendaraan berserta penjelasannya dengan menggunakan perangkat handphone.

Aplikasi E-Kamus Otomotif Berbasis Android dapat dikatakan user friendly hal ini dapat dilihat dari desain aplikasi,penjelasan informasi dan kemudahan dalam mengakses aplikasi tersebut. Aplikasi e- kamus otomotif berbasis android ini dapat dijalankan pada smartphone android minimal versi 4.0 ICS (Ice Cream Sandwich). Untuk mendapatkan hasil tampilan yang maksimal, spesifikasi penginstalan pada smartphone android masih dibatasi dengan resolusi layar minimal 4.5 inch. Aplikasi e-kamus otomotif berbasis android ini pada halaman penjelasan komponen menjelaskan informasi keterangan dan fungsi komponen beserta contoh gambar pada kendaraan sepeda motor

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed