SISTEM KENDALI KECEPATAN ROBOT MOBIL DENGAN DUA PENGGERAK MOTOR DC BERBASIS ARDUINO

  • Zuly Budiarso Universitas Stikubank
  • Eddy Nur Raharjo Universitas Stikubank
  • Hersatoto Listiyono Universitas Stikubank

Abstract

Motor merupakan komponen utama dalam sistem gerak robot. Salah satu komponen dalam kecerdasan robot adalah kemampuan melakukan berbagai jenis pergerakan. Beberapa jenis gerakan robot memerlukan sebuah motor yang mampu melakukan gerakan tersebut dengan cepat dan akurat.

Motor dc adalah sebuah pelatan elektrik yang bekerja karena adanya arus listrik. Arus listrik akan mengalir melalui sebuah kumparan yang berfungsi membangkitkan gaya gerak listrik  induksi. Dengan adanya GGL induksi akan menggerakkan rotor. Catu daya yang digunakan juga akan mempengaruhi kinerja sebuah motor.

 Sebuah mikrokontroler mampu mengatur kecepatan motor menggunakan sebuah program. Arduino merupakan jenis mikrokontroler yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang dpat digunakan sebagai sistem kendali. Salah satu syarat sistem kendali adalah adanya modul  yang berfungsi sebagai media komunikasi antar muka suatu peralatan dengan peralatan lain.

 Sinyal yang dihasilkan arduino akan diterima oleh modul elektronik sebagai isyarat untuk memberikan daya ke motor dengan polaritas tergantung pada nilai keluaran pin digital Arduino. Terdapat empat titik masukan pada modul driver motor yang bertugas mengatur arah putaran motor. Sedangkan kecepatan motor dc diatur dengan memberikan nilai delay time pada program. Delay time adalah sebuah nilai yang berfungsi mengatur waktu pin digital dalam menghasilkan kondisi HIGH atau LOW.

 

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed