PEMBUATAN ALAT UKUR DIAMETER OBJEK TIGA DIMENSI DENGAN SENSOR ULTRASONIK BERBASIS ARDUINO

  • Sri Tunjung Sujatmiko Unisbank
  • Eddy Nurraharjo

Abstract

Alat ukur merupakan benda yang sering dan banyak dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, sebagai contoh adalah alat ukur diameter. Alat ukur diameter yang sering digunakan saat ini adalah jangka sorong dan micrometer sekrup, dimana dalam pengukurannya harus mengetahui rumus perhitungan pada alat tersebut. Hal ini kurang efektif dan efisien dalam mengkur sebuah diameter.

Dari permasalahan tersebut memunculkan sebuah gagasan untuk membuat alat ukur diameter objek tiga dimensi yang bertujuan mempermudah dalam mengukur diameter objek tiga dimensi dan dapat menjadi alternatif alat ukur diameter objek tiga dimensi lain dalam kehidupan sehari-hari.

Objek tiga dimensi yang digunakan pada penelitian ini adalah kubus, karena sifat kubus yang berpermukaan rata sehingga dapat mempermudah dalam proses pengujian alat ukur nantiny. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Matematis Geometri yaitu dengan menerapkan rumus perhitungan matematika pada listing coding arduino untuk menemukan diameter objek yang diukur.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah alat ukur objek tiga dimensi berserta aplikasi android yang digunakan sebagai monitor atau layar untuk mengetahui data hasil pengukuran.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed