KLASTERISASI LITERATUR MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE AHC DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH

  • Annisa Nur Fadhilah Universitas Stikubank Semarang
  • Arief Jananto Unisbank Semarang

Abstract

ABSTRAK

            Dinas Kearsipan dan perpustakaan Provinsi Jawa Tengah adalah suatu instansi pemerintahan yang menjadi pusat pengelolaan buku dan arsip yang ada di Provinsi Jawa Tengah. pelajar dan mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan literasi yang diperlukan atau untuk sekedar membaca buku. Namun, seringkali buku yang diperlukan oleh mahasiswa persediaannya terbatas dan terkadang statusnya masih dipinjam. Untuk mengelompokkan buku yang sering dipinjam agar pihak perpustakaan dapat lebih efektif dalam menambahkan koleksi buku yang ada pada perputakaan dapat menggunakan metode Single Linkage dan Complete Linkage pada Agglomerative Hierarchial Clustering (AHC).

            Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu untuk metode Single Linkage  menggunakan data sebanyak 1890 data dengan cluster 1 sebanyak 1840 data, cluster 2 sebanyak 34 data, dan cluster 3 sebanyak 16 data. Untuk metode Complete Linkage menggunakan 1890 data dengan hasil cluster 1 sebanyak 1592 data, cluster 2 sebanyak 248 data, dan cluster 3 sebanyak 3 data.

            Dari hasil yang didapat tersebut, dapat diketahui bahwa atribut pekerjaan yang mendominasi adalah mahasiswa dan atribut kategori buku yang mendominasi adalah Ilmu Umum, sehingga pihak perpustakaan dapat menambahkan koleksi Ilmu Umum dan mengurangi koleksi dengan kategori Fiksi.

 

Kata Kunci: Agglomerrative  Hierarchial Clustering (AHC), Single Linkage, Complete  Linkage, Koleksi Buku Perpustakaan

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed