MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN GEDUNG BERSEJARAH SPIEGEL SEMARANG MENGGUNAKAN AUGMENTED DAN VIRTUAL REALITY

  • Jati Sasongko Wibowo Universitas Stikubank
  • Herny Februariyanti Universitas Stikubank
  • Mardi Siswo Utomo Universitas Stikubank

Abstract

Teknologi augmented reality (ar) dan virtual reality (vr) dapat diterapkan dalam pengembangan media pembelajaran. Penggunakan teknologi ar/vr pada media pembelajaran akan membuat media pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Media pembelajaran yang menarik dan interaktif akan membuat siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Materi yang dapat disampaikan melalui media pembelajaran yang interaktif salah satunya pengenalan dan pelestarian peninggalan sejarah. Peninggalan sejarah sekarang ini banyak yang melupakan dan tergerus oleh kemajuan jaman dan perkembangan teknologi.

Penggunakan teknologi ar maupun vr  akan dapat mengenalkan dan melestarikan peninggalan sejarah dengan membuat media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Generasi muda yang sangat dekat dengan kemajuan teknologi akan dapat juga melestarikan peninggalan sejarah dengan kemajuan teknologi pula. Metode dalam pembuatan media pembelajaran yang menggunakan teknologi ar maupun vr menggunakan research and development. Alat untuk pengembangan media pembelajaran menggunakan unity3d yang hasil akhirnya berbasis pada android.

Hasil pengembangan media pembelajaran ini dapat digunakan oleh siapapun dengan tidak mengenal umur dan tidak terlalu gagap terhadap teknologi. Media pembelajaran ini juga dapat lebih memudahkan pengguna dalam memahami terhadap materi yang disampaikan karena bentuknya yang menarik dan interaktif.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed