“TEKNIK SEBARAN INDUSTRI TELUR ASIN PERKECAMATAN DI KABUPATEN BREBES BERBASIS WEBGIS”

  • 11.01.53.0114 Muhamad Shofyani

Abstract

Abstraksi

Industri telur asin di Kabupaten Brebes merupakan salah satu bidang industri yang sudah berkembang cukup pesat. Bahkan sampai saat ini sudah banyak sekali jumlah produsen atau pun pedagang telur asin yang tersebar hampir di seluruh wilayah Kabupaten Brebes.

Dengan tersebar luasnya pelaku industri telur asin di Kabupaten Brebes ini, maka diperlukan sebuah sistem dan teknik tertentu untuk mengelola, mengawasi, memonitoring persebaran produsen dan pedagang oleh pihak yang berwenang yaitu adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG) Kabupaten Brebes.

Hasil penelitian ini menghasilkan informasi sebaran yang dapat mengvisualisasikan sebaran secara informatif juga mampu mengidentifikasi detail informasinya. Dengan langkah-langkah (1) Menentukan batas wilayah yang akan diteliti, (2) Ubah pola persebaran obyek menjadi pola pesebaran titik, (3) Berikan nomor urut bagi tiap titik untuk mempermudah analisis, (4) Ukur jarak terdekat yaitu jarak pada garis lurus antara satu titik dengan titik lain yang merupakan tetangga terdekatnya dan catat ukuran jarak ini, (5) Hitung besar parameter tetangga terdekat.

 

Kata Kunci : Teknik Sebaran, Telur Asin, Kabupaten Brebes, WebGIS

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed