SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA KERUSAKAN PADA SEPEDA MOTOR 4 TAK BERBASIS WEB

  • 08.01.53.0175 YOZI SUPRAYOGI

Abstract

Abstrak

Kendaraan sepeda motor merupakan suatu alat transportasi yang banyak digunakan masyarakat pada umumnya, tetapi kebanyakan masyarakat hanya dapat menggunakannya saja tanpa mengetahui kerusakan-kerusakan yang terjadi pada sepeda motor dengan kerusakan yang terjadi. Pengguna sepeda motor hanya membawa kendaraannya ke bengkel.

Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem pakar yang terdiri dari identifikasi, konseptualisasi, formalisasi, implementasi, evaluasi dan pengembangan sistemm. Perancangan sistem menggunakan DFD Levelled yang terdiri dari diagram konteks dan DFD Level 0 dan ERD. Mekanisme penalaran sistem pakar yang dikembangkan menggunakan forward chaining,representasi pengetahuan yang digunakan menggunakan representasi berbasis aturan(rule base)dan pembuatan sistem pakar dengan menggunakan pemrograman PHP dan database MySQL.

Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem pakar untuk mendiagnosa kerusakan pada sepeda motor 4 tak berbasis web dapat memudahkan user dalam melakukan diagnosa kerusakan pada sepeda motor 4 takyang dalam cara penyajiannya terdiri dari gejala, kerusakan dan solusi dari kerusakan pada sepeda motor 4 tak.

 

Kata Kunci

Sistem Pakar, Sepeda Motor 4 Tak, Forward Chaining

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed