RANCANG BANGUN SISTEM TEMU KEMBALI DOKUMEN SKRIPSI MENGGUNAKAN ALGORITMA TF-IDF

  • 10.01.53.0101 AHMAD ZUHDI

Abstract

Abstract- Sorting ofadocument can bedone easilyby humans, but thedocumentsortingis done automaticallybythe computer willbringits own problems. Similarly,by measuringthe level ofsimilarityof a documentwithotherdocuments, humanscould easilymeasure whether adocumenthas a level ofsimilarity/similaritywith other documents.This research aims to build retrieval (information retrieval) that can be used to search for documents thesis algorithms using TF-IDF (Term Frequency-Inverse Document Frequency). System development methods in this study is a web engineering methods to stage the formulation, planning, analysis, engineering, implementation. The design of the system using DFD, ERD and the creation of applications using PHP and MySQL.
The resultsof this researchis the creation ofa websiteonsearchthesisa documentandthe application ofinformation retrievalthesisdocumentusingTF-IDF algorithmis includedwith the results ofthe weight valueofeach documentthesisfound.
Keywords: Retrieval System, document search, TF-IDF algorithm

Abstrak- Pemilahan sebuah dokumen dapat dilakukan dengan mudah oleh manusia, tetapi pemilahan dokumen dilakukan secara otomatis dengan komputer akan membawa permasalahan tersendiri. Begitu pula dengan mengukur tingkat kemiripan suatu dokumen dengan dokumennya lainnya, manusia dapat dengan mudah mengukur apakah suatu dokumen memiliki tingkat kemiripan/similaritas dengan dokumen lainnya.

Penelitian ini bertujuan membangun sistem temu kembali(information retrieval) yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian dokumen skripsi dengan menggunakan algoritma TF-IDF (Term Frequency-Inverse Document Frequency).Metode pengembangan sistem dalam penelitian ini adalah metode rekayasa web dengan tahapan formulasi, perencanaan, analisis, rekayasa, implementasi.Perancangan sistem menggunakan DFD, ERD dan pembuatan aplikasi menggunakan PHP dan MySQL.

Hasil dalam penelitian ini adalah terbentuknya website tentang pencarian dokumen skripsi dan penerapan sistem temu kembali informasi dokumen skripsi menggunakan algoritma TF-IDF disertakan dengan hasil nilai bobot dari tiap dokumen skripsi yang ditemukan.

Kata kunci : Sistem Temu Kembali, pencarian dokumen, Algoritma TF-IDF

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed