SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA GURU PADA SDN TLOGOREJO 1 DEMAK

  • YOGA BAGUS PRASETYONO

Abstract

Abstrak
Kinerja seorang  guru  merupakan hal yang bersifat individual  dan sangat penting, karena  kualitas kinerja guru akan sangat mempengaruhi mutu pendidikan disekolah yang diajarnya.
Seperti pada SDN Tlogorejo 1 Demak,  penilaian kinerja guru dilakukan melalui pengambilan  lembar  penilaian  guru  yang  sudah  ada  di  loker  yang disediakan oleh pihak sekolah. Dalam satu kelas siswa dibagi menjadi kelompok
dan dalam satu hari akan diajar oleh 4 orang guru, jadi satu kelompok menilai satu orang  guru.  Selama  ini  pengisian  lembar  penilaian  kinerja  guru masih  secara  konvensional  yaitu  dengan  mengisi  kinerja  guru  pada selembar  kertas  dan kemudian  dikumpulkan  di  staf  akademik. 

Dengan menggunakan  sistem  tersebut akan memakan waktu yang lama, karena angket tersebut harus direkapitulasi
Oleh karena itu perlunya suatu sistem untuk penilaian kinerja  guru  yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta motivasi dalam berkerja, yaitu suatu  sistem  pendukung  keputusan  yang  di  dukung  dengan  metode penilaian kinerja yang cepat,tepat dan akurat. Sistem ini di dukung dengan metode  Simple Additive  Weighting  (SAW).  Dalam  melakukan  analisa  sistem  baru  ini,  penulis menggunakan  metode  pengembangan  sistem  Prototype.  Sedangkan  untuk melakukan  proses  perancangan  sistem  penulis  menggunakan  alat  bantu perancangan  berupa  diagram  UML  yang  terdiri  dari  diagram  class,  diagram  use case,  diagram  skenario  dan  diagram  sequence,  serta  dilakukan  uji  coba  sistem dengan  metode  Black  box.  Dari  analisa  dan  perancangan  tersebut,  dihasilkan sebuah  aplikasi  sistem  pendukung  keputusan  penilaian  kinerja  guru  di  SDN Tlogorejo 1 Demak.

Kata Kunci : SPK, SAW, Kinerja, Guru, Prototype

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed