CASE BASED REASONING UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT BURUNG LOVEBIRD MENGGUNAKAN METODE SORENSEN COEFFICIENT

  • MASRUKHAN NAIMUSTARI .

Abstract

Abstrak
Lovebird  merupakan  burung  kicauan  yang  menjadi  komoditas  utama  di
Indonesia. Pemeliharaan burung  lovebird  terutama dengan adanya penyakit yang mengganggu  lovebird  dan  seringkali  orang  awam  mengalami  kesulitan  untuk mengetahui jenis penyakit dan cara mengatasi penyakit burung lovebird.
Penelitian  ini  menerapkan  dari  case  based  reasoning  yaitu  kasus  lama yang akan dijadikan pengalaman untuk kasus baru dengan tujuan mempermudah pengguna  dalam  menentukan  jenis  penyakit  yang  dialami  burung  lovebird berdasarkan  gejala  dengan  berkonsultasi  langsung  dengan  komputer  untuk pencarian solusi.
Pada  proses  retrieve  sistem  akan  mencari  kemiripan  antara  gejala  baru
dengan  gejala  lama  dilakukan  dengan  pembobotan  metode  sorencen  coefficient.
Pada proses reuse pengambilan data yang sama dan data yang berbeda maka hasil pembobotan >=0.20 persen yang akan digunakan sebagai solusi pengobatan. Pada proses  revise  hasil pembobotan yang  <0.2  persen sistem tidak akan memberikan solusi namun akan masuk kedalam  tabel  revise  untuk diberikan solusi oleh pakar.
Proses  retain  digunakan  saat  solusi  sudah  ditemukan  oleh  pakar  dan
menyimpannya  kembali  pada  database  untuk  digunakan  pencarian  pada  kasus baru.  Untuk  memudahkan  mengolah  data  gejala,  penyakit  lovebird,  dan  revise dikelola oleh admin. Data tersebut ditampilkan dalam bentuk tabel.


Kata Kunci: Penyakit Burung Lovebird, Case Based Reasoning, Sorencen Coefficient

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed