APLIKASI LAYANAN BENGKEL MOBIL BERBASIS WEB

  • Dwi Angga Prasetyo

Abstract

Abstrak
Perkembangan teknologi khususnya dalam bidang otomotif saat ini berkembang
sangat  pesat.  Penyedia  layanan  bengkel  ini  pun  bersaing  dalam mendapatkan kepercayaan  dan  kepuasan  para  pelanggan  dalam  melakukan  service  maupun pembelian  sparepart. Selama ini di bengkel mobil Surya Kencana Motor ketika pelanggan  akan melakukan  service  maupun pembelian sparepart  masih dilakukan secara manual. Di sisi lain data pelanggan  service  dan data penjualan  sparepart yang dijual masih dicatat secara manual di buku. Hal tersebut sangat rentan akan  data yang mudah rusak bahkan hilang. Aplikasi layanan web Bengkel mobil Surya  Kencana Motor  bertujuan untuk memudahkan pihak manajemen dalam mengolah data,  dan  untuk  memudahkan  pelanggan  dalam  melakukan  pendaftaran  service
maupun  pembelian sparepart.  Perancangan sistem pada aplikasi ini menggunakan usecase  diagram,  squence  diagram,  aktivity  diagram  dan  class  diagram.
Selanjutnya  aplikasi  ini  dibangun  menggunakan  bahasa  pemrograman  PHP  dan MySQL  sebagai  database  pada  aplikasi  layanan  web  ini.  Hasil  dari  pembuatan aplikasi ini dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan pengambilan nomor antrian  service  maupun  pembelian  sparepart  sehingga  lebih  efektif  dan  efisien, dan  pihak  bengkel  Surya  Kencana  Motor  dapat  menyimpan  data  penjualan sparepart dan service lebih aman dan rapi.


Kata kunci : aplikasi layanan bengkel mobil, PHP, MySQL

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed