SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSANPENERIMAAN BANTUAN BERAS BULANAN (RASKIN) DI DESA GEBANGAN KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN

  • LUHUR SUBEKTI .

Abstract

Abstrak
Program raskin merupakan salah satuusaha yang dilakukan pemerintah untuk
mengatasi  kemiskinan  dan  membantu  meringankan  beban  rakyat.  Akan  tetapi pelaksanaan  program  raskin  banyak  kendala  dan  kecurangan,  seperti dalam menentukan penerima bantuan, pemilihan penerima bantuan cenderung asal pilih tanpa adanya  sistem  yang  jelas.  Oleh  karena  itu  dibutuhkan  suatu  sistem  yang  dapat membantu memecahkan masalah tersebut.
Sistem  pendukung keputusan adalah  sistem  yang tepat untuk menyelesaikan
masalah tersebut. Metode SAW(Simple Additive Weighting) merupakan metode yang digunakan dalam sistem ini karena pemprosesan datanya yang cepat dan tepat. Dalam menentukan  penerima  bantuan  terdapat  beberapa  kriteria  yang  ditetapkan yakni pekerjaan, penghasilan, jumlah keluarga, status kepemilikan rumah, kepemilikan aset. Penerima bantuan harus sesuai dengan data kriteria tersebut. Hasil penelitian dari sistem ini akan  dapat membantu dalam menyeleksi siapa saja yang berhak menerima bantuan raskin tersebut sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.


Kata Kunci : Raskin, Sistem pendukung keputusan, SAW, Kriteria.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed