CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PEMASANGAN BTS XL DIKALIMANTAN SELATAN OLEH PT.DMM MENGGUNAKAN SMS GATEWAY BERBASIS WEB

  • 12.01.53.0039 PADMADHI

Abstract

Abstrak
CRM (Customer Relationship Management) untuk pemasangan BTS XL kalimantan selatan  oleh  PT.DMM  menggunakan  Gateway  inimerupakansalahsatufasilitas  yang memanfaatkan  media  SMS.  Sistem akan memberikan informasi hasil installasi kepada customer, sehingga memungkinkan  customer dapat mengetahui hasil installasi BTS dengan efektif.


Metodepengembangan sistem CRM yang  digunakan adalah CBD  (Component  Based Development).  Dengan  pendekatan  CBD  memungkinkan  suatu  aplikasi  terbentuk  dari komponen-komponen  yang  dibentuk  secara  independen  dan  reuseable.

SedangkanperancangansistemmenggunakanUsecase  Diagram,  Class  Diagram  dan Flowchart.  Aplikasi  SMS  Gateway  dibuat dengan  program  PHP,  untuk  engine  SMS menggunakan Gammu dan untuk menghubungkan modem dengan database MySQL.


Implementasi Customer Relationship  Management  dengan SMS  Gateway  berbasis web  dibangununtuk  proses  pengiriman informasi hasil pemasangan  BTS  XL sehingga hasil atau informasi bisa diinformasikan secara  detail,  lebih efektif dan efisien. Informasi-informasi yang bisadikirim via SMS  Gateway meliputi site id, site name, tipe site, dan perangkat-perangkat lain yang sudahdiinstal.


Kata Kunci: CRM, SMS Gateway, CBD.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed