SISTEM PAKAR PENDIAGNOSA PENYAKIT PADA BUAH NAGA BERBASIS WEB

  • 08.01.53.0107 AHMAD HANDOKO

Abstract

Abstract

Barriers that make it difficult to conduct consultations can be addressed by the expert system. Insights and experiences about the disease on Dragon fruit, can be stored in a computer program tha can be used to conduct consultations.
System development method used in this study is an expert system that consists of the identification, conceptualization, formalization, implementation and evaluation. System design using DFD Levelled consisting of context diagram and the DFD Level 0 and ERD. Making an expert system application using PHP and MySQL database.
The end result of this research is the expert system in the diagnosis of diseases of the Dragon fruit-based web is expected to help users to solve the problem of diagnosis of plant diseases Dragon fruit, because it can provide a diagnosis of any type of disease and to show the handling or treatment of diseases in fruit crops Naga.

Keywords
Expert System, Dragon Fruit, PHP, MySQL

Abstrak

Hambatan-hambatan yang menyebabkan sulitnya melakukan konsultasi dapat diatasi dengan adanya sistem pakar. Pengetahuan-pengetahuan dan pengalaman mengenai penyakit pada buah Naga, dapat disimpan dalam program komputer yang nantinya dapat digunakan untuk melakukan konsultasi.

Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem pakar yang terdiri dari identifikasi, konseptualisasi, formalisasi, implementasi dan evaluasi. Perancangan sistem menggunakan DFD Levelled yang terdiri dari diagram konteks dan DFD Level 0 dan ERD. Pembuatan aplikasi sistem pakar dengan menggunakan pemrograman PHP dan database MySQL.

Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem pakar dalam diagnosis penyakit pada buah Naga berbasis web diharapkan dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan masalah diagnosis penyakit pada tanaman buah Naga, karena dapat memberikan hasil diagnosis dari setiap jenis penyakit dan dapat menampilkan penanganan atau pengobatan terhadap penyakit pada tanaman buah Naga.

 

Kata Kunci

Sistem Pakar, Buah Naga, PHP, MySQL

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed