SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI KERUSAKAN LAUT DI SEMARANG DENGAN METODE CASE-BASED REASONING

  • 11.01.53.0007 Dimas Kertiyasa

Abstract

Abstract

Maintaining public awareness of marine ecosystems increasingly low. It is caused due to lack of interest and knowledge of the importance of marine ecosystems into resources that provide large value.Because of positive action from the public to keep marine ecosystems in order to maintain and sustainably. An expert system is a computer-based information system that uses expert knowledge.

Identification of marine degradation on the Semarang using Case-Based Reasoning. With the method of Case-Based Reasoning identification process will be easier and more practical so that it can be applied by the community. This system works by analyzing the factors that cause damage to the sea and gives the damage along with solutions to mitigate and minimize the damage that occurred in Semarang sea. The results of the analysis in the study can tell the public the cause of damage to the marine ecosystem and provide solutions to improve and preserve the marine ecosystem

 

 Abstrak

Kesadaran masyarakat menjaga ekosistem laut semakin lama semakin rendah. Itu disebabkan karena kurangnya minat dan pengetahuan masyarakat akan pentingnya ekosistem laut yang menjadi sumber daya yang memberikan nilai yang sangat besar. Karenanya diperlukan tindakan-tindakan positif dari masyarakat untuk menjaga ekosistem laut agar tetap terjaga dan lestari. Sistem pakar adalah sistem informasi berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan pakar.

Identifikasi kerusakan laut di Semarang tersebut menggunakan metode Case-Based Reasoning. Dengan metode Case-Based Reasoning proses identifikasi akan lebih mudah dan praktis sehingga dapat di aplikasikan oleh kalangan masyarakat. Sistem ini bekerja dengan menganalisa faktor-faktor penyebab kerusakan laut dan memberikan kerusakan yang ditimbulkan beserta dengan solusi untuk menanggulangi dan meminimalisir kerusakan laut yang terjadi di Semarang. Hasil analisa dalam penelitian tersebut dapat memberitahu masyarakat penyebab dari kerusakan ekosistem laut dan memberi solusi untuk memperbaiki serta melestarikan ekosistem laut.

Kata Kunci

Sistem Pakar, Identifikasi Kerusakan Laut di Semarang, Case-Based Reasoning

 

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed