SISTEM INFORMASI PELAYANAN PEMAKAMAN UMUM DI KOTA SEMARANG BERBASIS CRM

  • 12.01.55.0004 M. ANTON SAEKO PUTRO

Abstract

Abstraksi
Tempat  pemakaman  umum  bisa  disingkat  “TPU”  merupakan  kawasan tempat  pemakaman  yang  biasanya dikuasai  oleh  pemerintah  daerah  dan disediakan untuk masyarakat umum yang membutuhkannya. TPU  Banjardowo ini berada  dalam  pengawasan,  pengurusan  dan  pengelolaan  pemerintah daerah.Senantiasa berusaha meningkatkan kepuasan dengan membangun loyalitas ahli  waris  dan  menjalin  hubungan  baik  yang  berkelanjutan  antara  pengelola makam  terkait,  dikenal  dengan  istitah   Custosmer  ReIationship  Mangement (CRM).
Tujuan  yang  akan  di  capai  adalah  untuk  meningkatkan  pelayanan  pada pemakaman  dan  memenuhi  kebutuhan  masyarakat,  banyak  permasalahan  yang perlu  diperbaiki  khususnya  pada TPU  Banjardowo,  Semarang.  Masalah  tersebut salah satunya adalah lokasi atau site pada pemakaman tersebut, ke mudian masalah administrasi serta masalah directory atau petunjuk bagi keluarga atau ahli waris dalam mencari lokasi makam secara akurat.
Dengan  adanya  penerapan  CRM  ini,  maka  dapat  membantu  segala kemudahan bagi masyarakat dalam memberikan informasi yang  berkaitan dengan segala pelayanan pemakaman di Kota Sernarang.


Kata Kunci :Sistem Informasi, Pemakaman, Kematian

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed