APLIKASI MANAJEMEN PROYEK PENULISAN BUKU DENGAN METODEGANTTCHARTDI WAHANAKOMPUTER SEMARANG

  • 12.01.53.0052 Syauqi Qodri Zaka MZ

Abstract

Abstrak—Industri publishing merupakan industri yang pelaksanaannya berbasis proyek, dimana pada praktiknya terdapat sebuah kesepakatan antara pihak penerbit dan penulis mengenai deadline dari penulisan buku tersebut. Sifat dari proyek yang berlangsung sementara dan waktu yang terbatas harus mendapat perhatian khusus supaya tidak terjadi keterlambatan..

Sistem yang sedang berjalan di Litbang Wahana saat ini, terdapat kendala saat ingin melakukan pemantauan, terutama pada penjadwalan yang hanya diketahui deadline penulisan buku tersebut, tanpa adanya penjadwalan setiap proses sehingga sulit untuk mengetahui adanya potensi keterlambatan. Editor masih mengecek secara manual CV dari setiap penulis freelance saat ingin memberikan pekerjaan menulis buku sesuai dengan kemampuan penulis freelance, sehingga diperlukan sistem yang dapat melakukan pemantauan, penjadwalan, dan manajemen SDM.

Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi manajemen proyek berbasis web PHP yang mampu melakukan penjadwalan, manajemen SDM, dan pemantauan beserta peringatannya jika terjadi keterlambatan. Penjadwalan dilakukan dengan cara pembagian total durasi pengerjaan satu buku dengan jumlah bab yang ditulis, peringatan didapatkan dengan membandingkan progress penulisan buku dengan deadline bab.

Kata Kunci: Manajemen Proyek Penulisan Buku, Gantt Chart, PHP, MySQL.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed