RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN PICK-UP BARANG BERBASIS WEB DI JNE SEMARANG DESIGN OF ORDERING APPLICATION OF PICK-UP OF WEB-BASED GOODS IN JNE SEMARANG

  • ANANG SETIAWAN
  • AGUS PRASETYO UTOMO, S.KOM, M.M, M.Kom

Abstract

Abstract

 

PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) is a freight forwarder and document delivery company established since 1990. In 2004, JNE established its head office located in Jakarta. In Semarang JNE has a branch office Jl. Kumudasmoro Tengah No.5 Semarang. In the system that is running there are many obstacles such as the difficulty of ordering in the picking of goods that are called pick-ups to many customers, because during this order the taking of goods is done via phone. The research method used in this research is waterfall with the stages of system startup, system analysis, system design using UML and system implementation using PHP and MySQL. The result of this research is the creation of ordering application of pick-up of goods in JNE Semarang web-based. To develop an application with the aim to facilitate customers in ordering pick-up (pick-up).

 

Keywords Web; JNE; UML; PHP; MySQL

 

Abstrak

 

PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) adalah perusahaan jasa pengiriman barang dan dokumen yang telah berdiri sejak tahun 1990. Pada tahun 2004, JNE mendirikan kantor pusat yang berada di Jakarta. Di Semarang JNE memiliki kantor cabang Jl. Kumudasmoro Tengah No.5 Semarang. Dalam sistem yang sedang berjalan terdapat banyak kendala antara lain sulitnya memesan dalam pengambilan barang yang di sebut pick-up ke banyak pelanggan, karena selama ini pemesanan pengambilan barang di lakukan via telepon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu waterfall dengan tahapan pemulaan sistem, analisis sistem, perancangan sistem menggunakan UML dan implementasi sistem menggunakan PHP dan MySQL. Hasil dalam penelitian ini adalah Terciptanya aplikasi pemesanan pick-up barang di JNE Semarang berbasis web. Untuk mengembangkan aplikasi dengan tujuan dapat mempermudah pelanggan dalam memesan pengambilan barang (pick-up).

 

Keywords Web; JNE; UML; PHP; MySQL

 

 

  1. 1.     Pendahuluan

 


Pada era globalisasi sekarang ini terjadi perkembangan dunia bisnis yang semakin pesat. Perkembangan bisnis  tersebut juga semakin  meluas melampui batas-batas wilyah  negara berkat adanya kemajuan di bidang teknologi informasi (internet). Pesatnya perkembangan bisnis melalui internet (online) yang sangat berkaitan dengan jasa pengiriman barang menyebabkan semakin besar permintaan terhadap jasa pengiriman barang tersebut. Kondisi ini mendorong semakin banyaknya pelaku usaha yang berkiprah dalam pada bisnis jasa pengiriman barang.

Sebagai perubahan yang terus berbenah mengikuti perkembangan jaman. JNE terus memperbaiki sistemnya yaitu terutama dalam pengambilan barang yang di sebut pick-up. Saat ini sistem yang ada di JNE Semarang  masih banyak dijalankan dengan cara mesanan penjemputan barang via telepon dan di lakukan dokumentasi pemesanan secara manual. Sehingga sering terjadi masalah dan kendala yaitu sering terjadi salah jadwal pick-up dan barang tidak di pick-up  Masalah dan kendala akibat dari sistem informasi yang masih

 

Daftar Pustaka

 

Dhika,  Harry. Lukman. Fitriansyah, Aswin., 2015. Perancangan Web Jasa          Pengiriman Barang

 

Nugroho, Bunafit., 2010. Membuat Sistem   Informasi Penjualan Berbasis Web                 Dengan PHP dan                 MySql, Penerbit                 GAVA    MEDIA, Jogjakarta,.

 

Nur, Novianti. Sugiantini, Kharispita., 2014. Aplikasi Pricelist   Ongkos Kirim dan Tracking JNE Berbasis Android

 

Pressman, R.S., 2010, Software  Engineering :a practitioner’s  approach, McGraw-Hill, New York,.

 

Triyanto, Eka. Revina, Widya., 2013. Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Pengiriman Barang di PT. TIKI Jalur Nugraha Eka Kurir Cabang Bandung,.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed