APLIKASI CRM PADA TOKO ANIK SALATIGA BERBASIS WEB MOBILE

  • Imam Husni Al Amin
  • Tidar Raiz Hutama
Keywords: Sembako

Abstract

ABSTRAKToko Anik Salatiga adalah salah satu toko yang bergerak dibidang usaha penjualan sembako di Salatiga. Pada sistem yang berjalan dari awal berdirinya Toko Sembako Anik sampai sekarang terdapat banyak kendala, diantaranya sulit dalam mempromosikan produk sembako ke banyak pelanggan, karena selama ini penawaran dan transaksi masih dilakukan dengan cara manual yaitu hanya mengandalkan pembeli harus datang langsung ke toko dan melakukan pemesanan secara manual.Untuk meningkatkan hubungan Toko dengan pelanggan dalam hal transaksi penjualan.Aplikasi CRM pada Toko Anik Salatiga diharapkan dapat membantu memudahkan pelanggan dalam memesan barang dan melakukan transaksi secara online, serta meningkatkan jumlah pelanggan dan loyalitas pelanggan. Dengan berbasis web, akan mempermudah informasi, data dan layanan sampai dengan waktu yang singkat.Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya aplikasi crm pada toko Anik Salatiga dengan implementasi metode fifo untuk menentukan prioritas pengiriman barang yang sudah dipesan, dimana pelanggan yang memesan barang dan langsung menyelesaikan transaksi pembayaran yang terlebih dahulu dilayani.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed